Rasa Wujud | Pengajian Ibu-Ibu ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Rasa Wujud | Pengajian Ibu-Ibu

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.

Dua puluh Sifat Wajib bagi Allah itu 20 Sifat.
Sifat wajib ini tidak ada pada baharu/makhluk. Semuanya Sifat Tuhan.



Wujud

Artinya wajib ADA pada Allah. Yang wajib ADA hanya Allah. Sudah tahu yang wajib ADA itu Allah, kalau masih di dalam hati merasa kita ada: syirik. Karena masih merasa ada diri. Di dalam jangan ada merasa diri lagi. Di dalam [secara batiniyah] merasa hanya Allah saja ADA. Di dalam hati itu Allah saja ADA.

Sewaktu Rasulullah Saw. dan Abu Bakar r.a. sembunyi di Gua Tsur, di luar musuh mengepung. Kemudian di dalam hati [diri] Rasulullah Saw. ada perkataan, "Wa laa takhafu wa laa tahzan. Innallaaha ma Ana."

Siapa yang berkata di dalam itu? Allah. Jadi di dalam diri Rasulullah itu ada Allah. Jadi di dalam diri Rasulullah itu ada Allah. Rasululah esa dengan Allah; tidak bercerai dengan Allah.

ما ظنك يا أبا بكر باثنين الله ثالثهما
"Wahai Abu Bakar, apa dugaanmu yang bakal terjadi pada dua orang di mana yang ketiganya adalah Allah." [Shahih Muslim No.4389]

Pandangan syariat, di luar ada musuh. Pandangan di dalam hati, ADA Allah. Karena rasa kekalnya dengan ADA Allah yang di dalam hati itu, selamatlah keduanya. Karena berhubungan dengan rasa beserta Allah [billahi].



Hubungilah Allah dan Rasul itu karena keduanya ada pada kita. Syariatnya: jasad yang berhubungan dengan Allah. Hakikat-makrifatnya: rasa yang berhubungan dengan Allah dan Rasul.



Kebanyakan orang berdoa tidak ada atau kurang sekali menghubungkan rasa kepada Allah dan Rasul. Kebanyakan justru dihubungkannya ke syariat saja. Mana syariat yang dimaksud? Yaitu pada susah, sedih, kurang, sempit, dan sebagainya.

Begitulah pula dalam shalat. Jasad itu alat syariat, berhubungan kepada Allah. Hati alat makrifat, berhubungan kepada Allah. RAsa itulah Rasul. Rasa di hati itu merasakan Allah saja. Rasa itu Rahasia. Rahasia itu Zat. Zat itulah yang berhubungan dengan Allah.

Contoh:
Taruh gula di atas lidah. Kalau gula sudah meresap di lidah, seluruh diri kita merasakan manis saja yang ada. Kalau rasa yang di hati kekal ke Allah; kalau rasa Allah ini sudah meresap di hati, maka hati kita menjadi plong [lapang]. Rasa Allah saja ADA, itulah hati yang sampai pada Allah [qalbun salim]. Rasa itulah yang sampai pada Allah. Ingat, jangan lupa: Rasa itu Rahasia. Rahasia itu Zat. Zat itulah yang sampai pada Allah [Zatnya Zat | Rabbul izzati].

"Aku jadikan diri kamu dan segala perbuatan kamu." [Q.S. As-Shaaffaat: 96]. Rasakan diri kita dan perbuatan kita dari Allah. Jangan dirasakan perbuatan zahir saja, perbuatan batinnya tetap ke Allah.



Sebelum yang zahir berbuat, yang di dalam perlu mengetahui terlebih dahulu.



Contoh:
Kita melihat ada orang asing datang kepada kita. Di dalam merasa tidak suka dan marah. Itulah setan yang datang.

Kita memandang minuman. Zahir kita memandang minuman, sedangkan batin kita, sadar tidak dengan Nur Muhammad? Kalau tidak sadar, buta batinnya karena terpengaruh oleh makhluk saja. Hendaklah meminta izin dulu [sebelum minum].

Apabila ada mau bicara, itu nafsu. Karena dari keinginan. Keinginan itu nafsu. Segala-galanya sabar dulu. Kalau timbul keinginan ini-itu, sabar dulu. Mau marah pun, sabar dulu. Jangan diikuti. Kalau langsung diikuti, setan masuk.

Ini permainan tajalli. Hendaklah dilatih. Setiap lupa, ingat-ingat lagi. Hanya jangan mengaku. Lupa-ingat itu ibadah. Siapa yang mengingatkan akan Tuhan? Siapa yang melupakan akan Tuhan? Tuhan Mahakuasa.


Manusia banyak dipengaruhi oleh bahasa-bahasa. Orang Arab belum tentu tahu bahasa Arab. Quran itu bahasa Arab yang halusnya [versi halus]. Ada di dalam lubuk hati Nabi Muhammad Rasulullah Saw. yang berbahasa, "Wa laa takhafu wa laa tahzan" yang di dalam diri Rasul itu siapa? Itulah Allah. Inilah perlunya tauhid. Jangan disepelekan tauhid ini. Buah tauhid itu amal. Kalau tidak ada amal, palsu tauhidnya dan palsu pula makrifatnya.

Syaikh Siradj
"Hubungkan Rasa pada Allah dan Rasul"

Rasa Wujud | Pengajian Ibu-Ibu
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-05-26T22:28:00+07:00
Rasa Wujud | Pengajian Ibu-Ibu
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki bagi kalangan khawwas al khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab an-Nazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

69 komentar:

Bayu Perdana mengatakan...

PERTAMAXXXXX.... :3:

SAIYOSAKATO SS mengatakan...

Komendaaannnnn ... hadiiirrr ... ke2aaxxxx ... hahahahaha ...

Arie Al Sumaterani mengatakan...

waah Keduluan lagi nih.. keduax aja deh.. :4:

MUXLIMO mengatakan...

NGAKAAAAAAAAXXXX!! =))

Arie Al Sumaterani mengatakan...

=)) kena salib tu kayaknya kak saiyo jd ketigax :9:

Ahsani Fatih mengatakan...

mayan keempatmaaax...
salam alaikum kang mux, kang ari, kang saiyo dan kang bayu...

Hanny Handoyo mengatakan...

Salam mualaikum :D

Budi Santoso mengatakan...

Salam 'alikum..
Alhamdulillah msh msk 10 besar

duniaku mengatakan...

Alhamdulillah http://lh3.googleusercontent.com/-zkSAn4--PsI/UFV7GC3JqVI/AAAAAAAAFhQ/SaI3vECRNmI/h120/maloo.gif

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Sobat Sarang..
MAKIN NGAKAAAAAAAAXXX! :g:

Bahri Batam mengatakan...

Salam alaikum bang Mux n my brathers, mumpung ada signal nyalamin dulu ahhhh!!!

Alam Warda Ritonga mengatakan...

Assalamualaikum Warahmatullah sobat sarang..
dan juga terimakasih untuk admin sarang ini...he..he..
juga untuk Abah, tolong disampaikan saya kepada beliau ya Kang..

Hadeeew... dari kemaren ngincar Pertamax, gak dapat2..

Reynaldi mengatakan...

ngakak nya jangan kelamaan kang, nanti nggak bisa nutup xixixi

SAIYOSAKATO SS mengatakan...

.. ssiiippp Dindo .. makin mantabbss galo .. .. (senyum nii .. sambil ngopi) .. Komendaaannnnn .. sambil ngudut surya .. di teras rumah nii .. menatap rembulan .. kok bisa yaa .. di langit tak bertiang ... nak gilleee ... Huahahahahhahah ..

SAIYOSAKATO SS mengatakan...

Wswrb ... salkomsel ... heheheheehe ..

Radja Ratoe Alit mengatakan...

assalamuaalaikum kang.mux salam tadzim.buat.abah yo...salam buat sohib semua...

Radja Ratoe Alit mengatakan...

mna putri duyung om dapet tak hahaha

moerad qrad mengatakan...

yang penting mejeng di Page One kang :4:

banyu urip mengatakan...

Salam alaikum...semuah-muahnya...


Semangkin mantep
Semangkin dituntun,dibimbing
Semangkin merasa dirangkul abah


Hiks......................................

Alhamdulillihi rabbil alamin

Djunaedi Miradz mengatakan...

Assalamualaikum hadiiir !!

Alam Warda Ritonga mengatakan...

http://lh3.googleusercontent.com/-zkSAn4--PsI/UFV7GC3JqVI/AAAAAAAAFhQ/SaI3vECRNmI/h120/maloo.gif
http://lh3.googleusercontent.com/-zkSAn4--PsI/UFV7GC3JqVI/AAAAAAAAFhQ/SaI3vECRNmI/h120/maloo.gif
http://lh3.googleusercontent.com/-zkSAn4--PsI/UFV7GC3JqVI/AAAAAAAAFhQ/SaI3vECRNmI/h120/maloo.gif

Mang Asep mengatakan...

*Buah tauhid itu amal. Kalau tidak ada amal,palsu tauhidnya dan palsu pula makrifatnya.*

Terima kasih Abah Siradj dan Kang Mux. Salam alaikum sobat sarang semua. :) :]

bimo seno mengatakan...

Assalamualaikum sobat semua .... makin berat kajiannya..... makin mantabs....

sumbertechnik st mengatakan...

salam alaikum. kangs muxs n my brodher all. disimaks heula kangs.

Anonim mengatakan...

Salam alaikum warrahamatullahi wabarakatuh
semua Keluargaku

Absen meski sering datang paling bontot....

:21: :21: :21: :21:

Anonim mengatakan...

Ibu Ibu yang lain pada kemana ya

yu Sally, teh Ayoe , ci Dira , kak Novi

:10: :10: :10: :10:

Arie Al Sumaterani mengatakan...

Iya ni kemana ibu2 yg lain...
hadir hadir hadir... ayo semangat..
diabsen tu oleh mbak anisa :2:

Arie Al Sumaterani mengatakan...

Iya ni kemana ibu2 yg lain...
hadir hadir hadir... ayo semangat..
diabsen tu oleh mbak anisa :2:

satria kelana mengatakan...

hadir...salamualaikum kang mux dan sobat sarang semua.....

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Bahri.. kapan ke ponti niiyy.. jgn lupa oleh2nya ya.. Ayu Ting Ting aja 3 biji cukup :4: :3:

MUXLIMO mengatakan...

akakakak.. iya ni, bahaya bisa kram mulut :g: lam kenal, Mas Reynaldi :D

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, BangBro.. admin sarang ini siapa yak? :10:

MUXLIMO mengatakan...

ahahah, Wet.. kayak berebut Page Rank di gugel aja :g:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Ratoe :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Banyu.. alhamdulillaaah.. :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Djun.. dicateeuutt!!!

MUXLIMO mengatakan...

sawangsul na, Mang Asep..

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Bimo.. tarik maaas.. :D

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Dulur.. mangga dilajengkeun.. :D

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, u are always welcome here, Mbakyune Ratu Saraaaang.. :21:

MUXLIMO mengatakan...

Iya ya.. pada jarang nungul.. :10:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas.. apakadabra?

Si Arnol mengatakan...

Assalammualaikum buat Abah Undang, Akang Adam, sob2 sarang semuaaah.

"Kita memandang minuman. Zahir kita memandang minuman, sedangkan batin kita, sadar tidak dengan Nur Muhammad? Kalau tidak sadar, buta batinnya karena terpengaruh oleh makhluk saja. Hendaklah meminta izin dulu [sebelum minum]."

Minta izin maksudna teh kumaha kang? basmalah kitu?



Arya Devi mengatakan...

tambahkan fitur dibawah postingan supaya bisa diunduh dan simpan secara PDF mas Mux....yah sekedar saran....

Bahri Batam mengatakan...

Hahaaaiii bang Mux nantilah dicariin dlu ayu ting ting yg msh ting ting br barengan ke ponti http://lh5.googleusercontent.com/-_zoLovtiL6g/UM26wgL9e4I/AAAAAAAAH34/uyAjyowW2bU/s89/inshallah.gif

Arie Al Sumaterani mengatakan...

Basmalah itu syareatnya bang arnold..
pasang hakikatnya sadari segala sesuatu itu dari nur muhammad.. (Syuhudul kasroh fil wahdah) : pandang yg banyak pd yg satu …

yg inilah yg dikatakan memandang sgala sesuatu itu tdk menutup pandangan kita terhadap Allah …

Seperti kata para sufi : tdklah Aku melihat sesuatu kcuali seblumnya aku melihat Allah …

karena memandang nur muhammad pada hakikatnya kita mmandang Allah …

Mas Agus mengatakan...

Absen dulu ah ....

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, udah dijawab dengan dahsyat oleh Bang Arie tuh.. :8:

Mas Agus mengatakan...

Kang Mux...terus terang saya masih bingung, mengenai bagaimana cara kita " MEMANDANG DIRI KITA YANG PUTIH" ....Terimakasih sebelumnya kang mux....

MUXLIMO mengatakan...

udah dijawab di sini :D --> Insan Kamil dan Perjalanan Hakiki

Bayu Perdana mengatakan...

hahaha seneng banget bisa pertamaxx Kang Arie saya ...

Bayu Perdana mengatakan...

waalaikum salam Kang :)

niran azza mengatakan...

dari sekian postingan "..ini yg paling mudah d cerna...empuk.. Ga renyah..ga,alot,, ibu2 x ea :D Terima kasih Abah Siradj dan Kang Mux. Salam alaikum sobat sarang semua..

satria kelana mengatakan...

Alhamdulillah..kadabra baik bang :D
semoga begitu juga buat bang adam dan keluarga...

Edgar Ghifar mengatakan...

Alhamdulillah,,,

enak bner hihi ^^

I love U Abah http://lh3.googleusercontent.com/-zkSAn4--PsI/UFV7GC3JqVI/AAAAAAAAFhQ/SaI3vECRNmI/h120/maloo.gif

wkwkwkk :}}

Bang Arbi mengatakan...

Assalamu alaikum kangmux n sobat sarangs. makin sempurna di dalam mahasuci kita ber-ADA.

Hari Sarwono mengatakan...

http://lh6.googleusercontent.com/-03SePZBireE/ULpkLsg1uKI/AAAAAAAAHkI/8jJOWJf6mTg/s76/salam.gif hadiiiiir ,,absen pagi buta....pengajian ibu ibu emang montok hehehehe

boyflasher mengatakan...

Hadiir .. lambat deui wae iih

Si Arnol mengatakan...

Otreh Brad Arie... hatur nuhun pisan :)

MUXLIMO mengatakan...

ga renyah ga alot.. jadi? empukh? :10: :D

MUXLIMO mengatakan...

caaelaah.. tsipu2 sendiri.. :}}

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Brad.. :8:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas..yang montok-montoks? Manaa??? :1:

MUXLIMO mengatakan...

setel jam weker na nu pas atuh, Lur.. :g:

Dayat Fathur mengatakan...

Sewaktu Rosululloh saw. dan Abu Bakar sembunyi di Gua Tsur, di luar musuh mengepung. Kemudian di dalam hati (diri) Rosululloh saw. ada perkataan, “Walaa takhofu wa laa tahzan. Innalloha ma Ana.”

pertanyaan saya (pemikiran saya sendiri) adalah kenapa Rosululloh saw. dan sahabat Abu Bakar bersembunyi di gua Tsur, apa yang di takutkan oleh Rosulululloh, apakah takut dgn musuh yg mengejarnya atau membunuhnya. kenapa gk dihadapi aja langsung kan sudah billahi...pasti Alloh yg menolong mereka. bagaimana bang mux, bang arbi, bang arie melihat ini..contoh seandainya ada orang yang mau membunuh kita, dan kita adalah orang tauhid, orang tasawuf, apakah harus sembunyi dulu seperti kejadian Rosululloh?

kedua: menurut pemikiran sy sendiri juga sewaktu Rosululloh berperang, apakah Rosululloh ikut di medan peperangan atau sebagai hanya jadi komandan saja (cuma memerintah saja) tidak ikut di medan perang. Tapi kalau seandainya Rosululloh ikut di medan peperangan, apakah Rosululloh membunuh musuh-musuhnya dengan tangan sendiri atau cuma bertahan saja tidak sampai membunuh...kaitan dengan ini seekor nyamuk atau semut saja kalo menggigit sy tidak berani membunuhnya apalagi membunuh manusia..
bagaimana bang mux, bang arbi, bang arie melihat ini...

Unknown mengatakan...

وَلَوْ شَآءَ رَبُّكَ لَءَامَنَ مَن فِى ٱلْأَرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيعًا ۚ أَفَأَنتَ تُكْرِهُ ٱلنَّاسَ حَتَّىٰ يَكُونُوا۟ مُؤْمِنِينَ

Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya? (Yunus 99)

وَٱتَّبِعْ مَا يُوحَىٰٓ إِلَيْكَ وَٱصْبِرْ حَتَّىٰ يَحْكُمَ ٱللَّهُ ۚ وَهُوَ خَيْرُ ٱلْحَٰكِمِينَ

Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu, dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya. (Yunus 109)

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِهِ ٱلرُّسُلُ ۚ أَفَإِي۟ن مَّاتَ أَوْ قُتِلَ ٱنقَلَبْتُمْ عَلَىٰٓ أَعْقَٰبِكُمْ ۚ وَمَن يَنقَلِبْ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ فَلَن يَضُرَّ ٱللَّهَ شَيْـًٔا ۗ وَسَيَجْزِى ٱللَّهُ ٱلشَّٰكِرِينَ

Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (Al Imran 144)

وَكَأَيِّن مِّن نَّبِىٍّ قَٰتَلَ مَعَهُۥ رِبِّيُّونَ كَثِيرٌ فَمَا وَهَنُوا۟ لِمَآ أَصَابَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَمَا ضَعُفُوا۟ وَمَا ٱسْتَكَانُوا۟ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلصَّٰبِرِينَ

Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. (Al Imran 146).

Lihat juga Surah Al Imran ayat 173 sd 179

Unknown mengatakan...

Lari karena Dilarikan, sembunyi karena Disembunyikan, Bicara karena Dibicarakan, bertanya karena Ditanyakan. Tak ada sesuatu yang luput dari Allah SWT.

إِنَّمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۚ وَإِن تُؤْمِنُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ يُؤْتِكُمْ أُجُورَكُمْ وَلَا يَسْـَٔلْكُمْ أَمْوَٰلَكُمْ

Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.
(Surah Muhammad ayat 36).

Semoga membantu.

Unknown mengatakan...

Bisa juga baca surah Al anfal seluruhnya untuk lebih detailnya Bang.

Dayat Fathur mengatakan...

alhamdulillah bang unknown point yg pertama (Lari karena Dilarikan, sembunyi karena Disembunyikan ).

Bisa juga perang karna diperangkan, mati karna dimatikan, hidup karna dihidupkan, jadi Nabi karna di Nabikan, jadi Rosul karna di Rosulkan, jadi Wali karna di Walikan oleh Alloh.
Jadi sombong karna disombongkan, jadi bodoh karna dibodohkan, jadi pintar karna dipintarkan, jadi takut karna ditakutkan, jadi berani karna diberanikan..dari semua itu kita hanya bisa mengatakan "La Hawla wala Quuwa tailla billah"

maaf bang unknown poin kedua atau pemikiran ane yg kedua blm ane dpt penjelsanya...kalo yg pertama sy paham maksdya tapi yg kedua blm dpt ane tangkap..

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism