burnzone

AD (728x60)

Pahami Prinsip Zat-Sifat dalam Tauhid agar Tidak Buta Dunia-Akhirat

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tampilan terbaik laman ini pada peramban Chrome




"Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda [kekuasaan Allah] bagi orang-orang yang yakin, dan [juga] pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan?"
[Q.S. Adz-Dzariat:20]

"Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".
[Q.S. Thaha:124-126]

Dan barang siapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).”
[Qs. Al-Isra:72]




Salam alaikum, Sobat Sarang,
Awalnya, saya memulai aktivitas blogging ini sekadar ingin menumpahkan aer atau mencurahkan hujan pemikiran-pemikiran pribadi dari hasil belajar tauhid sejak 7 tahun lalu [saya hijrah dari Bandung sejak 2002, jadi baru kenal Allah setelah 3 tahun lamanya menclok di Pontianak]. Dulu sih niat saya seperti ini saja, "Aku akan menulis di sini sampai mati meski akan seperti orang gila "ngomong sendiri" karena blog ini memang tidak mengusung tema yang popular, bahkan sering dihindari karena ada 'efek-sesat'-nya. Tak apalah, setidaknya kelak ketiga belas kakak kandungku [dari pasangan ortu monogami ya..], keponakan-keponakanku, dan anak-cucuku mengenal lebih dekat si gue melalui tulisan-tulisan di blog ini." InsyaAllah, aamiin.

Sama sekali tidak menyangka bahwa akhirnya blog ini jadi semacam "situs resmi" pengajian kami di Pontianak. Juga sama sekali tidak menyangka blog ini jadi begitu hidup dengan kehadiran Sobat Sarang semuanya. Jujur, saya merasa beruntung dengan ini semua. Alhamdulillah Ya Allah. Terima kasih Guruku, terima kasih Sobat Sarang semua. Semoga Allah meridai hidup dan mati kita dalam Islam yang bersih dari kesyirikan barang satu zarah pun. Aaamiin.

Latar belakang munculnya tulisan ini adalah permintaan beberapa Sobat Sarang, baik di sini maupun di laman komunitas facebook blog ini. Lebih dari satu kali ada yang bertanya seperti ini, "Kang Mux, saya tertarik dengan bahasan ilmu tauhid ini, tapi..bisa gak bahasanya disederhanakan supaya saya lebih mudah paham?"

Saya sempat bingung dengan pertanyaan semacam di atas itu. Sebab menurut saya, bahasanya biasa-biasa saja, tidak terlalu sarat dengan istilah-istilah berbahasa Arab, atau istilah-istilah khusus ragam bahasa keagamaan. Tapi, kemudian saya sadar.. yang jadi masalah di sini sebenarnya bukan istilah atau kalimatnya yang rumit, melainkan paradigma [kerangka berpikir] tauhidnyalah yang masing asing bagi kebanyakan orang.

Saya ucapkan terima kasih pada Sobat sekalian yang memberi masukan tersebut [salah satunya adalah MasBro Fadlil Sangaji]. Ini juga akhirnya mengungkap sebuah fakta: pantas saja sebelum ini di facebook saya beberapa kali langsung dituding sesat. Well, benar kata pepatah, 'tak kenal maka tak sayang ya'. Nah, mari kita kemon...



Pendahulan: Mengapa ilmu tauhid ini asing bagi kita muslim modern sekarang ini?

Baru kemarin saya mendengar dari Abah Siradj kisah yang disampaikan dari orang-orang tua dulu. Rupanya ini bermula dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan kolonial Belanda. Sejak perjuangan rakyat Banten, Jawa Barat yang dipimpin Sultan Ageng Tirtayasa (1631-1683) yang dibantu oleh Syaikh Yusuf (seorang arif billah kelahiran Gowa, Sulawesi Selatan, pahlawan nasional di dua negara: Indonesia dan Afrika Selatan), juga pada Perang Padri (1803-1821) yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol di Sumatera Barat, bersambung dengan perjuangan Pangeran Dipenogoro (1825-1830) di Jawa Tengah. Rupanya nama-nama besar ini adalah para muwahid; orang-orang tauhid.  Para gubernur Belanda kebingungan dan merasa aneh terhadap para pejuang yang mereka perangi. Cukup dengan kalimah tauhid "Laa ilaaha Ilallah" dan "Allaahu Akbar" pasukan pejuang yang notabene petani dan nelayan itu berubah menjadi pasukan berani mati dan... ini agak sulit diterima para skeptis.. mereka rata-rata kebal peluru!

Akhirnya Belanda melakukan infiltrasi dan menyebar banyak mata-mata untuk mengetahui apa rahasia di balik kedahsyatan para pejuang ini. Akhirnya terbongkar sudah, rupanya para pejuang gagah berani itu, mereka semua adalah penimba ilmu tauhid! Jadi wajar juga kalau kalimah tauhid yang dipekikkan para pejuang dulu memiliki "efek karamah" ya.

Sejak saat itulah, setiap diketahui ada pengajian tauhid, para kyai dan murid-muridnya langsung ditangkap Belanda. Sejak saat itu pula, pengajian ilmu tauhid ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Kata Abah Siradj, orang-orang dulu kalau pergi ke pengajian tauhid itu tengah malam buta dan dilakukan secara rahasia karena khawatir kena tangkap.

Belanda menjajah negeri ini sekira 3,5 abad. Wajar bila kemudian pengajian ilmu tauhid ini menjadi langka, jarang diketahui orang, bahkan asing juga bagi kebanyakan ulama masa kini. Wajar kalau sekarang ini banyak ulama buta tauhid, yaitu ulama yang hanya pandai mengajarkan sisi zahir agama ini [syariat: akhlaq dan fiqh], tetapi kurang memahami, bahkan terkesan "main kira-kira" untuk sisi qadim [esoterik-batin: hakikat-makrifat] yang ada di agama ini. Wajar juga kalau akhirnya ada umat Islam yang bisa tertarik dengan ilmu-ilmu kebatinan seperti kejawen karena mereka tidak puas hanya disuguhi ulama dengan ajaran akhlak dan hukum melulu. Ini bukan salah mereka, ini kehendak Allah dalam hadis nubuwwah bahwa Islam itu muncul secara "asing", demikian juga di akhir zaman akan dikenal sebagai "asing". Allahua'lam.



Pokok Bahasan: Zat dan Sifat


Kepahaman mengenai zat dan sifat dalam ilmu tauhid termasuk fondasi yang penting sebab seluas alam raya beserta aneka isinya hanya terdiri atas dua unsur ini: zat dan sifat. Diri kita ini adalah wujud zat dan sifat sekaligus; takterpisahkan.


Sifat

Apa yang dimaksud dengan sifat?
Sifat ialah segala sesuatu yang bisa dikenali dengan panca indera. Perwujudan sifat di antaranya berupa
  • bentuk: bulat, bundar, lonjong, kotak, tinggi, pendek, panjang, lebar, tebal, tipis, tampan-cantik, buruk, jelek, dsb.
  • warna: merah-kuning-hijau, di langit yang biru, pelukismu agung.. [beuh kadon nyanyi.. c koplak wkwkwkw.]
  • bebunyian: bising, samar-samar, merdu, sumbang, dsb.
  • rasa: manis, asin, asam, pahit, suka, duka, haru, dsb. atau berupa
  1. tekstur: kasar, lembut, halus, kesat, dsb.
  2. kesan moral: baik, jahat, sopan, kurang ajar, dsb.

Nah, karena manusia mengenali dunia sekitar dengan kelima indera. Berarti sebenarnya yang kita lihat dan kita rasa di sekeliling kita ini, semuanya-tanpa kecuali adalah penampakan sifat-sifat. Ya 'kan?!

Lebih dalam lagi, sebenarnya segala sifat yang ada pada diri kita dan yang ada pada sekalian alam ini barulah wujud fana [semu], artinya baru wujud keterangan atau wujud 'embel-embel', belum menunjukkan wujud inti atau wujud asli. Errm.. mungkin akan lebih mudah kalau kita larikan ke pelajaran bahasa, khususnya materi tentang frasa [gabungan kata]


Contoh:

Suster
cantik |
Suster
berkerudung putih |
Suster
ngesot
inti
keterangan
inti
keterangan
inti
keterangan


Simpulan yang dikaitkan dengan topik kita:

Suster    cantik
Suster    berkerudung putih
Suster    ngesot
                 sifat



Hal keadaan sifat itu berbeda-beda pada tiap makhluk [berkulit putih-hitam-sawo matang-sawo busuk; berambut lurus-ikal-berombak banyu-keriting-kribo; bermata sipit-belo-juling-buta; ada normal-ada cacat, ada tampan kayak Mux-ada jelek kayak setan wkwkwwk]. Berubah-ubah [muda jadi tua, bodoh jadi pintar, kecil tumbuh besar, sehat-jadi sakit, sakit jadi sembuh, miskin jadi kaya, kaya jadi miskin, hina jadi mulia, mulia jadi hina]. Nisbi, serba-mungkin alias tidak pasti. Bergantung pada Kehendak Allah yang Menjadikan.

Jadi, para ganteng-cantik gak layak sombong dengan keganteng-cantikannya sebab itu murni gratisan dari Allah, bukan hasil request kamu sebelum lahir 'kan. Hehehe.

Contohlah ane, biar ganteng gak pernah menyebut diri ganteng. Ane tau ganteng itu karena disebut sama orang aja: sama para fans, para silent reader, utamanya sama para secret admirer. Sumpah kalapa deh, ane gak pernah nyebut ganteng ke diri sendiri.  #hoax #abaikan

Lanjyuuut.. Keber-ada-an sifat tidak bisa berdiri sendiri. Sifat membutuhkan tempat untuk ber-ada.

Contoh di pelajaran bahasa lagi. Dalam pembentukan sebuah kata, kita mengenal ada yang disebut morfem bebas dan morfem terikat. Atau...kita sederhanakan menjadi kata dasar dan imbuhan.


makan  --- memakan --- dimakan --- termakan

Imbuhan me-; di- dan ter- berperan penting dalam perubahan makna kata dasar makan, tetapi imbuhan me-, di-, ter- itu tidak punya makna sama sekali jika tidak menempel pada kata dasar. Inilah makanya disebut morfem terikat.


Ane telfon kok gak diangkat. Memangnya Lagi apa tadi, Wak Haji?
Oh, afwan, Tot. Tadi Uwak lagi me-
W-Woot?? Lagi apa tadi Wak??
Lagi me-


Dasorrr! Kyai Mbeling!



Nah, sampai di sini mudah-mudahan Sobat Sarang sudah paham bahwa yang disebut sifat itu pasti "menempel" pada sesuatu untuk keber-ada-annya [eksistensinya]. Ketampanan atau kecantikan wajah itu memerlukan tempat untuk dapat terlihat oleh mata orang lain sehingga orang mengakui bahwa benarlah dia itu tampan atau cantik.

Kalau tidak ada tempat menempelnya sifat tampan dan sifat cantik, niscaya tak seorang manusia pun bisa "ngeksis" dengan ketampanan atau kecantikannya.

Kalau Sifat yang mewujud pada rupa wajah si Mux ini tidak bertempat, niscaya Muxlimo itu bukan makhluk Tuhan paling seksi. wkakak!!

Jadi, sifat ini bertempat di mana?
Ketampanan atau kecantikan itu menempel pada apa? Pada kulit? Salah!
Sebab kulit itu pun sendiri adalah sifat. Ingat lagi, bahwa yang disebut sifat itu segala sesuatu yang dapat dilihat, diraba, dirasa, dsb.

Jadi, sifat ini bertempat di mana?
Sifat bertempat pada zat. Maka jangan kaget kalau Sobat menemukan perkataan semacam ini,"sifat berdiri pada zat" atau "sifat itu bertubuhkan zat" atau "sifat bertempat di zat".

Lalu, yang disebut zat itu seperti apa?


Zat

Untuk memudahkan paham mengenai zat, silakan Sobat lihat dulu gambar kapur segede auzubillah di bawah ini.




Seandainya saat ini Sobat sedang memegang sebatang kapur-tulis dan melihat warna putih kapur-tulis, sebenarnya yang Sobat pegang dan lihat itu bukan zat kapur-tulis, melainkan sifat kapur-tulis. Ingat, setiap yang bisa disebut, diraba dan dilihat itu semua sifat, bukan zat.

Nah, jadi zat kapur tulis itu yang mana atau seperti apa?
Kalau Sobat mau tahu zat kapur-tulis, mau tidak mau Sobat sisihkan semua sifat yang menempel pada kapur-tulis itu. Artinya, Sobat musti mengikis kapur-tulis itu sampai tidak ada lagi sifat kapur-tulis yang tersisa. Kikis kapur-tulis itu sampai tidak terlihat lagi [sifat] warna putihnya, kikis terus sampai tidak ada lagi [sifat] kapur-tulis yang bisa dipegang, kikis terus sampai tidak ada lagi [sifat] kapur-tulis yang bisa disebut.

Sudah?
Nah, itulah zat kapur-tulis yang sebenarnya.

Seperti apa? Bisa dilihat tidak? Bisa disebut tidak?
Kalau masih ada [sifat kapur-tulis]yang bisa dilihat, dipegang, dan disebut, berarti pencarian kita belumlah sampai ke zat kapur-tulis. Inilah makna yang disebut dalam Quran sebagai "laysa kamitslihi syai'un" alias tidak ada seumpamanya.

Ini baru zat kapur tulis yang nota bene makhluk Allah, bagaimana lagi dengan Zat Allah? Pasti terlebih laysa kamitslihi syaiun! Allahu Akbar!

Ini baru Zat Allah, sedangkan Allah itu bukan berupa Zat karena Allah itu Rabbul Izzati alias Tuhannya sekalian Zat, bagaimana lagi dengan Diri Pribadi Allah itu? Pastikan terlebih Maha-laysa kamitlihi syaiun! Allahu Akbar!! [*]

Demikian juga kalau Sobat mau tahu zat manusia, zat diri sendiri: kikis kulit tampak otot, kikis otot tampak urat, kikis urat tampak tulang, kikis tulang tampak sumsum, kikis sumsum, kikis..kikis..kikis terus tampak apa? Ya seperti itu bentuknya hakikat diri kita ini. Tidak bisa disebut!


Bukti zat Sepatu sama dengan zat segala Makhluk di alam semesta
Bukti zat sepatu sama dengan zat segala makhluk di alam semesta. Jadi, kita dengan sepatu dan kapur tulis itu satu zat!

Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?
[Q.S. Al-Insaan:1]


Hal keadaan zat ini meliputi sekalian alam, tidak mengambil tempat, kekal sampai yaumil qiyamah, mahasuci: bersih dari sesuatu, tanpa partikel. Itu sebabnya di Quran Allah mensifati Diri-Nya sebagai Maha Meliputi karena ada yang maha meliputi tapi bukan Tuhan. Juga Allah mensifati Diri-Nya dengan Mahabesar karena ada yang mahabesar tapi bukan Tuhan, yaitu zat-Nya.

Sifat, esa berdiri pada zat. Zat, esa dengan Tuhannya [Rabbul izzati]

Zat ini banyak variasi sebutannya dalam Quran, di antaranya: Nur Muhammad, Ruh [Idhafi], Mahasuci, sedangkan dalam ilmu Kalam disebut kosong [tubuh kosong], maharuang [tubuh maharuang], tubuh alam, dsb.

Nah, Saudara-saudaraku Sobat Sarang, yang kita bahas di sini baru sampai pada zat dan sifat baharu/muhaddast atau disederhanakan menjadi zat dan sifat "benda konkret". InsyaAllah, ke depannya ada lagi bahasan istilah "zat-mutlak" dan "zat-sifat" yang masuk wilayah qadim atau "abstrak".


Adakalanya jasad manusia diibaratkan sebagai "air yang beku".




Penutup: Apa Gunanya Belajar Tauhid untuk Menjalani Kehidupan Sehari-hari?

Kalau Sobat sudah paham tentang zat, pasti Sobat tidak ragu lagi bahwa zat diri kita ini se-zat dengan dengan zat pohon, zat kucing, zat batu, zat meja, zat tanah-air-api, zat bumi dan langit, zat surga-neraka, semuanya se-zat [satu zat; dari sumber yang sama]. Yang membedakan manusia dengan batu itu sifat yang menempel pada zat tersebut. Pemahaman seperti ini jugalah yang pernah kami sampaikan di tulisan berjudul Martabat Tujuh dan Pertemuan Indonesia-Malaysia di Jabal Nur.

Di pengajian, beberapa kali Abah Siradj mengatakan, "Beruntung kita ini oleh Allah dimanusiakan, bukan dikambingkan, bukan dipohonkan, bukan dibatukan."


Kalau Sobat sudah paham tentang zat dan sifat ini insyaAllah Sobat juga paham dengan perkataan-perkataan hakiki Muhammad Tubuhku; Nur Nyawaku dan Tuhan Tubuhku, Yaa Budduhun. [Gosip di kalangan khawassul khawwas: biar hanya mendengar sekilas sambil lalu, tanpa paham, tanpa meyakini kalimah-kalimah hakiki tersebut.. insyaAllah deh. Aamiiin. Tapi khusus bagi mereka yang sudah pernah dan masih dalam keadaan bersyahadat sampai mati]

Sobat juga akan memahami mengapa praktik tafakur itu menjadi rukun qalbi untuk meraih khusyuk-tawadhu dalam salat, karam dalam zikir, dan dalam ibadah-ibadah lainnya.




Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. [Q.S. Ar-Rad:28]


Bagi saya pribadi, kesaksian Mbak Sally yang mengaku awam soal tauhid membuktikan bahwa keikhlasan menerima pelajaran tauhid dan mengamalkan praktiknya adalah murni karunia Allah atas diri pribadi kita. Terlepas apakah sebelumnya kita mencari atau tidak, terlepas dari banyak-sedikitnya ilmu agama dan amal kita. Karunia Allah ini saya lihat juga pada ada diri Mbak Annisa Muslima yang mengaku sebenarnya tiap baca postingan di sini selalu bingung, tapi tidak sudi terlewat satu judul pun dan ikhlas pula mengamalkan praktik tauhid ini. [saya cari komentar itu untuk ditunjukkan screen-shot-nya tapi gak dapat]


Kalau Sobat sudah paham soal zat dan sifat ini, insyaAllah juga akan memahami bahwa antara zat dan sifat ini esa; tidak becerai; tidak bersekutu juga tidak bisa dipisahkan. Ini adalah fondasi dasar untuk memahami keesaan Tuhan-hamba yang bersih dari paham-paham huluul & ittihad, bebas dari pola pikir kaum Jabbariyyah dan Muntazillah, juga bebas dari konsep Wahdatul Wujud [Manunggaling kawula-Gusti] yang sudah diselewengkan orang-orang buta tauhid.

Kalau Sobat sudah paham soal zat dan sifat ini, insyaAllah Sobat tidak akan tertarik dan tertipu dengan ajaran kebatinan-kejawenisme beserta amalan-amalan setani semacam astral projection, tidak akan terpana dengan fenomena "kesurupan legal" anak indigo, dan sama sekali tidak tertarik duduk mengaji di pesantren-pesantren setan pimpinan kyai-kyai bertanduk yang ajarannya berkedok agama padahal prioritas utamanya memberikan pelajaran "bonus" berupa ilmu kanuragan, ilmu kebal, ilmu melukis hantu, ilmu asihan, penglaris, pelancar jodoh, dsb.


Khusus untuk fenomena pesantren setan, saya pernah mengatakan pada mereka bahwa ilmu kebal itu hakikatnya tidak ada. Nabi Ibrahim a.s. dulu tubuhnya tidak binasa dimakan api bukan pakai ilmu kebal, melainkan dengan "doa-diam" dari puncak ilmu tauhid!

Itulah sebabnya, Nabi Ibrahim a.s. dinobatkan sebagai Khalilullah,'kekasih Allah dan sebagai "Bapak Tauhid, Bapak para Nabi" sehingga nama beliau pun tetap kita sebut setiap kita salat.

Ilmu-ilmu kesaktian yang hanya berlaku untuk di dunia, pastikan itu dari setan dan tidak ada gunanya dipelajari dan diamalkan. Kalau ada ilmu kebal ditabok malaikat dalam kubur atau ada ilmu melarikan diri dari tangkapan malaikat penjaga neraka, baru gua mau ikut!


Itulah sebabnya, Allah Swt. menyebut orang-orang yang malas ber-iqra, tidak mau menggali makna hakiki ayat-ayat Quran, bahkan mengingkari kebenarannya, sebagai manusia-manusia yang lebih rendah daripada binatang, bahkan lebih rendah lagi!


"… Mereka (manusia) punya hati tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah), punya mata tetapi tidak dipergunakan untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), punya telinga tetapi tidak mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka (manusia) yang seperti itu sama (martabatnya) dengan hewan bahkan lebih rendah (lagi) dari binatang." (QS 7:179)




CATATAN BONUS:

Itulah sebabnya, di antara Sunni-Syiah-Wahabi, saya paling anti, saya paling jijik, saya paling garang pada golongan mengaku Islam yang bernama wahabi-salafi. Sebab mereka ini golongan yang Allah sebutkan di ayat tadi, hanya hapal Quran-hadis tapi buta hakiki. Bahkan, setelah mereka sesat dan rendah sedemikian itu, mereka pun mencegah umat manusia untuk mengenal Tuhannya. Mereka dengan percaya diri menyatakan konsep Sifat 20--termasuk bahasan soal Sifat Qadim, itu sesat dan tidak ada sandaran dalilnya, lalu dengan seenaknya mengharamkan setiap pembicaraan mengenai Allah dengan dalih pembicaraan makrifat itu asalnya terkena pengaruh Hindu-lah, Filsafat Yunani-lah, dan lain-lain.

Lebih jauh lagi, mereka menjauhkan manusia dari fitrah dengan seenaknya pukul rata dan dengan kaku mengharamkan musik, mengharamkan suara perempuan, mengharamkan gambar-gambar makhluk hidup, lalu berteriak merekalah yang benar-benar mengamalkan hukum syariah dengan menegakkan kekhalifahan yang dipimpin seorang raja [???]. Cuih! Sebenarnya merekalah pemfitnah besar agama ini.

Tidak heran kalau umat awam banyak yang tertipu dan jadi pengikut sekaligus pembela teguh Wahabi-Salafi. Sebab, ulama-ulama bertanduk Zionislam mendakwahkan kesesatan itu dengan penuh percaya diri, dengan sikap santun dan lemah lembut yang memesona lengkap dengan dukungan copasan dalil yang sempurna sebagai pembenaran.


Ini buktinya:


Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, lalu Dia bersemayam di atas ’Arsy. [Q.S. Al-A'raaf:54]

Mereka yakinkan umat dengan simpulan bahwa Allah bertempat di Arsy.

Dan tetap kekal wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.” (QS. Ar-Rahman: 27)

Seperti ini dalih dari ulama bertanduk buta tauhid di muslim.or.id
Manusia punya kaki, gajah punya kaki. Akan tetapi hakikat kaki gajah berbeda dengan kaki manusia. Sesama makhluk saja bisa terjadi sama nama dengan hakikat yang berbeda. Maka antara makhluk dengan Allah tentu jauh lebih berbeda. Makhluk disifati dengan berbagai kekurangan sedangkan Allah disifati dengan berbagai kesempurnaan. Apakah sama Zat yang sempurna dengan yang penuh kekurangan? Tentu tidak! Maka demikian pula dalam menyikapi sifat wajah.

Allah telah menyebutkan di dalam Al Quran maupun As Sunnah bahwa Dia memiliki wajah maka kita katakan pula bahwa wajah Allah tidak sama dengan wajah makhluk, meskipun sama namanya yaitu wajah. Lalu apa susahnya (mengakui bahwa Allah memiliki wajah -ed)?



Simpelnya dia mau ngomong gini: Allah itu punya tangan, kaki, dan wajah, tapi jangan samakan dengan tangan, kaki, dan wajah makhluk.

Ini namanya kalau di bahasa kampung saya disebut bulak-balik-blekok, keneh-keneh kehed alias sama aja bohong! Biar bagaimana pun, makna tangan, kaki, wajah, naik- turun, datang-pergi, itu semua makna yang hanya layak diarahkan pada makhluk, bukan pada Pencipta Makhluk!


Hati-hati, bahkan dalil pun bisa dijadikan alat penyesatan. Bahkan Allah pun berkehendak menyesatkan manusia-manusia lalai.

Demikianlah Allah menyesatkan orang-orang yang melampaui batas dan ragu-ragu. [Yaitu] orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan [bagi mereka] di sisi Allah dan di sisi orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang. [Q.S. Al-Mukmin/Ghafir: 34-35]

Sebenarnya Kami melontarkan yang hak kepada yang bathil lalu yang hak itu menghancurkannya, maka dengan serta merta yang bathil itu lenyap. Dan kecelakaanlah bagimu disebabkan kamu mensifati [Allah dengan sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya]. [Q.S. Al-Anbiya:18]


Bukti utama kaum wahabi-salafy itu = ajaran zionislam adalah fakta ulama-ulama wahabi-salafy bersikap anti-takwil. Artinya mereka mengaku menafsirkan Quran dan hadis itu hanya sebatas makna tersurat [makna konkret]. Mengingkari pentakwilan artinya mengingkari keberadaan makna tersirat [makna abstrak] juga berarti mengingkari yang gaib. Padahal Allah di Quran banyak membuat perumpamaan supaya manusia ber-iqra!

Sesungguhnya, Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan, “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.” [Al Bagarah, ayat 26]


Jadi, Wahabi-Salafy mengajarkan umatnya untuk berpola pikir materialistis. Nah, paham dan filsafat materialistik ini datang dari mana? #think!

Hanya milik Allah Asmaul-Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul-Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam [menyebut] Nama-Nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu [pula] mereka menjalankan keadilan. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur [ke arah kebinasaan], dengan cara yang tidak mereka ketahui. [Q.S. al-A'raf:180-182]

Siapa yang bakal menyangka kalau selama ini dirinya menjauhkan manusia dari pengenalan akan Tuhannya dengan dalil. Kemudian justru dalil yang mereka pakai itulah yang menyeret mereka kepada kebinasaan?

Jadi, siapa pun kamu yang mengaku Islam tapi keukeuh tetap berdiri hanya di syariat [paham dan amalan jasadi semata], kamu telah dibius untuk menjadi muslim bermata satu! Mengingkari keberadaan yang gaib [qadim] itu ciri manusia yang dikuasai setan. Di sinilah letak persamaan Wahaby-Salafy dengan Ahmadiyyah. [Kedua aliran ini made in UK dan USA, Wahabisme disebarkan melalui KSA]

Saya tidak ragu mengatakan bahwa dakwah wahabi-salafy di seluruh dunia adalah dakwah zionis kaki-tangan Dajjal bertopeng Islam. [termasuk jika ada sunni-syiah yang berkeyakinan Allah ada di Arsy dan aktivitasnya bersifat menjauhkan manusia mengenal Tuhannya. Sebab tujuan utama penciptaan adalah mengenal Tuhan]

Saya juga tidak ragu mengatakan orang-orang liberal-pluralis yang ada di Indonesia, seperti JIL, Wahid Institute, Aliansi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan itu bagian dari dakwah zionisasi yang sama. [Perhatikan sumber dana mereka]

Ingatlah, Dajjal dan kaki-tangannya tidak akan muncul berupa wujud setan. Dajjal itu penipu ulung. Dia akan muncul bak orang suci, pertama mengaku nabi karena punya banyak "mukjizat" lalu mengaku Tuhan. Mungkinkah manusia waras akan percaya pada nabi yang penampilannya "metal" seperti setan?? #think!

Gali pesan-pesan Rasulullah soal Dajjal dan kedajjalan. Wajar yang ditakuti Rasulullah Saw. atas umat ini bukanlah kehadiran si Dajjal, melainkan fitnah sebelum kedatangannya.

Allahua'lam.




[*]:
[kembali]Waktu mengetikkan bagian tadi ane tiba-tiba ==>  , terlebih lagi waktu baca-ulang di sesi penyuntingan tulisan ini. Tak mampu...kena dzuuk.[kembali]


"Sesungguhnya telah datang dari Tuhanmu bukti-bukti yang terang; maka Barangsiapa melihat [kebenaran itu], maka [manfaatnya] bagi dirinya sendiri; dan barangsiapa buta [tidak melihat kebenaran itu], maka kemudharatannya kembali kepadanya. Dan aku [Muhammad] sekali-kali bukanlah pemelihara[mu]". [Qs. Al-An'am:104]

Kalimat terakhir berarti: "Masih mengingkari kebenaran setelah diterangkan sejelas-jelasnya, jangan harap berhak mendapat syafaat Rasulullah Saw. di akhirat kelak."
Pahami Prinsip Zat-Sifat dalam Tauhid agar Tidak Buta Dunia-Akhirat
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-01-05T06:22:00+07:00
Pahami Prinsip Zat-Sifat dalam Tauhid agar Tidak Buta Dunia-Akhirat
5 411 reviews
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tampilan terbaik laman ini pada peramban Chrome
Tags: , ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki bagi kalangan khawwas al khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab an-Nazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

172 komentar:

MUXLIMO mengatakan...

Postingan paling senggol sana-sini sedunia.. :3:

MUXLIMO mengatakan...

Mohon maaf :21: dari kemaren ane belum sempat balas semua komentar dan belum sempat blogwalking ke tetangga. Bikin postingan ini hampir 2x24 jam hampir gapake tidur.. mohon izin tiarap dulu :15:

Ayoendhie mengatakan...

Absen dulu ach.....

MUXLIMO mengatakan...

Seep, Mbak Ayoe.. btw, udah balik lagi ke Cibubur Mbak? :D

moerad qrad mengatakan...

ane udah pasang muka serius pertama baca tulisan nech....setelah beberapa paragraf kok tiba-tiba mual pengen muntah2...hmmm entah kenapa?

tapi setelahnya.....alhamdulillah,
terimakasih buat kang MUX yang udah buat tulisan ini,,,,2 hari lagi buatnya, semoga mendapat balasan setimpal atas pengorbanan, waktu tenaga dan fikiran,,,,

Oooo...pantes Kang MUX puisinya nusuk tajem, dalem,,,wah wah lulusan sastra ternyata.... :-?

baca lagi ah.....

MUXLIMO mengatakan...

wkwkwkwk baca ini ada efek ngidam-nya ya, Wet.. sampe pengen :18: segala :g: nih ta kasih obatnya ~O) :D

nusuk tajem, dalem... :-? perasaan ane nulis puisi gak pernah pake piso deh.. :22:

ahh.. makasih atas doamu, Wet.. moga gitu juga buatmu ya.. Aamiiin. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

Ayoendhie mengatakan...

Masih di Cirebon, Insya Allah balik besok ke Cibubur.
Btw.... (Baru selesai baca tulisannya, td cuma absen :D) sastra Unpad? Kl tahun segitu mah, ya ga ketemu dink.... udah lulus kapan tau.... Hehehe.....
Insya Allah makin mantep nich utk ikutan belajar n coba2 praktik (meski lom maksimal), tolong dido'ain ya... (soalnya kl belajar lbh sering dipermukaan doank) salam buat smuanya... :)

MUXLIMO mengatakan...

wah! :2: Mbak Ayoe ni dulu di kampus biru jetinenjer juga?? :2:
Subhanallah wal hamdulillah.. siap Mbak.. kita saling doakan ya.. salam juga buat semua di Cirebon ya.. <-- deket ama kampung kakek sayah.. *kaki gunung ciremai desa pasawahan :D

Padly Lubis mengatakan...

Salam alaikum kang adam.. Postingan ini membuat hati terJLEBkan.. Terima kasih pencerahannya kang..

Btw, ternyata kang adam penikmat film korea juga.. :) , ati2 kang ntar sering melow.

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh,
makasih kembali, Wet.. :8:

wkwkwk, gak suka nonton korea kok.. cuman sering liat ponakan nonton itu berurai aer mata gitu.. :P jadi cuman suka tanya..
"emang gimana ceritanya sampe kamu nangis sih?"
"entar tanyanya kalau lagi iklan, ah, OM!!" <== gitu jawabnya :14:

dan yang jingga mengatakan...

Emmmm
Hehehehehehh
Awal nya ngebaca marta seriusssss
Sumpaah samapai ane ngudu segala
Tapi pas pertengahan

Lo lo lo kok kok ok
kang

mux nya ganteng.....

Suster ngesooot

Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

Hahahahah
Buyaaaaaaaar ane punya konsentrasi
Apalagi nyebuut susterngesot segala
YaaaaALLAaaaaaaah
Akang akang
_________________________________________
Aneee setujuuUuu kang mux ganteng
Kalo wahabi dn saalapii to nurjana
_______________________________________

soalnya ane tobatngelukis ama MENARi dulu gr gr ceramah pacar ane yng kebetuln salapi
Hehehehehe


Tapi
maaaf kang mux


Heheheh
Ane telah membakar hidup hidup tmn Smp ane
yng kuliah di jw dulu
tiba tba pulang kelombok
bw ajaran wahabi (tp bkn ane pelakunya)
Pembunuhnya)

Tp masyarakat
Sumpah
Wkwkwkwkwkwkwk
Masyarakt

Ngamuk dn membakar dia dn rumahnya
Yaaa
matilaah

Heheheh

Maso KT di harmakan nguburiiin mayit pakek btu nisan
Masak prempuan haram naik masjid dn haram kekuburan
Trus tahlilan haram adat adat lombok itu semuanya sirik
Yaaaa

Gitulah masyrakat tersinggung
Habislah to bocaah
Hangus terbakar

Mati

moerad qrad mengatakan...

Tobat Menari?
maksudnya apa ne Kang :D

bener tuch....udah be pasang MUXka serius,,,malah bikin mual2 pengen muntah :11:

wah sadis tuch masyarakat-nya Kang....di Tanjung ya?
emang di lombok masih agak jarang kang, faham wahabi nech,,,tapi sekarang udah maulai kelihatan, tapi mereka belum berani dakwah2 gitu....cuma ada beberapa lokasi di Mataram yang menjadi basis mereka....

ada di kampung temen ane, habis baru pulang belajar agama dari arab saudi (katanya), dan sama kayak temen kang marta, ngelarang itu ini, padahal awalnya dia lumayan dihormati, terahir saya dengar dia di usir dari kampunya.....

Annisa Muslima mengatakan...

Masuk kantor ,ON inet dan langsung buka Muxlimo.blogspot

Alhamdulillah.........
Akhirnya selesai juga ngebacanya,meskipun sepanjang KERETA Bandung – Pontianak

Akang Adam tiap hari sibuk ngetik semua yang ada diblog ini,bahkan sampai kurang tidur,itu semua demi kita semua sobat sarang,supaya tidak buta tauhid,kita yang hanya tinggal membaca dan mengamalkanya...^__^

InsyaAllah tulisan tulisan Akang Adam dan yang bersumber dari Abah Siradj ini,akan sangat2 bermanfaat untuk kita semua sobat sarang........
dan JUJUR saya pribadi banyak belajar dari semua tulisan tulisan Akang di Blog ini,
ya.........tak kalah sibuk dari Bang Arbi,saya juga kerja berangkat pagi pulang petang,saya tak sempat ikut pengajian2 majelis taklim di komplek saya ini,makanya saya manfaatkan semaksimal mungkin fasilitas inet dari kantor ini,untuk RAJIN mengunjungi blog terapik ini.

Assalamu'alaikum, semoga keselamatan jasmani dan rohani selalu bersamamu....
warohmatullahi, dan semoga rahmat Allah menyertaimu....
wabarokatuh, dan semoga Allah memberkahimu....
Untuk Abah Siradj beserta keluarga,untuk Akang Adam beserta keluarga,dan untuk sobat sarang semuanya.....Aamiin.......^__^

moerad qrad mengatakan...

aamiin aamiin aamiin

antox hooligan mengatakan...

pertamax
Kang Zat Mutlak=Nur Allah apa sama dengan Nur Muhammad ya ??? bingung istilah ne.. hehehe

MUXLIMO mengatakan...

hadawhh.. sadis sampe dibakar idup2!! :2:
@all: dilarang :18: sembarangan.. !! :11: soale PRT ane lagi liburan ke Hawaii 7 bulan.. berabe nih.. :25:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbakyu ne.. :)
alhamdulillah.. seneng kalau bisa nyenengin sodara2ku seiman :)
aamiiiin ya RAbb.. makasih doanya, Mbak.. semoga demikian juga dan dilebihkan untuk Mbak dan keluarga di sana ya.. aamiiiiin..

MUXLIMO mengatakan...

Jiah.. pertamax tapi malah paling bontot nih.. :-? :3:
secara simpelnya gini, Mas Antox

Zat-Mutlak = Nur Allah
Zat-Sifat = Nur Muhammad
==========================
keduanya ada di wilayah Qadim, bukan wilayah muhaddas yang dijelasin di postingan ya :20:

moerad qrad mengatakan...

Sadis amat tuch PRT bisa liburan ke hawaii....enak bener
atau jangan2 tu majikannya kang MUX kali....enak ya ngaku ngaku :18:

hajirin mengatakan...

kag mux tuh hobinya senggol kiri senggol kanan
goyang mang.... :D

antox hooligan mengatakan...

ajebb Om Mux kena dah penjelasannya, ane blm inbox lg ne... tar kalo inbox ane kabari om, soalx butuh bimbingan ini dah kayaknya... :'( ~X(

antox hooligan mengatakan...

Ane Selalu PERTAMAX *baca yg ginian di web, dulu2 mah kagak pernah.... hehehehehehe yg laen jangan ngiri ya, Nganan aja ya??? cz di kanan byk makanan + ~O)

antox hooligan mengatakan...

Tingkat Bersihx Zat Mutlak dg Zat Sifat kek mana pemahamanx OM?? kalo dicontohin di KAPUR, apa Kosongx Kikisan kapur itu=Nur Muhammad, sdgkan yg kosongx kosong kikisan kapur=Zat Mutlak????
Mohon Penjelasan

BlogS of Hariyanto mengatakan...

ulasan yang cukup panjang, namun sangat menarik dan mudah dipahami,
apapun itu..apabila kita mengenali diri kita sendiri secara utuh maka kita akan mengenal ALLAH Yang Menciptakan Kita.....salam :-)

Bang Arbi mengatakan...

Hadewh...ini tulisan banyak narsisnya, dan narsis itupun SIFAT yg bertempat padanya. tapi ujung2nya koq jadi melow gitu sih. hhhhh...

Sifat berdiri dengan ZAT, sementara ZAT itu Qiyamuhu Bi Nafsihi ("berdiri" dengan DIRI-nya sendiri yg ADA). koq "berdiri" nya pake tanda kutip. Iya, karena berdiri itupun SIFAT bukan ZAT).

ZAT-SIFAT itu masih bisa dilihat, dipegang, disebut, dirasa, DITAFSIR OLEH JASAD
ZAT MUTLAK tidak bisa ditafsir oleh JASAD, Suci tidak ada lagi walau satu noktah pun (yg belum mengalami jangan dikhayal2kan, nanti juga ketemu koq), makanya dikatakan RASA DIRI itu TIDAK BERASA. karena selama masih bisa di-rasa2 itu masih di wilayah SIFAT dan ZAT-SIFAT. SIFAT itu "turunan" dari ZAT-SIFAT. turunan disini bukan keturunan lho ya, tapi degradasi (yg suka nonton bola mudahan paham iniy).

SIFAT itu : berbeda2, bermacam ragam, berubah2, Nisbi <-- beda dengan ZAT

"Suster cantik; Suster berkerudung putih; Suster ngesot"

Kyknya lebih enak kalo ada gambarnya deh kang. utamanya yg "suster catik" ityuuhh...

"ada tampan kayak Mux-ada jelek kayak setan"

tunggu bentar...kyknya ada yg salah deh dengan redaksinya niy kang. tapi ane masih mencari2 dimana ya salahnya? wkwkwk

"Contohlah ane, biar ganteng gak pernah menyebut diri ganteng. Ane tau ganteng itu karena disebut sama orang aja: sama para fans, para silent reader, utamanya sama para secret admirer. Sumpah kalapa deh, ane gak pernah nyebut ganteng ke diri sendiri."

kyknya ini karena kurang tidur deh. kadang orang kalo kurang tidur suka timbul imajinasi yg berlebihan. dimaklumi saja ya sobat sarang. kasian.

"Dalam pembentukan sebuah kata, kita mengenal ada yang disebut morfem bebas dan morfem terikat."

asli, dulu ane ga suka pelajaran bahasa indonesia. lebih suka bahasa inggris karena gurunya masih muda, cantik, lajang, fresh graduate lagi. lah kao guru bahasa indonesianya hampir pensiun, cerewet pula. Coba guru bahasa indonesia ane dulu kyk Kangmux, kan jadi jelas tuh. jelas apanya?

ap-pahh? ternyata mbak sally kerjanya itu nebangin pohon ya? hihihi

Gusti XaNaNa mengatakan...

Hatur tengkiyu Kang Mux...
Saluut buat Kang Mux yang secara detil dan gamblang menjelaskannya...
Subhanallah...subhanallah...subhanallah

Ded Sieded mengatakan...

Ahayyyy

Bang Arbi mengatakan...

Ajaran islam itu sempurna dan lengkap. semua dari nabi adam sampai nabi muhammad sudah ada disitu semua. 4 in 1.
SYARIAT
TAREKAT
HAKIKAT
MAKRIFAT

awalnya pada nabi adam ini ada semua (kecuali syariat yg belum disempurnakan). namun seiring berjalannya waktu selalu saja ada yang menyimpang yang sederhananya kita sebut ALIRAN SEMPALAN. dulu ada, sekarang pun makin banyak. Nah, aliran2 sempalan inilah yang diperangi oleh Allah dan Rasulnya dari dulu. Aliran sempalan ini masih mengambil ajaran dari ISLAM tetapi dibelokkan sesuai nafsunya. Nah musuhnya nafsu itu ya SYARIAT (karena nafsu tidak mau di atur). IBLIS memahami ini, dan mulailah berkolaborasi dengan NAFSU untuk membenarkan ajaran ALIRAN SEMPALAN ini. semboyannya antara lain : SING PENTING ELING. mereka ga mau ber-SYARIAT sesuai perintah ALLAH sebagaimana terangkum dalam RUKUN ISLAM.

Ada lagi fenomena yang baru muncul belakangan ini mereka menyebut SEKTE WAHABI. mereka justru meng-kebiri keutuhan ISLAM yg 4 in 1 menjadi hanya 1 in 1. yaitu SYARIAT saja (bertolak belakang dari SING PENTING ELING). mereka meng-kafir-kan semua orang kecuali golongannya. sama kyk AHMADIYAH. kedua sekte ini seperti saudara kembar. intinya ya satu: memecah keutuhan islam yg 4 in 1 dan melemahkan ummatnya.

Muhammad bin Abdullah --> bersyariat dengan makrifatnya
Iblis Laknatullah n pengikutnya --> bermakrifat saja tidak mau diperintah Allah utk sujud/ ber-SYARIAT.
Wahabi --> bersyariat tanpa ada kejelasan siapa yg disembahnya (karena tidak ber-MAKRIFAT). Mereka menyembah Tuhan sesuai konsep dari akal pikiran dari Guru mereka yg berjubah n bersorban gede tapi buta hakiki. Menyembah konsep = menyembah ciptaan.

Kalau kita sudah tahu fenomena ini, ane berharap Sobat Sarang bisa ambil kesimpulan sendiri. Tiap2 kita nantinya akan menanggung akibat perbuatan kita sendiri. selama masih ada waktu untuk perbaikan dan pembenahan maka benahilah. Karena di akhirat nanti SYARIAT tiada guna lagi, disinilah SYARIAT itu dinilai dan berharga. karena turunnya perintah itu untuk disini bukan untuk disana. Makanya berharganya SYARIAT itu di mata ALLAH ya disini.

Tetaplah berpegang pada AJARAN ISLAM yang UTUH. janganlah ber-Syariat saja atau ber-Makrifat saja...jangan mau di-kebiri.

dan yang jingga mengatakan...

Oooh akang mOurad kirad

Lombok juga. Yaaaa?
Oooh aneeh kemaik idap bedait knce batur leman lombok

(bhs planet jupiter)
Yaa aku tanjung lombok urara tpi aku digondang pasnya desa bentek,,,
TrUuuus sidee lEMAN lombok embe,,?

Oya mngenai kejadian
To pasnya di desa gondang tmn aku jga dulu seSMP dia kuliah. Jurusan tehnik

Yaaa
Masalah menariI
Yaa kebetulan ane seni rupa dn angota gendang belek swaktu pcrn ama cwek salafi ane di ceramahin

Phm phm salapi

yaaa demi cinta yaa
ane ikut masuk salafi melihara jenggot segala
Wkwkwkwkwkwkkw
Heheh tp engak iklas da yg di haraf

Emmmm

Akang Arby akang mux ane terkesima ama mimpi HEBAAT akang arby,,,,,
Cerita di postingan lma

Luarbiasa
Mimpi yg bener
Tp kenapa neeh ane coba jurus mimpi itu
Weleeeeeeh
Bukn guru malah cwek yag muncul,,,,,
Wkwkwkwkkwkw

Bang Arbi mengatakan...

hah? mimpi ketemu cewek ya bang marta? itu kemungkinannya ada dua :

1. "Innamal A'malu Binniyyati" artinya : Amal itu tergantung Niatnya. Kalau niat MAU BELAJAR TAUHID insyaAllah bisa juga koq. asalkan jangan salah pasang niat. emang Bang Marta niatnya gimana sih? wkwkwk

2. Baik menurut kita belum tentu menurut Allah. Jadi walaupun Bang Marta niat mimpi MAU BELAJAR TAUHID,kalau Allah maunya bang marta mimpi cewek pasti itu yg terbaik buat Bang Marta. sudah mengucap syukur alhamdulillah blm? hihihi

Bang Arbi mengatakan...

Swetuju Mas Hary :D

Bang Arbi mengatakan...

http://3.bp.blogspot.com/-w0VIh_82phc/TwuhZFMYF-I/AAAAAAAACBI/i_faZv8BSBk/s1600/geol-ngarep.gif

Bang Arbi mengatakan...

ZAT-SIFAT itu masih bisa ditafsir/dirasakan oleh JASAD,
sementara ZAT MUTLAK tidak bisa ditafsir.

Bisa dibilang kosong yang masih berupa Energi Murni tapi masih bisa ditafsir JASAD itu namanya ZAT-SIFAT.
kalau ZAT MUTLAK udah ga berasa lagi brader...
kosongnya kosong atau Maharuang itu sendiri, tempat "berdiri" nya SIFAT.

Ibarat Papan dengan Tulisannya.
Papan = Maharuang = Zat
Tulisan = Energi Murni atau Energi yg sudah berwujud Materi (Materialisasi Energi) = Sifat

Pada awalnya yg ada hanya Papan. tulisan "Alif" pun belum ada, bahkan alif sebelum alif saat itupun belum lagi ada. Baru ada Papan (Maharuang yg Mahasuci dari sebiji zarah pun)

antox hooligan mengatakan...

ɪ̇πɪ̇ koment ngena bgett nyindirx *maklum mantan korban kebiri neh... Hehehe... E-mail Üϑáh diterima matur nuwun alias tangkyuw bang muharbi
. I ). ( I
/ I I. ¡
/__',_ ,'___|
/( __ _)). /(_ __ ))
I ( __ _ )). ((__ __ )I
I ( __ _) ). ( (_ __ _)I
I(___ _)/, ((___ _)/
 S i  (y)™ S i  (y)™.

antox hooligan mengatakan...

LAYSA KAMITSLIHI SYAI'UN ==> NUR ALLAH ==> NUR MUHAMMAD =======> (SEKALIAN ALAM / SIFAT)
dlm kurung = baharu
Gitu kira2 y bang???
mohon koreksi takut salah paham jd Jatuh nanti ane...???

Bang Arbi mengatakan...

Mas antox korban kebiri ya? beda lho kebiri dengan sunat. kalau sunat dibersihkan bagian yg kotornya (benalu). kalau kebiri, semua pohonnya ditebang. tinggallah SATU bagian saja. bijinya doang. (tolong jangan parno ya..ini ilustrasi yg gamblang lho)

Bang Arbi mengatakan...

PRT nya kangmux liburan aja ke Hawaii... itu dibuang atau "diliburkan" sampai waktu yang tidak ditentukan kang alias di-:11: ?

Kalau kangmux sih liburannya ke Ohio...wkwkwk kaburr,,,, :7: hihihi

Bang Arbi mengatakan...

Ane makin paham n makin kenal perjuangan hidup bang marta. (sambil makan duren ngomongnya)

antox hooligan mengatakan...

=)) =)) kalo gitu bkn kebiri di gondol namax itu mah...=)) =))

Bang Arbi mengatakan...

Betul mas antox. itu proses TANAZUL-nya (degradasi-nya). begitu jalan turunnya, begitu pulalah jalan naiknya. namanya juga tangga.

kadang di tangga ada ularnya. namanya ULAR TANGGA. hahaha... hati2 melangkah, jangan ikuti langkah2 ular, nanti terperosok ke bawah lg.

Bang Arbi mengatakan...

hahaha..kupi buat mas antox ~O)~O)~O) utk penghilang penat lelah dari saudaramu di Batam

antox hooligan mengatakan...

Siappp sruputtt ahhh...!!! jgn lupa dbalas email ane bang, ijin plg dulu dah abis masa kerja, slmt br weekend beserta keluarga Bang Arbi di Batam. Semoga terlimpahkan Rahmat dan Hidayah untuk Bang Arbi dan keluarga, juga Kang Adamux dan Abah Undang siradj sekeluarga serta semua sobat sarang... Amin...Amin... Ya rabbal alamin. Kang Xanana Kangen Syair Mautnya... ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O)

Bang Arbi mengatakan...

Amiin..Semoga terlimpahkan juga Rahmat dan Hidayah untuk Mas Antox dan keluargaku di Surabaya. Amiin.. Havnice wiken juga brader...

dan yang jingga mengatakan...

Wkwkwkwkwkw
Yayaya bener benr dasar ane cvmn jualan dureeen aja kagak ngerti mksud tuhan

Biarlah ane hidup apa adanya menurut jln nya
walau ane di kmpung ane jdi bhan ketawaan bhan gunjingan
ampe tmn tmn ane yg pernah ane bantu

melknat ane

Wahai engaku yg begulam di atas kemegahan dunia
Dptkah kalian ketenangan hidup
Di atas penderitaan dn kepahitan

Kalian ketawa karn kehancuranku
Tp ku menangis karna kebutaan kalian

Kalian sibuk menggibahiku
Tpi ku sibuk mmhonkn ampun ats kebodohan kalian

Kalian melaknatku
Tapi bgiku jln menuju nikmat

Kalian bersorak akn kehncuranku
Tpi ku ketawa akn kebesaran karunianya

bila kalian ingin merasakan NIKMAt nya apa yg kurasa saat ini
Buanglah HARGADIR kalian buanglah dunia kalian
Biarkan dunia mengucilkan kaliaan

Maaf tmn tmn sarang
Ane lgi kesel ama temn temn ane
Yamg memberhalakan jabatan,pngkat dn Harga diri di kmpung ane

Hehehe
Usus buat tmn ane yang pernah ane bantu mati matiian
Bpk dewan kbptn lombok utara
Bpk bupati lombok utara
Tmn tmn guru lomok utara
Dn tmn tmn ku yng memuja dunia harta dn wanita


Gusti XaNaNa mengatakan...

Cakeph bangeeeedh....anak ciapa ciiih.... B-)

Buat Bang Antox :8:
Sekaliyan deh..niih... ~O)

Djunaedi Miradz mengatakan...

kang Mux sy mo ngasih comment kok malah jadi DIAM abis baca postingan ini .........

moerad qrad mengatakan...

tenang kang...mereka tidak ada di sini....:D
lupain dah....biarkan itu jadi masa lalu (sok bijak)
ada masa depan yang jauh lebih berharga untuk kita perjuangkan....

Djunaedi Miradz mengatakan...

jadi yang menjadi bahasan mengenai Sifat pd Zat yang ada di alam semesta ini hakikatnya adalah Zat/mahluk ("laysa kamitslihi syai'un" tapi Zat ini adalah mahluk dan bukan tuhan...)karena Zat Tuhan itu lebih dari "laysa kamitslihi syai'un" .....apa betul yang sy maksud ini mdh2an dpt diperbaiki bila tdk betul kang Mux/Bang Arbi..

Bang Arbi mengatakan...

Ada hadits menyebutkan : janganlah kamu sembah Zat-Ku, Sifat-Ku, Asma-Ku, atau Af'al-Ku. Tetapi sembahlah AKU (Diri Pribadi Tuhan)

Jadi ZAT ini pun masih belum Diri Pribadi Tuhan. Zat ini terbagi dua : Zat Mutlak (Allah) dan Zat Sifat (Muhammad). Kedua Zat ini statusnya QADIM, bukan baharu. Nah sebelum ada apa2 yg ada hanya Energi Murni tanpa rupa tanpa bentuk tapi BISA DIRASA itulah Nur Muhammad / Zat Sifat. Nah Nur Muhammad ini bertempat pada MAHARUANG (Zat Mutlak). Awalnya yg ada baru Maharuang yg mahasuci dari keberadaan walau hanya sebutir debu sekalipun. bersih sebersih2nya, suci sesuci2nya, kosong sekosong2nya. ibarat papan tulis, belum ada tulisannya, walaupun hanya titik sekalipun belum ada. ini ibarat lho ya... :D

Nah, dalam latihan DIAM, tubuh kita ini dikembalikan ke asal-nya (bukan tanah lho ya, karena tanah itu pun dari Nur Muhammad juga), QADIM, yaitu ZAT-SIFAT (Muhammad Tubuhku, Nur Nyawaku) lalu jika Allah berkehendak, akan diperhalus lagi jadi ZAT MUTLAK (Tuhan Tubuhku, Yaa Budduhun). Itu "step by step"-nya. Kalau bahasa tasawufnya TARAKI (Upgrade, kebalikan dari Degradasi (Tanazul)). Maharuang meliputi segala SIFAT. seperti halnya PAPAN meliputi semua TULISAN di dalam-nya.

Nah, Diri Pribadi Tuhan ini bagaimana dong? Abah pernah bilang : Jauh tidak berantara, Dekat tidak berjarak, Jangan dipikir, Jangan diingat, karena kita sudah ESA dengan Diri Pribadi Tuhan. SADARI saja lagi...

Nah ini baru teorinya, alias OMONG KOSONG-nya. KERJA NYATA-nya bagaimana? Pakailah BERSYARIAT (Terangkum dalam Rukun Islam). Itu medan perang-nya. Jika latihan DIAM-nya sudah betul, maka kita akan paham RASA-nya RASA, kita juga akan pahami ESA itu bagaimana. Nah, Rasanya Rasa dan Rasa ESA itu yang kita bawa dalam Sholat, Beribadah, Bekerja, Duduk, Berdiri, Gerak, Diam, Tidur, dan Bangun. Kita bawa Rasa itu dalam kehidupan kita.

Emang Rasanya Rasa dan Rasa ESA itu bagaimana siy? sederhananya satu kata : SADAR. Sadar itu bagaimana siy? yah...nanya mulu...eko lah...ralat... oke lah, rasa sadar itu RASA BANGUN, seperti TRANSISI bangun tidur, dari setengah sadar sampai sadarnya. begitu rasanya jika SADAR men-"jadi". awalnya belum stabil, nantinya stabil juga.

Ingat, SADAR kita tidak akan bangun dengan benar jika menolak SYAHADAT atau TIDAK BERSYAHADAT. karena itulah "password ilahiahnya". Bagi yang menolak SYAHADAT tapi latihan DIAM maka dia tidak akan matang SADAR-nya melainkan ILUSI belaka. makanya banyak diantara mereka yg latihan DIAM atau kosong ujung2nya menjadi GILA atau MABUK ILUSI, terkadang bagi beberapa orang ilusi itu memang nyata. namanya juga orang gila. Jangan ikuti orang gila. tapi ikuti lah orang SADAR yang sebenarnya, bukan ilusi.

Tanda berhasilnya latihan DIAM ini adalah KETENANGAN HATI. itu pintu gerbang MUSYAHADAH. saya yakin sobat sarang sudah merasakan itu sejak memulai latihan DIAM ini. tuh buktinya Mbak Sally :D

fadlilsangaji mengatakan...

puanjangggg sX,, akhirnya scroll down sambil liat2 emoticon lucu ahehe.. *ini klo dibaca semua dg timing yg pas ilmunya ajiib dan merasuk qalbu..

MUXLIMO mengatakan...

Yap, insyaAllah seperti itu Mas Antox :8:
Kosong di hadapan kita ini masih kosong Zat-Sifat,
Kosongnya kosong = Kosong Zat-Mutlak
nah, Allah itu ada di mana? "Di Kosong sekosong-kosongnya kosong" = superduper laysa kamitslihi syaiun :D Allahua'lam.

MUXLIMO mengatakan...

Ralat dikit, Brad :D
alif sebelum digoreskan itu sudah ada dalam Ilm-Nya, tidak bisa dikatakan tidak ada.

contoh:
sebelum saya ngetik ini, isi ketikan komentar ini sudah ada pada saya :D gitu kira2 petunjuk Abah :)

MUXLIMO mengatakan...

*senggol-diperbuas
:1: :1: :1: :1: :1: :1: :1: :1: :1: :1: :1: :1:
:3:

MUXLIMO mengatakan...

:8: Bang Hariyanto

MUXLIMO mengatakan...

"Suster cantik; Suster berkerudung putih; Suster ngesot"
Kyknya lebih enak kalo ada gambarnya deh kang.

http://lh5.googleusercontent.com/-Ps-cdrZXHzo/UOj58fZXtAI/AAAAAAAAID4/N63BCGWh2B0/s300/wifey.jpg
Puashh..?! :23:

MUXLIMO mengatakan...

{"ada tampan kayak Mux-ada jelek kayak setan"
tunggu bentar...kyknya ada yg salah deh dengan redaksinya niy kang. tapi ane masih mencari2 dimana ya salahnya? wkwkwk}

Jangan dicari, Brad.. soale kalo tar ketemu jawabannya.. ta :24: :11: sampeyan :g:


Bang Arbi mengatakan...

hmm..jadi maksudnya, saat ZAT itu masih belum mewujudkan SIFAT, sebenarnya ZAT itu sudah ber-SIFAT ya kang. tapi belum TAJALLI. gitu ya kang? :D makasiy koreksinya brader :]

Bang Arbi mengatakan...

=)) =)) =))

Bang Arbi mengatakan...

:3: :3: :3:

MUXLIMO mengatakan...

ssstt.. Wet.. jangan bongkar RHS ah.. :23: *skali2 berasa majikan gaboleh napa.. :3:

MUXLIMO mengatakan...

gak ah.. mau liburan ke JABAL NURaeni aja!! :19:


*dikiranya kita gak tau c Brad kemaren ngetik di komen kata NURAENI <== gede bangadh.. :17: tanggung ah orang salah paham.. diedanin aja sekalian :3:

Bang Arbi mengatakan...

hahaha...akhirnya kepancing juga. emang sengaja nulis itu kang, ane justru nunggu respon dari akang. kebetulan nyambung dikit sama tema komen waktu itu. hahaha

Bang Arbi mengatakan...

abis sih, di Google+ ga komen, di blog gak komen. eke kan kangen brader...lama ga chatting niy...mau menimba ilmu lagi sama Kangmux.

MUXLIMO mengatakan...

:c: wkwkwkwk dasorrr komporkatorr gak tobat-tobat nih :24: jadi aja jadi aja :P

MUXLIMO mengatakan...

tapi..tapi..tapi.. respon macam mana yang engkhau haraphkandh dariqwuh, Brad? :-?
AOD: answer or die :11:

Bang Arbi mengatakan...

http://1.bp.blogspot.com/-vFlfXDrLRgM/UE4rgBnKAjI/AAAAAAAAFcQ/Cx7inRV1Adg/s1600/ngakak.gif

MUXLIMO mengatakan...

Bukan, Brad.. maksudnya, yang kekal sedia ada itu hanya Zat.. jadi yang namanya Zat tidak bisa dikatakan "dari tiada menjadi ada"

hanya Sifat yang bisa dikatakan seperti itu karena nisbi. sedangkan Zat itu sejak azali sampai kapan pun: Ada. :]

Bang Arbi mengatakan...

awh...serem banget tuh option. :3: :3: :3:

MUXLIMO mengatakan...

kalo gak milih option lebih die lagi loh.. :22:

Bang Arbi mengatakan...

bukan dari "tiada menjadi ada" ya kang. tetapi selalu ADA.
bukankah tiada itu ada juga kang? kosong = tiada?

Bang Arbi mengatakan...

otidaaa...kalau gitu jawabannya answer aja deh, jangan die dulu dong kang. bidadari yg 70 masih bisa nunggu koq. hehehe

MUXLIMO mengatakan...

jangan, Bang.. untuk urusan qadim tidak bisa dikatakan tidak ada = ada. Qadim menolak keras. Bahkan, secara bahasa aja "kosong" dng "tidak ada" tu berbeda maknanya. :D

sebab ini ada kisah nyata di ponti.. orang tasawuf, dia mengatakan kosong=tidak ada, pas zikir2 ya dia pahamnya meniada-tiadakan kosong.. akhirnya.. malah "banyak yang masuk" ke badan dia.

ketauannya waktu silaturahim ke rumah Abah.. dari awal Abah tau di badan dia banyak "benda itu". soale badan dia sering "kejut-kejut" gajelas selama ngobrol ma Abah.

Akhirnya Abah terangkan kosong tidak sama dengan tidak ada. Lalu disuruh tafakur.. kurang dari semenit ..langsung deh dia nangis2 dan badannya kesakitan.

Kata Abah, bukan dia yang kesakitan, "yang di badan" dia yang kesakitan.

so, tetapkan bahwa KOSONG itu ADA. Sebab KOSONG=QADIM.

sedangkan

yang TIDAK ADA itu MUHADDAS|BAHARU.:20:

Bang Arbi mengatakan...

yesssshh..ini niy yang ane demen. MakaKang, kalau ada komen2 ane yang tersalah atau salah MOHON DIRALAT ya Kang. kangmux kan juga mentor ane "yang ga mau dipanggil mentor"...

MUXLIMO mengatakan...

siapa sudi jadi mentor yang begituan ih... :3:

kata Abah.. itu kasus "jin terkurung di badan" si jin juga gabisa keluar sendiri.. makanya disebut kekurung.

hanya tekanan ketuhanan yang akhirnya ngeluarin dia. makanya disuruh orang itu tafakur. alhamdulillah sekarang udah mendingan tu orang. :P

tafakur aja udah cukup buat ngusir jin di badan dan di seisi rumah kita, Brad.

Bang Arbi mengatakan...

YEAHHHHH...siiiippp surasiiippp akang penjelasanna http://lh3.googleusercontent.com/--Ku8oIXhZLM/ULpkHQ037BI/AAAAAAAAHi8/KkDNvp5QnRg/s75/mashallah.gif

MUXLIMO mengatakan...

gak gratis tuh, ... tiket wisata PP ke JABAL NURaeni tetep ane tagih ntar.. :23:

MUXLIMO mengatakan...

jadi udah kelar dibaca blom ni, MasBro? :-?

Bang Arbi mengatakan...

:-" pura2 :15: ah

MUXLIMO mengatakan...

sawangsul na Kang Dulur :21:

MUXLIMO mengatakan...

bikin iklan cari kondektur baru ahh.. :-?

Bang Arbi mengatakan...

hahaha... boleh juga tuh kang. kalo kondekturnya banyak kali aja makin rame penumpangnyah. hihihi

MUXLIMO mengatakan...

berat ongkos operasional dong 1 angkot 2 kondektur: boros. mau gamau tendang yang lama, ambil yang baru. gimana tuh, Brad :-"

Bang Arbi mengatakan...

:9: masa siy ditendang. dibelay aja gimanah? ahik :20:

Bang Arbi mengatakan...

Ada pertanyaan dari sobat karib ane yang bertanya begini :

"mengenai niat sholat duha atau baca sholawat dg bilangan tertentu untuk tujuan tertentu bagaimana ya Bang. apa pendapat Bang Arbi?"

dulu ane pernah hampir buat postingan utk blog muxlimo. tapi blm kelar. dulu rasulullah pernah bilang gini :

"yang aku khawatirkan dari ummat ku adalah syirik KHOFI (tersembunyi)".

Namun dalam proses ada juga yang membolehkan hal ini dengan alasan LATIHAN bagi pemula. nanti kalau sudah siap ruhaninya dan sudah bangit ke-SADAR-annya tentu dia akan melakukan ibadah dengan IKHLAS LILLAHI TAALA. Tapi teori ini ada kelemahannya :

1. Dia akan kecewa jika yg diinginkan tidak tercapai, padahal kita sama tahu bahwa Allah tahu yg terbaik buat kita, walaupun buruk menurut kita. Ujung2nya dia meragukan ibadahnya sendiri. bener ga? (pengalaman pribadi hahahaha)

2. Iya kalo dia sadarnya sebelum mati. kalau kebawa sampai mati masih berharap khasiat ibadah ketimbang "yg punya khasiat" apa ga jatuhnya syirik tuh? kalau mau sesuatu ya minta aja sama ALLAH langsung. Ga usah pake solawat atau apapun. kata abah : kita punya Tuhan, maka PAKAI TUHAN dong, jangan pake wirid2 atau tapa2. PAKE TUHAN. ini namanya TAUHID.

Banyak yg ngawur di praktek lapangan, apalagi di dukung dengan buku2 bertema fadilah ibadah. karena kalau ibadah bukan karena ALLAH, pasti ada yang "ngikut" di badan dan mempengaruhi pikiran kita. bersihkan dengan latihan DIAM pas mo tidur sampe BLANK (tertidur) :D

Ayub Daud mengatakan...

menyimak....
saya tertarik sama bahasan Tauhid ini, selama ini saya kira pembahasan akidah hanya menjadi "rebutan" ahlul kalam dimana Asy'ariyah ada di dalamnya (lalu disebut ahlussunnah wal jama'ah), kebanyakan berfikih 4 mazhab dan(VS) ahlul hadis yg awalnya sklompok hanabilah, kemudian menjadi semakin established stelah muncul Ibn Taimiyah dan menginspirasi banyak gerakan termasuk Ibn Abdul Wahhab di Saudi, ...

ternyata bang Mux tidak memposisikan diri pada dua kubu (klo Syiah jelas udah nggk minat sya) itu

dari keseluruhan isi catatan ini sih sangat bermanfaat buat saya, stidaknya nambah ilmu. tapi ada beberapa yg pengen sya tanya ;

1. Ttg gerakan Paderi, bukannya gerakan ini bisa dikatakan wahhabi?..
ulama-ulama paderi itukan awalnya melabrak kaum adat yg suka maksiat stelah mereka berguru ke ulama wahabi di Mekkah,(mnurut bnyk rfernsi di gugel hehe)

2. klo dalam ajaran Tauhid ini, gimana posisi amal2 sperti ziarah kubur wali smpe minta2 disitu ?

antox hooligan mengatakan...

ini mantapzz bahasanx Om Mux dan Bang Arbi sudah detail bangetsss.... Buku yg jd misterius buat ane jadi terjawab semua disini, alhamdulillah...

Bang Arbi mengatakan...

Amiin...Alhamdulillah ikut senang saya mas antox :D

antox hooligan mengatakan...

~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O) ~O)~O)~O)~O)~O)~O)~O)~O)~O)~O)~O)~O) MONGGO BANG GRATISSS... :8:

moerad qrad mengatakan...

Wah terimakasih sekali Bang....
alhamdulillah ini menyadarkan...

moerad qrad mengatakan...

Saya coba mengomentari yang poin no. 2 kang......
Menurut pandangan dari sudut manapun,,,meminta-minta di kubburan,,,pasti jatuhnya sirik

tapi apakah semua orang yang ziarah ke kuburan itu niatnya minta2 sama yang di tanem di situ? kita jangan berburuk sangka dulu

ziarah ke kuburan itu di sunatkan, sepengetahuan saya, dan boleh meminta orang soleh sudah meninggal untuk bantu mendoakan permohonan kita kepada Allah (bertawasul)

ingat kisah berikut....kisah seseorang yang berziarah ke makam nabi, guna meminta nabi untuk memintakan ampun terhadap dosa-nya kepada Allah....

Utba berkata : Alu sedang duduk di kuburan Nabi Shallallahualaihi Wasalam,. Kemudian datanglah serorang Arab dari dusun seraya berkata : “Semoga keselamatan atasmu Wahai Rasulullah, aku mendengar Allah Ta'ala berfirman :

….Andaikata mereka menganiaya diri mereka lau mereka datang kepadamu dan meminta ampun kepada Allah dan Rasul memintakan ampun bagi mereka, niscaya mereka dapati Allah penerima toba dan maha penyayang” (QS. An-Nisa' : 64)

Aku telah datang kepadamu minta ampun atas dosaku dan minta tolong kepadamu sebagai perantara kepada Tuahnku. Kemudian ia bersyair :

Wahai orang terbaik yang tulang-tulangnya terpendam dalam kuburan ini. Baiklah sudah kuburan dan gundukan tanah lantaran baiknya tulang-tulang itu. Jiwaku siap berkorban bagi kuburan yang engkau diami. Didalamnya terdapat kesucian dan didalamnya terdapat kedermawanan dan kemurahan. “

Kemudian orang dusun itu pergi lalu aku tidru dan kulihat Nabi Shallallahualaihi Wasalam dalam tidur. Maka bersabdalah beliau kepadaku :

“Hai Utba, susulah orang dusun itu, dan berilah kabar gembira kepadanya, bahwa Allah Ta'ala telah mengampuninya”

ini saya kutip dari kitab Al-Adzkar (imam An-Nawawi)

Bang Arbi mengatakan...

menurut info gugel yg ane terima :

Kaum Padri tidak menentang praktek-praktek ziarah ke kubur seperti yang dilakukan gerakan Wahabi. Kemudian, kaum Padri pun dalam prakteknya masih ikut merayakan peringatan Maulid Nabi SAW…

Secara umum, para pemerhati sejarah Islam di Indonesia menyebut gerakan Padri itu sebagai gerakan Wahabi atau—kalau tidak—sebagai “kegiatan ikut-ikutan” gerakan Wahabi—seperti yang diistilahkan Mangaradja Onggang Palindungan dan Hamka. Akan tetapi, jarang orang mengetahui bahwa yang pertama kali menduga—tetapi kemudian justru diikuti banyak orang untuk mengecap—gerakan Padri itu sebagai gerakan Wahabi adalah Pieter Johannes Veth (1814 – 1895).

Veth dikenal sebagai seorang ahli bahasa dan kebudayaan Timur. Ia menguasai bahasa Ibrani (Yahudi dan Arab), Latin-Yunani, Melayu-Jawa. Meski belum pernah satu kali pun datang ke kepulauan Nusantara waktu itu, Veth telah dipercaya mengajar calon-calon pegawai pemerintah kolonial yang akan ditempatkan di Sumatera, Jawa dan pulau-pulau taklukan Belanda di Nusantara. Karya besarnya adalah Java: Geograpisch, Etnologisch, Historisch yang terdiri dari empat jilid.

Veth melihat ada kesamaan antara gerakan Padri itu dan gerakan Wahabi di Jazirah Arab. Menurutnya, kesamaan itu berupa penggunaan metode kekerasan untuk mencapai tujuan. Dugaan seperti ini dikemukakan Veth dalam “Kata Pengantar” buku yang dikarang H.J.J. Ridder de Stuers, seorang pensiunan pejabat militer yang pernah diangkat pemerintah Hindia Belanda sebagai residen di Sumatera Barat pada 1825 – 1830.

Dugaan Veth itu kemudian ditolak tegas-tegas oleh Bertran Johannes Otto Schrieke (1890 – 1945), penulis Indonesian Sociological Studies. Menurut Schrieke, ada beberapa alasan yang membuat gerakan Padri tidak bisa disamakan dengan gerakan Wahabi. Pertama, kaum Padri tidak menentang praktek-praktek ziarah ke kubur seperti yang dilakukan gerakan Wahabi. Kemudian, kaum Padri pun dalam prakteknya masih ikut merayakan peringatan Maulid Nabi, sebuah bid’ah yang sangat ditentang oleh Muhammad bin Abdil Wahhab dan para pengikutnya.

tambahan :
Ayah ane yg juga orang pesisir (pariaman) pernah cerita dulu waktu tuanku imam bonjol mau pergi berperang beliau membuat lingkaran kecil dan para pengikutnya masuk ke lingkaran itu satu per satu dengan mengucap syahadat beserta paham kaji makrifatnya. Allahu A'lam. Saya rasa Wahabi ga sepaham denagn hal2 seperti ini.

MUXLIMO mengatakan...

Subhanallah walhamdulillah, Mas Antox :8:

MUXLIMO mengatakan...

terang aja brani traktir.. lha wong cangkir-aer-gula-ama kupinya ngambil di dapur sini.. :14: tekor bandarrrr :17:

MUXLIMO mengatakan...

kalo pake akhiran ahik biasanya itu mantra pemanggil neng bunga loh.. :g:

MUXLIMO mengatakan...

:8: si bijak-muda berkata :D

Bang Arbi mengatakan...

:7: hihihi...

MUXLIMO mengatakan...

:8:

MUXLIMO mengatakan...

Nah ..ini yang saya suka, para Sobat Sarang gak sungkan berbagi pemahaman dan pengalaman di sini. Biarpun ini blog adminnya ane..tetep yang kita pegang prinsip Islam: Ilmu akan berkembang bila dimuzakarahkan alias didiskusikan."

Ini juga obat bagi saya biar gak seorang pun terlalu memandang tinggi diri si Mux ini. Kita semua masih dalam perjalanan beriringan. Itu yang saya harap dipegang Sobat semua. Sebab kalau saya sudah "sampai", belum tentu saya mau balik lagi ngurusin dunia yang isinya manusia2 ngeyel.. udah dikasitau yang sebenar-benarnya masih ragu dan masih ada juga yang nuduh sesat. :P

Bang Arbi mengatakan...

tuh kan tuh kaaann...kangmux jangan tinggalin kita2 dong kalo udah "sampey" duluan... bagaimana nasib kita2 niy... http://lh4.googleusercontent.com/-XrFy4Rqp55E/UFV7GYVNpkI/AAAAAAAAFhY/wtylDvtelZU/s128/kokosehan.gif

MUXLIMO mengatakan...

Makasih Mas Ayub Daud, pertanyaan ini membantu kami memperlengkapi apa-apa yang perlu disampaikan, meskipun tetap kebenaran itu hanya ada pada Allah.

Ini juga sekadar menambahkan apa-apa yang udah disampaikan sama Wet Qrad dan Bang Arbi ya.

Pertama, soal adanya dugaan kaum Padri itu terkait dengan wahabisme masa lalu, itu wajar saja.. anggap aja para wahabi masa kini itu ngaku-ngaku karena selain mereka buta tauhid, rupanya mereka juga buta sejarah.

Bisa dibilang, apa yang dilakukan oleh ulama padri ketika itu..mirip dengan paragraf "hajaran" saya pada pesantren-pesantren setan di atas, Mas. hehehe. :D

[Seandainya tulisan di atas tanpa "hajaran" pada kaum wahabi, pastinya kaum wahabi bertepuk tangan dan ramai-ramai berkomentar mendukung tulisan saya di atas :}} ]

kedua,
Kalau orang yang sudah paham tauhid, mereka yakin bahwa para wali itu sudah tidak ada di dalam makam mereka. Kalau ada yang berani gali makan Sunan Gunung Djati, misalnya..insyaAllah makam itu kosong melompong.

Jadi, mereka yang suka ke makam-makam para wali, yang biasanya dikeramatkan warga setempat.. boleh-boleh saja tapi perlu jaga kelurusan niat. Jika tebersit ujung tujuan ziarah ke makam ini selain Allah, lebih baik tidak pergi berziarah. Itu yang lebih aman dari syirik khafi.

Begitu kira-kira Mas Ayub.. lebih-kurangnya mohon dimaafkan ya. :21:

MUXLIMO mengatakan...

wani piro?
:] =)) =)) =))

hajirin mengatakan...

assalamualaikum,
numpang lewat sambil absen malem

salam buat sobat sarang semua
gusti xanana
antox
dan yang jingga
moerad qrad
djunaidi miradz
anisa muslima
ayoendhie
ayub daud
kaze kate
ded siedad
padli lubis
dll dll
ama silent reader disono semua
salam kompak selalu

buat abang sopir jangan ngebut
buat kondektur jangan lupa diatur penumpangnya


Edgar Ghifar mengatakan...

wa,, ternyata Bang Mux tega http://lh4.googleusercontent.com/-dOZDdGh86UA/UFV7HA2e_iI/AAAAAAAAFhk/twneIK5J_ds/h120/melow.gif

Bang Arbi,, dah biarin az Bang Mux gitu,, mending kita beli ice cream az dah ya (sambil narik baju) :1:

paling ntar kalo Bang mux ngiler, dia balik kok meskipun dia dah sampai duluan,,, :3:

MUXLIMO mengatakan...

jamin gakan ngiler.. lha di sono mamam eskim dicuapin bidadari ... :4:

MUXLIMO mengatakan...

http://lh5.googleusercontent.com/-NyfcNUQUYYA/ULpkRODStNI/AAAAAAAAHmA/pS9ZZXWpcWU/s74/wsalam.gif Mas..

Edgar Ghifar mengatakan...

waaaaaaaaaaaaaa,,,,,, enak bner,,,, http://lh3.googleusercontent.com/-GwNt3EFCyYw/UFV7JOk9yDI/AAAAAAAAFiE/2aWEondH3n0/s128/ucah.gif

:24: bang Arbi,, mana Bang Arbi,,,

MUXLIMO mengatakan...

Simpulan dari uraian Bang Arbi:

Zat-Mutlak atau Nur Allah itu SIFAT bagi ALLAH
Zat-Mutlak =Nur Allah === Wilayah Qadim
Zat-Sifat = Nur Muhammad === Wilayah Qadim
==========================
Zat = Wilayah Muhaddast
Sifat = Wilayah Muhaddast

tapi antara Nur Muhammad [Zat-Sifat] dengan Zat [Muhaddast] itu esa. Dan ingat Qadim dan muhaddast itu juga hal keadaannya esa. Bukan bertingkat-tingkat.

Peringatan keras: ini bukan hierarki emanasi seperti yang dipegang akidah di luar Islam.

Ini setakat pemahaman saya Bang Djun. Nanti saya konfirmasikan pada Guru juga. Bila ada kekhilafan di sini, saya gakkan sungkan untuk meralatnya nanti. :21:

MUXLIMO mengatakan...

:7: kabooorrrr

MUXLIMO mengatakan...

Ralat dikit Brad :D
Jangan diistilahkan dengan "Energi Murni" <== ini muhaddast/baharu dan masih bisa ditafsir. Kalau masih bisa ditafsir berarti bukan laysa kamitslihi syai'un ya. :20:

Djunaedi Miradz mengatakan...

waalaikumsallam warahmattullah wabarakatuh.....kang adam
sy masih silent reader masih blm tuntas baca postingan dari Syaihk Siradj n sobat2 sarang.. nanti kalau sdh di resume pasti ada yang mo di tanyain,,, semuanya dibaca hrs dengan pemahaman yang mendalam spy jangan tersalahkan setelah jadi kesimpulan
aminn ya rabbalallamin

MUXLIMO mengatakan...

Aamiin ya Rabb al-alaamiiin, Bang Djun yang saya hormati :)
Siap, insyaAllah,Bang... dan saya setuju dengan cara Abang itu.. yaitu mempelajari dulu dengan sabar, memberi kesempatan pada diri untuk belajar. Kami [Abah dan saya dan seluruh ikhwan di pontianak] berniat untuk selalu mempertanggungjawabkan apa-apa yang kami sampaikan di dunia maya maupun di dunia nyata. InsyaAllah.

*saya pamit dulu dipanggil menghadap Guru nih.. hehehe :D

Bang Arbi mengatakan...

alaikum salam bang haji. ityuh daptar apsen yah. maklum dah, inikan kelas tauhid :D

Bang Arbi mengatakan...

:19: mamam eskyim dicuapin bidadari? waduh...jangan dulu kang, belum timing nya. bidadari masih bisa nunggu koq, walaupun mereka mengharapkan kematian kita segera. krn mereka kuangeeeen banget ama kita2 inih... wkwkwkwk...

sekarang saatnya kita SYIAR TAUHID duluuuu....

Bang Arbi mengatakan...

:D just sharing braderrrr.... smoga mencerahkan n meluruskan kembali niat kita bersama dlm beribadah hehe

Bang Arbi mengatakan...

:21: alhamdulillah, diluruskan oleh Kangmux :D

wiwit priyono mengatakan...

kiri kiri....
ini jurusan kemana ya bang kondekturrr,jurusan ke surga bukan?
kalo ke surga saya ikut bang...

Bang Arbi mengatakan...

Tujuan kita kang mo ke Allah, lanjut aja pir. biarin mas wiwit naik angkot belakang ajah. lagian ini kyknya pelajar SMU deh, paling kenceng bayar angkotnya goceng rupiah. hihi

wiwit priyono mengatakan...

alhamdulillah masih keliatan kaya anak smu...
ikut bang kalo tujuan mo ke Allaah...tadi ketemu supirnya diwarung facebook katanya ikut aja kendaraan yang ini,makanya sya nanya dulu takut salah bang,hehehe.supirnya tadi katanya lagi ngantor dulu bang

Bang Arbi mengatakan...

iya, karena aey masih keliatan kyk anak SMP juga sih hihi :20:

Selamat bergabung brader....silakan masuk . kepada penumpang yg lain, tolong geser dikit yaa...formasinya 4-6. supaya muat nih angkotnya. hehehe

Annisa Muslima mengatakan...

Tujuan kita bertemu sama ALLAH...
Syurga adalah bonusnya...^__^

eh adalagi bonusnya 70 bidadari cantik buat dek wiwit...^__^

wiwit priyono mengatakan...

alhamdulillah...
makasih ya bang...:)

Annisa Muslima mengatakan...

yang benar saja bang....

saya ini memang imut (item mutlak ) dan mungil
tapi klo formasi 4-6 ,saya kejepit dong...

Bang Arbi mengatakan...

dengan senang hati mas wiwit...semoga ada manfaatnya dengan belajar n sharing ilmu di mari :D kita semua murid koq. sama2 belajar n diskusi. BELAJAR KELOMPOK. Kalau mau komen atau sharing pengalaman jangan sungkan yaa.. ^_^

Bang Arbi mengatakan...

kalau mbak sally, mbak mon2, n neng Nissa kan duduknya di samping supir di depan. wkwkwk...jagain tuh jangan sampe ngantuk. hihi

wiwit priyono mengatakan...

siap neng...atuh jangan dipanggil dedek ...
orang udah ubanan ditambah punya anak satu masa dipanggil dedek, jadi malu ah...
tapi bener saya ini masih nol tentang ilmu agama(islam) karenanya saya ingin belajjar ilmu TAUHID karena harus tau dulu kepada siapa kita ibadah,mungkin begitu kan yah bang & teteh ???

wiwit priyono mengatakan...

penyesalan emang datangnya belakangan yah?
saya ini orang yang mungkin boleh dibilang orang bergelimang dosa,tapi baru kali ini sadar bahwa orang hidup itu hanya untuk beribadah kepada Allah...saya mau nyalahin siapa juga ga tau, orang tua jg agamanya masih sebatas AWAM ,ditambah lingkungan yg negatif,dan faktor dari saya sendiri juga memang dulu sudah terpengaruh dengan lingkungan yang negatif,terbesit dihati 'apakah yang kaya saya ini masih bisa diberi "bonus" surga?'

wiwit priyono mengatakan...

mungkinkah masih dibukakan pintu taubat-Nya? karena sy ini udah ga keitung dosa besarnya apalagi dosa kecil...Astaghfirullah hal azim...

Annisa Muslima mengatakan...

Sama kok dek wiwit,saya juga masih belajar dari NOL

ALLAH tidak pernah meninggalkan kita dalam keterpurukan
hanya kita yang sering lalai dan enggan mendekatkan diri padaNya........

Seama kita masih hidup InsyaAllah masih banyak kesempatan untuk Taubat dan memperbaiki diri

Yuk ah,kita sama2 belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik dan lebih baik lagi....

kita kan sama2 penumpang yang tujuanya sama...?

Lanjut kang supir,bang kondektur.......

Ayoendhie mengatakan...

Makasih bang Haji.... ke-absen jg. :D Tp aku mah kl dlm kelas, masih keitung "murid Baru". Jd... masih suka bengang-bengong kl guru nerangin.

salilla xan mengatakan...

salam alaykum. test test ,,, sobat sarang.

Annisa Muslima mengatakan...

alaikum salam.....

selamat datang kembali mbak sally...^__^

salilla xan mengatakan...

wah,, bang Arby. mon2 tinggal aja ya,,kn stu org jg jdi biar tmpt lebih longgar utk yg lain.

lanjuuuut,,,

Bang Arbi mengatakan...

hahaaa..tegaaaa....kalo kurang satu penumpang artinya kurang setoran dong. ga mau ah. tetep sabar ya nunggu mbak min2...eh mskdnya mbak mon2 :D

*panggilan kepada mbak mon2, diharap segera boarding, berhubung penumpang laen udah pada gerah nih. wkwkwk...

Bang Arbi mengatakan...

Alaikum salam mbak sally...akhirnya...hehehe ^_^

Annisa Muslima mengatakan...

Bang Arbi nu kasep pisah ...^__^

mbak sally = mbak monmon

mau ditunggu sampai kapan...?

Bang Arbi mengatakan...

tuh kan, Neng Nissa udah gerah tuh. hihi.. tenang neng, ngupi dulu mau ya mau ya...hehehe :20: ~O)

enaknya ditunggu sampai kapan yak? pastinya jangan lewat dari 3 jam lah ya. takutnya kena denda balikin uang tiket penumpang angkot. wkwkwwk :17:

Bang Arbi mengatakan...

Mas wiwit, ane pesen gini aja yah :
JANGAN BERPUTUS ASA DARI RAHMAT ALLAH YG MAHA LUAS DAN MELIPUTI KITA SEMUA, BAGI YANG YAKIN.

JANGAN MEN-ZALIMI DIRI SENDIRI dengan pemikiran yang selalu menyalahkan dan memojokkan diri (padahal udah dipojokan sambil ngupi) sehingga jiwa kita menjadi kerdil akhirnya. PERBAIKI SAJA. Masih ada waktu koq. Allah penerima taubat kepada yang sungguh2 mengharap rahmat Allah. kiranya Allah mengampuni.

Semua doa diampuni kecuali SYIRIK. mas wiwit SYIRIK ga? karena itu bongkolnya dosa lho.

sedikit illustrasi :
ada 10 soal hitung2an matematika yang diberikan guru kepada muridnya yg kelas 1 SD. Ceritanya ada empat murid niy ceritanya (koq cuman empat, yg laen pada kemana? kan ceritanyaaa :D wkwkwk). dikasih waktu 15 menit.

murid pertama : mengerjakan soal benar semua tanpa kesalahan.
murid kedua : mengerjakan soal selesai tapi salah dua. dia MENYADARI KESALAHANNYA dan MEMPERBAIKI yg salah dengan BERBUAT BENAR (menuliskan angka yg benarnya) sebelum waktunya habis.
murid ketiga : mengerjakan soal selesai tapi salah empat. dia menyadari tapi tidak mau memperbaiki kesalahannya. dan waktu pun habis. segera dikumpulkan.
murid keempat : mengerjakan soal selesai tapi salah semua. dia tidak menyadari. kumpulkan jawaban sebelum waktunya selesai tanpa INTROSPEKSI jawabannya bener atau salah. pokoke HAJAR BLEH WAE LAH...

15 menit berlalu dan waktu pun habis, selesai ga selesai kumpulkan, kata si Guru. lalu setelah dikoreksi, maka diumumkanlah nilai murid2nya :

murid pertama : 100
murid kedua : 100
murid ketiga : 60
murid keempat : 0,00

nah, dimanakah kita?

"Allah mengajar hamba2nya dengan misal dan contoh, bagi yang mau berpikir" (Quran)

Annisa Muslima mengatakan...

kalau gak bisa jadi murid yang pertama,setidaknya kita bisa menjadi murid yang ke dua........^__^

Sadar akan kesalahan kita,tapi ada keinginan untuk memperbaikinya,hingga waktunya tiba,kesalahan2 itu sudah berubah menjadi kebaikan2 yang menuju 100 atau kesuksesan dunia wa akherat...^__^

wiwit priyono mengatakan...

Alhamdulillah...
lah kok malah jadi curhat sih,jadi malu nih :10:

salilla xan mengatakan...

aamiin ya Rabb

Bang Arbi mengatakan...

hehehe...namanya juga forum diskusi mas wit, kita share pengalaman n pemahaman dimari. mudah2an menginspirasi buat temen2 yg lain, khususnya buat kita. :D

keep semangat mas wit...

Bang Arbi mengatakan...

namanya juga murid baru mbak. awalnya malu2, nanti kalo udah sebulan baru deh keliatan pecicilannya kyk sayah. wkwkwk :p

MUXLIMO mengatakan...

hoho.. mudah2an itu pertanda Ruh Abang sendiri yang langsung belajar dan paham. Makanya jasad Abang langsung diajak Ruh Idhafi untuk langsung praktik. Allahua'lam. :D

MUXLIMO mengatakan...

*sopir: nancep gas makin dalem.
Kita culik aja penumpang satu ini.. kita culik ke tempat perjumpaan dengan Allah biar nanti tau sendiri jalan ke surga ehehehe :-]~~

MUXLIMO mengatakan...

Mbak Sallyyyy......... *tanendh ih.. ma Mbakyu ne :4:

MUXLIMO mengatakan...

Mbak Nissaaaaaa.... tanendh juga :4:

*ama penumpang laki gak ada kangen selain :18: mereka ini yang bikin gerah sih.. :g:

MUXLIMO mengatakan...

Hehehe.. satu kalimat buat Mas Wiwit.. adanya ketertarikan Mas belajar tauhid.. itu sudah jadi tanda jelas bahwa Allah segala dosa yang diperbuat dulu itu Allah arahkan menuju karunia-Nya, bukan pada Murka-Nya. insyaAllah, itulah yang sebenar-benarnya sedang terjadi. http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif

MUXLIMO mengatakan...

<=== murid paling bungsu, paling imut, paling innocent, paling gemesin :4:

MUXLIMO mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbakyu ne..
test..test..test.. marmut 1 pada kijang 3.. apa bisa dikopi? :3:

MUXLIMO mengatakan...

Gak usah ngerasa malu, Mas Wiwit.. bawa santay ajah yah :13:

Bang Arbi mengatakan...

kalau buat Mbak Nissa 70 pohon Bidara aja yah..hihi

Djunaedi Miradz mengatakan...

terima kasih kpd abah siradj kang adam n bang arbi yg telah bersusah payah meluangkan waktunya utk mengajarkan kpd kami semuai lmu KETAUHIDAN tanpa ada ilmu yang dirahasiahkan ,,smua dng gamblang di sajikan, walaupun hanya melalui media maya ….kayknya baru ada pengajian Ketauhidan yg cara Online genee!! jadinya para murid2 ga usah bersusah payah dtng ke Pontianak…( syarat dan ketentuanya Cuma IHKLAS dan Lilahitaallah) kt berterima ksh juga kpd para ilmuan yg mana teknologi ini kita gunakan utk menyebarkan ilmu shg dpt manfaat utk dunia akhirat….semua postingan dari muxlimo sdh sy print shg dpt dibaca berulang2 kalo blomm paham,makanya saya jarang hadir kebanyakan absen …soalnya ilmu tauhid ini hrs betul2 cara memahaminya agar spy jangan tersalahkan (padahal ga ada rumus barang satu juga) nanti kalau dah PAHAM kan pasti SADAR makanya lagi giat2 latian DIAM ..nanti kalo kira2 paham2 dikit baru nanya ..jadi jawabanya biar pas (perkasa alam semesta) ,,makanya sy jarang kash comment jadi sering bolosss……..

Bang Arbi mengatakan...

Terima kasih juga sayah kepada abah undang siradj dan kangmux yang telah membimbing kami melalui media blog, email, dan chat. Bagi saya semua kajian TAUHID ini NYATA. Bukan main2 dan bukan fantasi. saya sudah membuktikan kebenaran ajaran Abah pada diri sendiri, sehingga saya ga perlu bukti2 apapun dari abah utk meyakinkan saya. saya sudah YAKIN abah. Semua ujaran ayah saya banyak yg klop dengan ajaran abah. apaun yg abah gak suka ya ayah saya juga ga suka, walaupun orang umum (termasuk saya)mendewa2kan itu dulunya. Bahkan ada juga lho,. orang yg masih men-dewa2-kan amalan utk sampai. saya mendewakan ALLAH saja lah, utk urusan apapun PAKE TUHAN seperti kata abah. Ga ada lagi amalan2 untuk mencapai sesuatu walaupun itu ayat Quran atau sholawat sekalipun. Kalaupun saya baca qur'an atau bersholawat itu hanya dalam rangka TAAT PERINTAH ALLAH sebagai diperintahkan dalam Qur'an. Bukan untuk ini untuk itu. apalagi buat JIMAT.

Hasbunallaha Wanikmal Wakil. (Cukuplah Allah Bagiku untuk segala urusan, tinggal minta. Makanya kenal dulu...bukannya sok kenal atau "kayaknya kenal")

Salam hormat dan jabat hangat kepada sobat2 sarang semuanya yg insyaAllah dirahmati Allah yg insyaAllah juga istiqomah dalam menegakkan TAUHID di diri kita masing2, semoga bisa menjadi Rahmatan Lilalamin...

Bang Arbi mengatakan...

:8:

Bang Arbi mengatakan...

katanya satu kalimat? itu dua kalimat lho kang.
kabuuurr... :7: hihihi

Bang Arbi mengatakan...

:3: :3: :3:

onedi mengatakan...

silent reading dulu....salam kenal semuanya...

Bang Arbi mengatakan...

salam kenal juga mas onedi, welcome :D

NinjutsUbanD mengatakan...

assalamuallaikum..wr.wb.memang'y bang arbi udah kenal allah?????????????????

Bang Arbi mengatakan...

mas ninjut gimana??????????????????? (sengaja ga jawab salam, krn indikasinya kejawen)

Basoka Roket mengatakan...

Asslmkm...wr.wb. apa ya yg d btuhkan tuhan dr hambanya.......???

Basoka Roket mengatakan...

asslmalkm... kang lw bleh tnya...??? hakkatnya sholat tu bagaimana za.......???????

Basoka Roket mengatakan...

asslmalkm... kang lw bleh tnya...??? hakkatnya sholat tu bagaimana za.......???????

MUXLIMO mengatakan...

alaikumsalam wr wb..
kalau bersifat membutuhkan, berarti bukan Tuhan Mas.

MN Saniman mengatakan...

As'kum...
Sy salut dgn tekat dan keberanian anda dlm menulis blog tsb,tp sy masi kurang yakin apa anda bnr2 faham atau pura2 faham dgn semua itu,tahukah anda itu sangat b'bahaya sekali dan bisa membuat org jd gila karna lagsung menonjol pd titik pertengahan kesempurnaan,mengapa tdk di awali dr pemulaan dulu,spt hadis SIAPA MENGENAL DIRINYA DIA AKAN KENAL ADAM,SIAPA KENAL ADAM DIA AKAN KENAL MUHAMMAD,SIAPA KENAL MUHAMMAD DIA AKAN KENAL ROH,SIAPA KENAL ROH DIA AKAN KENAL ALLAH SWT.

MN Saniman mengatakan...

As'kum...
Sy salut dgn tekat dan keberanian anda dlm menulis blog tsb,tp apa anda tdk merasa takut jika nanti.a membuat sebagian org gila dan larut dlm ke sesatan,mengapa sy katakan gila krn di sbb kan t'lalu memikir kan sesuatu tanpa dsr awal dr pengenalan diri dan lgsg mengarah menuju pd titik pertengahan.
Mengapa sy katakan sesat krn di sbb kan faktor slh menanggapi tentang semua yg anda bahas dlm blog tsb karna tdk terlalu jelas.
Dgn cara b'bicara secara 4 mata saja blm tentu m'bwt mereka faham,apa lg dgn hanya menjelaskan melalui blog yg anda tulis. Naudzu billahi mindzaliq...
Alangkah indah.a klo anda m'jelas kan mereka dr awal,bkn dr pertengehan perkenalan sifat dan zat,mulailah dr awal perkenalan spt hadis berikut ini: SIAPA MENGENAL DIRINYA DIA AKAN MENGENAL ADAM,SIAPA KENAL ADAM DIA AKAN KENAL MUHAMMAD,SIAPA KENAL MUHAMMAD DIA AKAN KENAL ROH,SIAPA KENAL ROH DIA AKAN KENAL ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

MN Saniman mengatakan...

As'kum...
Sy salut dgn tekat dan keberanian anda dlm menulis blog tsb,tp apa anda tdk merasa takut jika nanti.a membuat sebagian org gila dan larut dlm ke sesatan,mengapa sy katakan gila krn di sbb kan t'lalu memikir kan sesuatu tanpa dsr awal dr pengenalan diri dan lgsg mengarah menuju pd titik pertengahan.
Mengapa sy katakan sesat krn di sbb kan faktor slh menanggapi tentang semua yg anda bahas dlm blog tsb karna tdk terlalu jelas.
Dgn cara b'bicara secara 4 mata saja blm tentu m'bwt mereka faham,apa lg dgn hanya menjelaskan melalui blog yg anda tulis. Naudzu billahi mindzaliq...
Alangkah indah.a klo anda m'jelas kan mereka dr awal,bkn dr pertengehan perkenalan sifat dan zat,mulailah dr awal perkenalan spt hadis berikut ini: SIAPA MENGENAL DIRINYA DIA AKAN MENGENAL ADAM,SIAPA KENAL ADAM DIA AKAN KENAL MUHAMMAD,SIAPA KENAL MUHAMMAD DIA AKAN KENAL ROH,SIAPA KENAL ROH DIA AKAN KENAL ALLAH SWT. Wallahu a'lam.

Dendi novianto mengatakan...

Mn saniman, itu hanya sangkamu saja.sy dan banyak lg murid yg lainnya yg blm bertemu langsung dengan kang Mux dan guru Syekh Undang Sirajd sudah banyak yg merasakan kemuliaan dan manfaat dari ilmu tauhid hakiki yg diajarkan disini. tidak sedikit yg mencapai tajalli dan kasyaf, ini bukti dari kebenaran ajaran tauhi hakiki dan bukti beliau Syekh Undang sirajd adalah mursyd yg kamil. jadi sangka sesatmu buruk sangkamu bukakebutaanmu.disini bukan hanya teori tapi prakteknya langsung diajarkan,bukan hanya omdo kayak ulama2 masa kini. kalau kamu memang pencari kebenaran saranku baca baik2 setiap postingan dengan tenang dan dengan paham jgn tersalah paham. syukur2 kalo mau mengamalkan kalau memang perlu bukti. beliau siap mempertanggung jawabkan dunia dan akhirat. sekali lg ini bukan omong doang spt ulama masa kini.

Dwisetyo Widodo mengatakan...

assalamu'alaikum
salam kenal saudara tauhid

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, salam kenal juga, Mas Dwi.. :)

lamy lamasa mengatakan...

Dzat Allah meliputi sekalian alam memenuhi sekalian rongga tiada berbeda zat dengan sifat saiun (satu jua) Allahusomad namanya.QS 41.54 dan kami telah menjadi mani, kulit, daging, urat, tulang. QS 23.14. Dia-lah Yang Zahir dan Yang Batin QS 57.3. maka sesuai dengan hukum fisika Zat tidak bisa diciptakan dan tidak bisa dimusnahkan QS 51.20-21. maka Allah itu nyata senyata-nyatanya, lebih nyata dari pada bulan purnama. jangan mengenal Allah bayangan.

yahya budi mengatakan...

Salam Alaikum,Salam Takzim buat Abah dan salam kenal buat kang Mux serta sobat sarang semua.,

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism