Cara Berdoa yang Tidak Mengandung Kesyirikan ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Cara Berdoa yang Tidak Mengandung Kesyirikan

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.

Salam alaikum,
Sebelumnya saya sampaikan bahwa saya ini bukan santri pesantren mana pun, apalagi berprofesi sebagai ustad, ulama, apalagi kyai. Jika saya ada niat takabur  soal ilmu di sini, biar Allah takdirkan kelak saya mati tanpa kubur.

Tulisan ini sekadar mengamalkan sunnah menyampaikan. Tidak lebih tidak kurang. [tapi kalau situ punya duit lebih, bagi-bagi dong ke kita-kita xD]

Tips sederhana ini silakan dikolaborasikan dengan panduan doa yang yang Sobat ketahui. Yang disampaikan di sini ada dalam bimbingan seorang guru tauhid. Jadi bukan semata hasil olah pikir dan rasa saya pribadi.

Cukup basa-basinya, kita mulai yah 8D


Berdoa dengan doa-doa Qurani
Jika kita berdoa dengan doa-doa tertentu yang berasal dari Quran, mulut membaca..tapi hati tujukan ke Allah.

Hati dan pikiran jangan mengingat-ingat arti terjemahan bahasa Arabnya [‘kan kita sudah tahu artinya dengan sekali baca, iya kan?! Apalagi kalau Sobat sudah hafal bacaan versi bahasa Arabnya itu). Hati dan pikiran juga jangan ke hajat yang kita maksud. Jangan!!

Logikanya:
Kalau kamu minta sesuatu ke orang, ketika meminta -- kamu pasti mengarahkan pandangan pada orang yang dimintai, bukan pada barang yang ada di tangannya'kan??
Nah, prinsip ini juga berlaku untuk ibadah apapun, salat, ngaji, dll.


Berdoa dengan bahasa sendiri
Allah itu Mahakaya. Silakan minta apa saja yang baik-baik sebanyak-banyaknya, sebagus-bagusnya, sepuas-puasnya, tapi...jaga jangan sampai redaksi kalimat doa itu bersifat memerintah Allah. Dianjurkan dengan sikap merendah diri dan berharap-cemas.

contoh paling parah: xD
"Ya Allah..kok ane gak kaya-kaya sih.. padahal si Jabrik yang dulu tukang ngebon ke ane aja sekarang udah idup enak. Ayolah plis dong Allah. Ayolahh.. pelisss... mudahkan dan limpah-ruahkan rezekiku Ya Allah.."


Cara Menujukan Hati ke Hadirat Allah:
Allah di Quran menegaskan berkali-kali bahwa Diri-Nya itu "laysaka mitslihi syai'un" alias TIDAK SAMA DENGAN SESUATU, maka jangan sekali-kali kita membayang-bayangkan Allah itu seperti tulisan alif-lam-lam-ha, atau seperti lafal [bunyi perkataan] "Allah". Jangan sekali-sekali kita mengira-kira Allah itu berbentuk seperti ini-itu, atau berbentuk cahaya-cahaya. Itu semua salah dan menyalahi makna "laysaka mitslihi syai'un".

Amannya ketika berdoa, kita tujukan hati pada Allah dengan cara hati dan pikiran diam. Pause pikiran dan perasaan: jangan memikirkan apa-apa juga jangan merasa-rasa apa-apa. Kalau terpikir, terbayang, terlintas, terasa apa-apa, itu bukan Tuhan. Kalau terpikir, terbayang, terlintas apa-apa, artinya kita tidak khusyuk dalam berdoa.


Mohon diingat pula:
Di Quran disebutkan setiap doa PASTi dikabulkan Allah. Akan tetapi, SEPERTI APA dan KAPAN pengabulan doa, itu terserah Allah, bukan terserah orang yang berdoa. Jadi, sabar dan selalu ber-positif thinking, wajib disandingkan dengan doa kita ke hadirat Ilahi. Okey?!

Mudah-mudahan kalimat-kalimat saya ini mudah dipahami. Semoga bermanfaat. InsyaAllah. Aamiiin. :)  Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Rangkuman:

Adab
sebelum berdoa:
siapkan diri tulus-ikhlas mengharapkan pengaturan Allah, bukan pengaturan diri.

ketika berdoa:
hanya kepada Allah kita menghadapkan hati [pikiran dan perasaan bukan ke hajat yang kita minta]
jangan ada kesan memerintah Allah [apalagi kalau ditambah efek meronta-ronta atau nangis guling-guling. Lebay tu mah xD]

selesai berdoa:
yakin Allah kabulkan dan jangan tebersit perkataan, "Duh, dikabulkan gak ya? Aku ni masih banyak dosa padahal." [kalau gak yakin bagus jangan pernah berdoa, Brur].


Rukun
rukun fi'li:
pakaian dan tempat bersih, menghadap kiblat lebih utama, mengangkat kedua tangan setinggi dada.

rukun qauli:
mengucapkan doa dengan jelas, fasih, tenang, tersusun rapi.

rukun qalbi:
pikiran dan perasaan diam.

kolaborasi ketiga rukun: 
Badan menghadap, mulut mengucap, hati diam, kekal beserta Allah.
Allahua'lam.



Cara Berdoa yang Tidak Mengandung Kesyirikan
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-01-16T06:52:00+07:00
Cara Berdoa yang Tidak Mengandung Kesyirikan
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: , ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

55 komentar:

Unknown mengatakan...

:86

MUX SPARROW mengatakan...

"86".. kayak sandi aparat kepolisian aja ni, Mas Budi :D

Ayoe mengatakan...

Asyiiiikkk...... bukan pertamax. :P

Unknown mengatakan...

he..he..he...korban brita kang

Anonim mengatakan...

86
Surabaya aman,tentram,sentosa
ganti...

Anonim mengatakan...

Di Quran disebutkan setiap doa PASTi dikabulkan Allah. Akan tetapi, SEPERTI APA dan KAPAN pengabulan doa, itu terserah Allah, bukan terserah orang yang berdoa. Jadi, sabar dan selalu ber-positif thinking, wajib disandingkan dengan doa kita ke hadirat Ilahi. Okey?!

1. ALLAH mengatakan YA; maka kita akan MENDAPATKAN APA YG KITA MINTA.....
2. ALLAH mengatakan TIDAK; maka kita akan mendapatkan yang LEBIH BAIK,
3. ALAH mengatakan TUNGGU; maka kita akan mendapatkan yang TERBAIK sesuai dengan kehendak-NYA.
4. Apabila do'a kita BELUM terkabul didunia ini,InsyaAllah menjadi tabungan kita di AKHIRAT kelak

ALLAH tidak pernah terlambat,
DIA juga tidak tergesa gesa..
DIA selalu tepat waktu....
Ya, selalu tepat waktu...

Kang Oncom mengatakan...

Quote 1:
"Hati dan pikiran jangan mengingat-ingat arti terjemahan bahasa Arabnya [‘kan kita sudah tahu artinya dengan sekali baca, iya kan?! Apalagi kalau Sobat sudah hafal bacaan versi bahasa Arabnya itu). Hati dan pikiran juga jangan ke hajat yang kita maksud. Jangan!!
Nah, prinsip ini juga berlaku untuk ibadah apapun, salat, ngaji, dll"

asa kasepet (serasa tercambuk) kang nyaana oge. soalnya ane pas baca bacaan solat pas "mulut berucap", hati "menghayati" artinya. contoh ketika membaca surat Al-Fatihah , mulut berucap "iyyaakana'buduwa-iyyaakanasta'iin" , hati menghayati "hanya kepada-Mu aku memohon dan hanya kepada-Mu aku meminta pertolongan".

nuhun kang mux. ke dicobian "hati berdiam".


Quote 2:
"contoh paling parah: xD
"Ya Allah..kok ane gak kaya-kaya sih.. padahal si Jabrik yang dulu tukang ngebon ke ane aja sekarang udah idup enak. Ayolah plis dong Allah. Ayolahh.. pelisss... mudahkan dan limpah-ruahkan rezekiku Ya Allah..""

haha asa emut salah satu film indonesia :D


Quote 3:
"Di Quran disebutkan setiap doa PASTi dikabulkan Allah. Akan tetapi, SEPERTI APA dan KAPAN pengabulan doa, itu terserah Allah, bukan terserah orang yang berdoa. Jadi, sabar dan selalu ber-positif thinking, wajib disandingkan dengan doa kita ke hadirat Ilahi. Okey?!"

kang mux tolong lurusin klo pemahaman ane menyimpang, dulu sya pernah berdo'a "sesuatu" kemudian "sesuatu" itu terkabul saat sekarang2 ini dan saya pun ingat ternyata memang saya pernah berdo'a meminta "sesuatu itu dulu. tp dengan dikabulkannya dengan waktu yang ditentukan Allah SWT ternyata banyak hikmah yang diambil. mungkin jika Allah mengabulkannya ketika dulu saya tidak akan mendapat pelajaran.

seperti kita ingin rumah, kita dituntun dulu ke paku, gergaji, bahan baku semen, pasir, ilmu membangun rumah dll. kurang lebih seperti itu pemahaman ane jikalau do'a yang kita minta DITUNDA oleh Allah SWT.


Quote 4:
"yakin Allah kabulkan dan jangan tebersit perkataan, "Duh, dikabulkan gak ya? Aku ni masih banyak dosa padahal." [kalau gak yakin bagus jangan pernah berdoa, Brur]."

mungkin kita merasa yakin do'a itu terkabul, jikalau kita sudah melakukan usaha sebelumnya
seperti kita melakukan sebuah usaha dengan kerja keras kemudian kita berdoa dan ketika berdo'a bahwa usaha yang kita jalankan akan sukses , karena syariat kerjakeras itulah keyakinan doa terkabul itu terwujud tentunya hakikatnya atas izin Allah SWT.

klo kata bang "oma" mah "perjuangan dan do'a" katanya
mohon diluruskan pemahaman ane klo "belok" kang mux :D


Unknown mengatakan...

http://lh6.googleusercontent.com/-SWUW-n_lVgg/UFV7EJFYKsI/AAAAAAAAFhA/p0V4ThCWNOU/s128/jempols.gif

Unknown mengatakan...

ok 86 Batam lancar. marmut 1 menuju kijang 2...

Unknown mengatakan...

lho???? hihihi aya2 wae si mbakyune...

Unknown mengatakan...

Kita ini hanya menjalani Af'al-Nya saja. yang ber-Af'al lah yg tahu kapan2 waktunya belok, lurus, atau ngerem. bukan kita. kita cuma menyaksikan saja dan menyadari bahwa Rahmat Allah meliputi segala sesuatu yang ada.

Unknown mengatakan...

membaca tulisan kangmux ini membuat ane merinding. ini aja nulis sambil merinding. karena teringat ucapan Guru Tauhid di Banjarmasin (Abah Tobelo) waktu pertama kali ane dikenalin ilmu Tauhid.

Waktu itu abah menjelaskan bahwa dalam sholat itu kita tidak menyembah arti ayat2 atau ayat2nya tapi menyembah yg punya makna n ayat2 itu. jadi kalo sholat, saat baca FATIHAH jangan diingat2 lagi arti ayat atau artinya. kan di luar sholat kita juga sudah tahu artinya itu apa2 aja dalam bacaan sholat. jadi saat sholat kita hanya ingat Allah saja lagi. SADAR, sementara tubuh bergerak, mulut komat kamit baca bacaan sholat, tapi hati dan ingatan kita tetap tidak lepas dari Allah-nya. SADAR ini yg mesti dibangunkan, sementara yg otomatis biarin aja otomatis.

Kang Oncom mengatakan...

iya jadi inget pas baca tulisan kang mux dulu..

dalam shalat "mulut berucap, badan bergerak, hati diam sediam diam nya kekal bersama Allah"

seperti kita berkendara sambil ngobrol :D

Unknown mengatakan...

Betul kang oncom http://lh6.googleusercontent.com/-SWUW-n_lVgg/UFV7EJFYKsI/AAAAAAAAFhA/p0V4ThCWNOU/s128/jempols.gif

Unknown mengatakan...

kebumen mendung kelabu,gemuruh guntur bertalu-talu,angin deras keras mendera-dera, hujan turun tidak terkira,istri gelisah krn anak panas selepas di imunisasi,akan tetapi hati terasa adem ayem tentrem lego lilo membaca tulisan kang adam,alhamaulillahi robbil alamin.doakan saya ya tuan guru h.undang siradj,ya kang adam,ya bang arbi ,ya mba anisa,ya mba ayoendie,ya kang xanana,ya datin fatima ya sobat sarang satu tauhid ,mohonkan kepada tuhan agar saya dapat kepahaman akan ilmu tauhid sebenar ilmu tauhid trim

Unknown mengatakan...

Amiin ya robbal alamin http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

Anonim mengatakan...

Salam alaikum kang Banyu urip...........

oh anake rika tes di imunisasi,anu umur pira sih kang
aku bisa ngerti singdirasakna bojone rika,mesti bingung mergo anake rewel lan panas mergo imunisasi......

BTW kita semua disni juga sama sama belajar kok kang banyu
InsyaALLAH kita semua saling dukung
ALLAH sellau berikan kemudahan......(^__^)

Unknown mengatakan...

Wa'alaikum salam,nembe 77dn mba..nikumawon nenggoni meh 8 taun,alhamdulillah dikresakaken momongan.maturnuwun sanget berkah pandonganipun

Antox Hooligan mengatakan...

jangan ada kesan memerintah Allah [apalagi kalau ditambah efek meronta-ronta atau nangis guling-guling. Lebay tu mah xD]

ini apa maksudnya pake guling2 sgala??? lagi berdoa apa main circuss.... =)) =)) =))

MUX SPARROW mengatakan...

:}} Mbak Ayoe

MUX SPARROW mengatakan...

wkwkwkwk kan versi lebay-nya, Mas! =))

MUX SPARROW mengatakan...

Barusan saya doakan, Mas Banyu.. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png moga Allah ijabah ya.. aamiiin aamiiin tsumma aamiiin..

MUX SPARROW mengatakan...

Maksudnya anak Mas Banyu udah mau 8 taun ya? :10: selamat ya, Mas.. moga putranya jadi calon penegak tauhid penerus Bapake :25:

MUX SPARROW mengatakan...

Bukti kalau Abah-Abah kita seperguruan ya, Brad. :8:

MUX SPARROW mengatakan...

ah, sebenernya Kang Oncom sembunyiin satu lagi keknya.. :-?
"seperti kita berkendara sambil ngobrol plus lirak-lirik cewe cantik " 'kan?! ngakoooooo! :11: wkwkwkwkw fitnah :3:

MUX SPARROW mengatakan...

Quote 1: alhamdulillah, Kang.. emang ini kebiasaan ini salah satu kekhilafan para ulama yang {maaf} kurang paham tauhid. Banyak lo yang mendefinikan khusyuk itu dengan "menghayati makna" padahal itu syirik halus (khafi).. di tauhid itu artinya kita menyembah makna.

Quote 2: wkwkwkwk pilem naun tah, Kang?? :}}

Quote 3: BETUL BIN AJEB BANGET, TUH KANG! saya juga dulu pernah doa gini, "YA ALLAH, JERUMUSKANLAH AKU PADA KEBAIKAN.." <== padahal ini doa "kelas memerintah" yah :}} tapi kan Allah Maha Memaklumi waktu itu kita masih buta tauhid. *alibi :D

Quote 4:Betul banget, Kang. Jasad ini wajib disyukuri dengan cara difungsikan. Kalau punya pikiran gak pernah dipake berpikir, itu sama aja dengan sombong.. seolah2 Allah ciptakan sesuatu yang gak berguna.

Poko na mah.. http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif , Lur!

MUX SPARROW mengatakan...

Nah ini yang ane seneng, Mbak.. ga sungkan2 berbagi ilmu di sini untuk memperlengkapi bahasan yang jadi topik terkini..hehehe :8:

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas doanya bang arbi,kang adam dan yang lainnya .bukan 8 tahun kang,umurnya baru 77hari,aq berumah tangga hampir 8 tahun baru dapat momongan gitu kang,makasih banyak ya atas perhatiannya

Unknown mengatakan...

masa 8 tahun diimunisasi kang? yg ada juga di-imut-isasi. wkwkwk

Unknown mengatakan...

Bukan seperguruan kang, tapi orang2 TAUHID satu pemahaman :D karena Abah Tobelo itu dapet ilmu laduni, jd ga pernah belajar ke guru manapun. hihihi

Unknown mengatakan...

tadi ada sobat sarang nanya fenomena yg terjadi padanya saat latihan DIAM. InsyaAllah beliau ini istiqomah dg latihan DIAM nya. karena khawatir dengan fenomena yg beliau alami maka ditanyakan ke ane. ane juga khawatir lalu segera ane kontak kangmux. kangmux juga khawatir lalu lsg kontak abah...

ane tunggu jawaban kangmux setelah nelp abah. lalu kata kangmux pertama begini :
kangmux : WAH.. BISA2 CEPET SAMPAI NI XXXX BRAD!!
ane : gimana ceritanya tu kang?
kangmux : yang dirasakan sama XXXX ini disebut TANSAL
TANSAL= GETARAN KELUARNYA NURANI mau meliputi jasad
itu nanti badan bercahaya2 Brad
ane : mudah2an ga ada ikut campur jin ya kang
kangmux : gada kok
ane : yess.. asli seneng ane nih sekarang (padahal orang lain yg dapet karunia hihi)
kangmux : jadi..tansal itu.. musti diatasi dengan MEMBAGUSKAN ATAU MEMPERTAHANKAN DIAM KITA BRAD
nanti akan kembali diam lagi bagus dan tenang...setelah itu..tinggal tunggu karunia aja :)
ane : Wooow
kangmux : bisa jadi tansal seperti itu karena XXXX lalai, dia malah merasakan diamnya jasad, bukan merasakan diamnya ruh qudus di pusar itu brad.

Ayooo semangat sobat sarang....udah ada yg berhasil tuh, beliau kemungkinan nantinya dibawah pengawasan intensif abah utk selanjutnya. karena sudah hampir TAJALLI itu. Terbukti karunia Allah tidak melihat senioritas...

Keep semangat n istiqomah...Rahmat Allah itu luas...


Kang Oncom mengatakan...

wkwkwk.. jangan buka kartu atuh kang, . :14:

Kang Oncom mengatakan...

Allhamdulillah atuh klo sama persepsinya mah..
baru coba adaptasi dengan "mulut berucap, badan bergerak, dan hati diam sediam sediam diamnya". mudah2an mencapai nikmat iman yg sesungguhnya.

masa gak tau filmnya kang? pura2 gak tau akang ni :-?

Anonim mengatakan...

assalamualaikum
met pagi met beraktipitas

Kang Oncom mengatakan...

wa'alaikumsalam.. selamat beraktivitas juga saudaraku :D

MUX SPARROW mengatakan...

asli gatau Bro.. ane kan orangnya lugu-polos & menggemaskan,, :4:

MUX SPARROW mengatakan...

:3:

MUX SPARROW mengatakan...

tetep aja masuknya kategori "seperguruan", Brad.. :23:

MUX SPARROW mengatakan...

oohh.. heheh jadi :4: deh..

Unknown mengatakan...

hahaha.. iya deh, dari pada dipecut pak supir. :7: hihihi

Anonim mengatakan...

77 dina = 77 hari ( masih bayi merah )
bukan tujuh tahun...(^__^)

tapi nungguinya sampai 8 tahun ( lama juga ) 8 tahun nikah baru dapet momongan.

pasti lagi hangat hangatnya nih keluarga kang Banyu

Unknown mengatakan...

praktek! mugi w t galaw tingkat dewa deui

Kang Oncom mengatakan...

haha itu "kiamat sudah dekat" dulu

MUX SPARROW mengatakan...

oowwhh.. ahahahah ktauan kuper sayah.. :5:

MUX SPARROW mengatakan...

alaikumsalam wr wb, Mas Haji :D

MUX SPARROW mengatakan...

aamiiin.. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png taaarik jabrigg..!! :11:

Unknown mengatakan...

salam kenal

makasih bagi informasinya
tlg follback n komen

www.indogeria.blogspot.com

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbak Rainy
Salam kenal balik Mbak :21:
Barusan follow dan komen di blognya, Mbak.. wah, betah ya tinggal di Algeria.. salam to keluarga Mbak yaa. Bagi-bagi cerita soal Algeria dan kehidupan muslim di sana dong, Mbak.. buat nambah wawasan nih :)


Anonim mengatakan...

Langusng dipraktekin aja nih mas ^^
Waaaah, rame blognya...
Perdana nih kemari, ternyata ada yang saya kenal di kolom komentar.
Tunjuk-----> Mas Kaze Kate :)

Unknown mengatakan...

Selamat datang mbak efri :D yg tuan rumahnya Kang Muxlimo. Ramainya blog ini pertanda ramainya orang yg sudah melek tauhid. InsyaAllah kita juga termasuk ya mbak :D salam kenal ^__^

MUX SPARROW mengatakan...

Alhamdulillah .. moga makin ajeb ya dan makin disayang Allah, Neng Zahra. :) wah temen Kaze toh..
Salam kenal yaa.. menuju TKP blogmu, Neng :D

Putra mengatakan...

3/4 malam paling tenang kalo do'a mas, menurut sayaa :)

Si Arnol mengatakan...

prinsip yg sama ketika membaca bacaan shalat ya?

Unknown mengatakan...

asslkm. bang arbi, sy ingin share tetang diam yg saya lakukan nmn sy juga masih bingung dgn apa yg sy alam. fenomena disaat diam itu, sy merasa tetap ada namun sy seperti tidak lg merasak jasad dan yg ada hanya rasa kosong dan adnya suatu getaran di seluruh tubuh kira2 seperti kedutan atau gelombang arus dan bila terus sy rasakan maka rasanya gelombang yg meyelimuti tubuh seperti seiring dgn detak dan denyut jantung dan nafas. mohon pencerahan dr abang maupun sarang semua. wassalam.

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Rahdo.. tanggapannya udah dibaca 'kan..yang di sini ya, Bang:
[klik] :)

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism