burnzone

AD (728x60)

Isra Mi`raj: Perjalanan Ruh dan Jasad, serta Perbedaan Zat Mutlak dan Zat-Sifat [Zat Asam]

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tampilan terbaik situs ini pada peramban Chrome



Amat terkait:
Prinsip Zat dan Sifat dalam Tauhid.


Ada baharu yang tidak bisa rusak-binasa sampai sekarang. Itulah maharuang [baharunya Tuhan]. Maharuang ini Zat Mutlak; Zat yang tidak ada wujudnya. Di dalam tubuh Zat Mutlak ini ada Nur Muhammad [nyawa] atau disebut juga zat asam [contoh nyatanya ada di bawah hidungmu]. Zat asam ini terbatas adanya.


ISRA MI`RAJ: DENGAN RUH DAN JASAD SEKALIGUS

Dengan izin Tuhan—tatkala sudah dibersihkan [dari pengaruh-pengaruh zat asam]—Nabi Muhammad Saw. tidak lagi bernyawa dengan zat asam, melainkan sudah bertubuhkan Zat Mutlak dan bernyawa dengan Zat Mutlak. Itu sebabnya Nabi Muhammad Saw. ketika naik Mi`raj bisa sampai ke mana saja dan hidup terus karena sudah tidak menggunakan zat asam lagi, tetapi menggunakan Zat Mutlak. Demikian juga sampai kembalinya beliau—pulang dari Mi`raj.

Kekurangan atau kelebihan zat asam: mati.
Kelebihan Zat Mutlak: hayyun sehayyun-hayyunnya.

Apakah benar pendapat para ilmuwan yang menyangka Isra Mi`raj itu dilakukan tidak dengan jasad dan ruh sekaligus?! Hanya orang Islam bodoh yang masih menerima perjalanan Isra Mi`raj itu dilakukan tanpa jasad. Hanya orang Islam bodoh yang masih menerima perjalanan Isra Mi`raj itu memerlukan zat asam.

Kalau orang selalu berpegang pada zat asam dan tidak mengetahui bahwa zat asam itu ada di dalam Zat Mutlak, ia akan bingung. Mungkin para ilmuwan pun baru mendengar ini: tentang tidak perlunya zat asam untuk pergi ke mana saja.

Kalau manusia bisa bertubuhkan Zat Mutlak ini [dalam keadaan benar-benar merasakannya], peluru pun tidak akan tembus! Inilah ilmu jadi Pusaka Madinah. Tidak perlu zikir-zikir atau komat-kamit lagi.


Penyelidikan Islam sudah sampai pada pembicaraan Zat Mutlak. Mana ada ilmuwan-ilmuwan penyelidikannya sudah sampai ke sini. Ilmuwan bangsa-bangsa kroco sudah sampai ke mana penyelidikannya? Baru sampai pada penyelidikan zarah-zarah, tidak ada bedanya dengan penyelidikan ilmiah kulit kacang! [Buktinya, baru menemukan Higgs Boson saja langsung benda itu disebut "Partikel Tuhan"].

Bagi orang tauhid, perlu apa menggali tambang-tambang mencari uranium. Kumpulkan saja empedu-empedu ikan, itulah uranium.

Dengan izin Allah, orang tauhid bisa menggunakan Zat Mutlak itu untuk menghidupkan pancarannya. Karena efeknya bisa merusak alam dan menumbangkan benda-benda langit [apalagi kalau sekadar satelit dan stasiun-stasiun angkasa luar], itu tidak kami lakukan. Ini bukan sekadar cerita omong kosong. Kalau mau, bisa dibuktikan. Inilah pentingnya mengenal.

Inilah bukti Zat Mutlak itu Tubuh Tuhan. Jadi, perkataan hakiki "TUHAN TUBUHKU" itu mengacu ke Tuhan, sedangkan "YAA BUDDUHUN" itu mengacu pada Cahaya-Nya.


— SYAIKH SIRADJ —


Catatan:
Pada gambar infografik di atas, yang mana Allah atau sebenar-benar Tuhan itu?
Jawabnya: Allah atau sebenar-benar Tuhan itu "di luar" itu semua; di wilayah ALLAHUA'LAM; terlebih Maha Meliputi; terlebih Laysa kamitslihi syai`un. Allahu Akbar!
Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki bagi kalangan khawwas al khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab an-Nazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

63 komentar:

Kang XaNaNa mengatakan...

Pertamax diamankan...!!! :D

MUXLIMO mengatakan...

~O) <-- hadiah pertamax of the day :8: Selamat diseruput, Kang X! :3:

bimo seno mengatakan...

Assalamualaikum semuanya...

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Bimo..
BRB azan magrib di mari, Mas.. :7:

Kang XaNaNa mengatakan...

Assalamu'alaikum Kang Mux....

Saurna kedah "ngajadikeun atanapi nimbulkeun" Ruh Quds teras kedah dipulangkeun ka Anu GaduhNa.... :21:

Kumaha tah ??? :21:

Saiyo Sakato mengatakan...

Bagus euy ... tampilannya ... baca dulu ach ...

bimo seno mengatakan...

Disini masih jam 3 sore mas adam gmn kabrnya maaf waktu itu nelp nya kemalaman...

bimo seno mengatakan...

Makin diselami ternyata makin dalam sekali Tauhid itu.......terutama tauihid INI.

Saiyo Sakato mengatakan...

Bagus euy ... tampilannya ... baca dulu ach ...

Budi Santoso mengatakan...

Salam 'alaikum...
Absen dulu,baru baca.

arie Karakter mengatakan...

Waduuuh hampir terlambat... hehe.. baca dulu ah...

Bayu Perdana mengatakan...

Absen :D

arie Karakter mengatakan...

Pada gambar infografik di atas , yang mana Allah
atau sebenar -benar Tuhan itu?
Jawabnya: Allah atau sebenar-benar Tuhan itu
"di luar" itu semua ; terlebih Maha Meliputi ;
terlebih Laysa kamitslihi syai `un . Allahu Akbar!

Subhannallah … benarlah firmanNya dalam hadist Qudsy :

KELUARLAH DARI BATAS DUNIA
MAKA ENGKAU AKAN SAMPAI KE AKHIRAT …
LALU KELUARLAH DARI BATAS AKHIRAT MAKA ENGKAU AKAN SAMPAI KEPADAKU …

niran azza mengatakan...

salam alaikum ... Waduh telat ne,,..

ifan sofyana mengatakan...

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh .Subhanallah...sungguh tercerahkan....sudah semakin dalam nih...

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh,
oh, soal eta .. kin urang bahas di "ditu" okeh.. :D *KK alert :3:

MUXLIMO mengatakan...

Sip, BangBos! :D

MUXLIMO mengatakan...

gapapa, Mas.. waktu itu saya emang tidur awal karena so tired :15:

MUXLIMO mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh :)

MUXLIMO mengatakan...

:8: Brad Arie.. akhirnya dalil itu ane tambahin ke gambar "baru" di atas :D

MUXLIMO mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh,

MUXLIMO mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Lur.. alhamdulillah semoga bermanfaat ya.. aamiin http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

Djunaedi Miradz mengatakan...

asalamualaikum ,,,Abah Siradj n Kang Mux n sobat sarang semua!!
ga apa2 kok telat dikit yg penting selalu ikut hadir di mari..

Syamsul Alam mengatakan...

Salam Alaikum Semua Sobat Tauhid...
Semoga Allah Melapangkan Dada kita untuk menerima Ilmunya...dan memberikan pemahaman yg baik...Aminnn

salilla xan mengatakan...

absen pagi.....

moerad qrad mengatakan...

wah kalau di OS windows, biarpun pake chrome, tetep dak nongol komeng2
absenn pagi....
alhamdulillah sudah semakin tercerahkan.........

Kang Oncom mengatakan...

way yang bener kang? coba refresh. klo di refresh masih gitu juga. coba update chrome nya ama versi terbaru. klo gak bisa juga telp providernya supaya ditambahin bandwidht nya. tentunya dengan merogoh kocek 'duduy' hehe.. klo masih gak bisa juga shutdown deh tu pc hehe... (becanda kang ) :D

Kang Oncom mengatakan...

Assalamu'alaikum.
absen dulu kang :)

Alahmdulillah telah mengerti sudah insya Allah.

Lazuardi El Rumi mengatakan...

Assalamuallaikum aduhh maaf telat nie sodara2ku..semoga selalu dalam kesadaran yg sejati..salam buah kang mux semoga selalu sehat bisa terus berbagi ilmu..seguitu juga abah sekeluarga sehat selalu bisa membinging kita trus..Amiin...salam sahabat sarang semuanya..

Alwi Dahong mengatakan...

http://lh6.googleusercontent.com/-03SePZBireE/ULpkLsg1uKI/AAAAAAAAHkI/8jJOWJf6mTg/s76/salam.gif
Sobat sarang semoga kita sellalu dalam limpahan rahmat-NYA
meski telat keep menyimax :D

Alam Warda Ritonga mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Alam Warda Ritonga mengatakan...

http://lh3.googleusercontent.com/-dmyj-clDShw/ULpj-VSXknI/AAAAAAAAHgM/3JwWW5vaGwg/s100/GodGreatest.gif

arie Karakter mengatakan...

Siip lbh mantap itu kang … hehe

Pical mengatakan...

terus terang sehari tak buka blog bang muxlimo and menlihat komen2 kayaknya gak enak x seperti ada yang kurang walaupun kadang binun, kadangkadang kayak enggan ( enggan pasti tu setan ketakutan terbirit-birit ) kadang rada-rada faham keyakinan tuhan laitsya kamislihi tak boleh di patah-patahkan lagi, yang pastinya Terang terus dengan izin allah melalui jalan dari abah H. Undang Siradj dan bang muxlimo and teman2.

Pical mengatakan...

-0)

muhammad bachrain mengatakan...

assalaamu alaikum.. jadii, bila masih ada orang yang bicaranya masih "dapat menjelaskan seperti apa Alloohu swt itu", berarti dia belum benar makrifat ya ?..

Dede Muhtar Rosadi mengatakan...

Salam Alaikum..
baca Dan..
NUhun :)

Dede Muhtar Rosadi mengatakan...

Salam Alaikum,, Absen siang.
Bagi orang tauhid, perlu apa menggali tambang-tambang mencari uranium. Kumpulkan saja empedu-empedu, itulah uranium. <= Baru tau Kang Mux..
ta pelajari dulu kang.. Semoga di Beri ke Pahaman .. Aamiin

hajirin mengatakan...

assalamualaikum....
lama tak mampir
salam buat sobat semua....

nanya dikit nih buat kang mux
doa akasyah itu apa,yang habis baca yasin ama alkahfi
makasih

banyu urip mengatakan...

wa alaikumussalam,bang .doa akasah biasanya ada di kitab saku majmu syarif,bang..tanya mbah gugel juga ada...doanya lumayan panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang sampai kelu lidahnya...selamat mengamalkan,bang

hajirin mengatakan...

1y+4k=pegel
gimana lagi ditambah akasah....waduh....
tapi tetep dicoba,thanks.....

note=
1y=1 kali yasin
4k=4kali alkahfi

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Syam.. aamiiin http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, alhamdulillah, Lur.. *tah kitu ateuuh :3:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, aamiiin.. hatur nuhun pidu`ana, Kang Jimmy-Rumi :D

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, aamiiin, thx Wet.. :8:

MUXLIMO mengatakan...

http://lh3.googleusercontent.com/-dmyj-clDShw/ULpj-VSXknI/AAAAAAAAHgM/3JwWW5vaGwg/s100/GodGreatest.gif

MUXLIMO mengatakan...

alhamdulillah, Bang Pical. Moga kebenaran dan manfaatannya terbukti nyata cepat atau lambat ya. aamiiin. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, bener, Mas.. :c: bahkan orang itu bisa disebut sesat karena menyalahi prinsip laysa kamitslihi sya`un. :24:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, sawangsul na, Lur.. aamiiin :)

MUXLIMO mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, itu udah dijelaskan sama Mas Banyu :D

MUXLIMO mengatakan...

:8:

antox hooligan mengatakan...

lama tak komeng di blog...
cm mau nanggapin Abangku yg Jago puisi ini ternyata ngincer pertamax juga deh, bosen pake premium ya Kang Xanana???http://lh4.googleusercontent.com/-dWjINDFQ-TM/UFV7H6jjDrI/AAAAAAAAFh0/ssPyjh3EsRI/h120/muahaha.gif

Devi hendra mengatakan...

Assamuakaikum bang muxlimo dan sahabat sarang. Bang saya ada sedikit pengalaman saat tapakur. Saat saya wirid waktu itu saya benar. sadar yang menyebut namanya iyalah. Allah semat. a tak lama setelah itu tubuh sy bergetar hebat ibarat tubuh sy tidak mampu lagi menampung itu semua dan saya pun berjalan keluar. Pertama saat saya naik ketemu dengan guru sy yang almarhum dan dia tertawa pada saya. Habis itu saya naik lagi ketumu alam para wali. Tapi saya tidak bicara apa apa. Habis itu sy naik lagi melihat syeh abdul qodir. Tapi saya cuman senyum. Dan saya waktu itu tidak mencari tuhan lagi. Karna sy sadar sy bersama tuhan. Dan dia yang menjalan kan sy. Habis itu sy naik lagi saya melihat kosong semua tapi ada satu saya lihat sebuah permata putih bersih ter apung apung di situ lalu sy makan dengan mulut dengan menyucap basmalah habis itu sy naik lagi ketemu alam cahaya warna kuning emas lalu saya masuk kedalam nya habis itu sy kembali sadar diri. Nah saya masuk alam tuhan atau tidak sy tidak tahu. Sampai skrg sy masih bingung apa yang terjadi pada saya. Mungkin bang muxlimo dan abah juga sobat sebrang bisa kasih tau apa yng sy alami makasih

MUXLIMO mengatakan...

:}}

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Devi...
wah.. saya kurang paham dengan cara tafakur campur wirid yang Mas sebutkan di atas. Hanya perlu hati-hati, Mas.. dalam melakukan praktik tafakur.. jangan sampai ada barang masuk ke jasad. <-- ini bisa jadi bala` buat diri.

Sebenarnya, dalam praktik tafakur itu wajib dipegang bahwa segala yang terpandang, terlintas, tercium, teraba, dll.. smua itu bukan Tuhan, Mas. Sebab Allah itu laysa kamitslihi syaiun. :20:


bandi vfx mengatakan...

Salam Alaikum kang Mux, Bismillahirrahmanirrahim, semoga rahmat selalu tercurahkan kepada Abah KH. Undang Siradj, kang mux dan sobat tauhid semua oleh Allah SWT, saya ini sebenarnya pembaca setianya blog kang mux lho dari beberapa bulan yg lalu :D #Alhamdulillah, pelan2 dari mulai pertama ketemu ini blog tiap kali baca postingan demi postingan, bingung sebingung-bingungnya, tapi kepikiran(berfikir)+praktek tafakur pastinya terus ampe kebawa tidur, dan terus berulang dari hari ke hari, dan sekarang saat saya tafakur sehabis sholat kira2 5 menit atas saran bang arbi saya merasa di pusar saya mulai dingin kyk dibalsem tapi tingkat rendah gitu, trus nanti menjalar ke seluruh tubuh nya bukan nya dingin lagi, tpi sejuk, sehingga saya merasa nyaman dan terus tiba-tiba kepala saya kayak pngen gangguk-gangguk gitu, tapi dalam kadar kecil gitu, trus saya cuekin lagi, dan terus dah ni kepala kyk didorong depanbelakang kiri kanan tapi dlm kadar kecil,jdi klo dilihat emang gak gerak karena kadar nya kecil, saya pngen pencerahan dari kang mux, kang arbi, kang kaze, kang arie karakter itu kenapa ya, oiya pngen info lagi, Zikir Muhammad Tubuhku Nur Nyawaku good working/manjur/tok cer ke saudara saya yang selalu mendewa-dewakan setan ditubuhnya kang, dan PR lagi sampai sekarang gimana ya supaya istri saya pngen belajar tauhid ini, dia slalu ngeles klo saya curhat tauhid,tpi saya pke seribu cara sih sbnrnya, salah satunya saya kasih password ni laptop passwordnya Muhammad Tubuhku Nur Nyawaku ini , hehehe, panjang ya, sbnrnya masih bnyk lagi yg pngen saya curhat, tapi mungkin cukup segini dulu dah, kan Setiap ingin adalah nafsu, Wasalam

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Bandi..
MasyaAllah.. Subhanallah.. alhamdulillah.. Mas Bandi rupanya ada keterpanggilan untuk melakunan praktik hakiki ini meskipun masih banyak yang "membingungkan", ya. <-- sama persis dengan waktu saya pertama duduk di pengajian ini.. hehehe :D

InsyaAllah.. meski jasad masih bingung, tapi ruh kita belajar dan mengenal lebih dulu, Mas.

Betul, Mas.. segala efek yang terjadi atas jasad.. langsung atasi selalu dengan cara "membaguskan lagi diamnya". :8: Rupanya sudah sempat diskusi dengan Bang Arbi ya.. guuuud.. :D

alhamdulillah.. lagi-lagi terbukti kebenaran kalimah hakiki itu untuk membasmi para setan ya.. :19:

Mengenai upaya mengajak anggota keluarga untuk ikut mendalami tauhid memang tidak selalu lancar, Mas.. tapi insyaAllah cepat atau lambat istri atau keluarga Mas yang lain akan menyaksikan sendiri bukti-bukti kebenaran ilmu dan amal tauhid ini. Aaamiin.

Selamat bergabung dalam barisan tauhidi umat Muhammad akhir zaman, Mas Bandi. Salam persaudaraan selalu. http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif

bandi vfx mengatakan...

sebenernya belom sempet sih kang diskusi sama kang arbi, cuma selalu ngintip2 komentar2 tiap harinya, jdi nya tau, hehehe, iya sbnrnya istri saya juga penasarn kok kang ttg tauhid ini, buktinya klo saya lagi gak ada dia intip2 juga blog nya akang, + lagi dya klo saya ngomongin ttg budduhun dya nya psti ketawa2, katanya saya nnti bisa gila lah, sesat katanya, eh trnyata Allah membuktikan nya lewat mimpinya mas, katanya dya mimpi kyk diserang segerombolan entah setan atau apalah katanya, trus dya bacain tuh yg ada budduhun2 itu katanya, mungkin yg Tuhan Tubuhku Mahasuci Nyawaku ya Budduhun kali ya, soalnya tiap hari saya gempor2 terus sama zikir2 tauhid2 ini, alhamdulillah katanya itu gerombolan langsung nunduk katanya, kyk kalem gitu, mungkin takut liat cahaya budduhun itu ya mas ya, & Alhamdulillah lagi semakin saya paham artikel2 Tauhid ini, saya kyk dibimbing mas, misalnya kmren sempet penasaran sama cerita Syeh siti jenar, eh ketika buka blog langsung dpt jawabannya, dan lagi ketika saya penasaran sama Nabi Khidir, eh dpt lagi diblog nya mas secara nggak sengaja, pkoknya kyk dibimbing begitulah, Subhanallah beruntung sekali saya bisa mendapatkan ilmu pusaka madinah ini, Alhamdulillah, salam persaudaraan selalu kang dari tauhidi Bangka Belitung :19:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Bandi..
MasyaAllah.. rupanya belum chating sama Bang Arbi toh.. kirain.. :D

Hehehe, iya, Mas.. kalau pertama kali berkenalan dengan paham hakiki ini, orang "selewat" akan mudah mengata "sesat" atau "gila". Tapi insyaAllah.. dengan istiqamah mendalami untuk memahami, insyaAllah selalu ada jalan menuju terang. :D

Hohoho.. tak menyangka, rupanya ruhani istri Mas rupanya ikut "makan" meskipun sang jasad masih malu-malu ya.. :4: hehehe. Niat tulus Mas ini sebenarnya terlebih daripada sekadar cinta pada istri Mas lho.. :8: insyaAllah begitu.

Oya, untuk istri Mas agar mudah memahami pola pikir tauhidi, saya sarankan diberi bacaan ini dulu: :20:
1. Awwaluddin Syariatullah di antara Kita.
2. Jika Anak Bertanya tentang Tuhan.
3. Dasar Pemahaman Zat dan Sifat dalam Tauhid Islam.

Mengenai serba "kebetulan" itu.. subhanallah.. saya sendiri dengarnya, Mas! Well, semoga kita semua Allah limpahkan karunia tanpa batas agar bisa mengamalkan dan meraih akmalul yaqin ya, Mas. Iman yang paripurna. Aaamiiin. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif

rahmat nhidayat mengatakan...

mas mux, itu tadi ada tentang bertubuhkan zat muklak , bagaimana cara mendapatkan zat muklak ? orang tua saya bertanya mas sebnarnya semua pertanyaan saya itu dari bapak saya mas , kata orang tua saya ini pertanyaan pamungkas :9:
mhon di jawab nya mendapatkan zat mutlak , kata bapa saya dia udah bisa begitu , tapi dia gak tau apa sebenarnya bertubuh zat mutlak dan asal nya , jadi pertanyaan pamungkas bapak saya "bagaimana caranya bertubuhkan zat mutlak?" :)

rahmat nhidayat mengatakan...

mohon di jawab ya mas :D takut ngecewain ortu nih ahaha

rahmat nhidayat mengatakan...

mas saya salah denger ortu ngomong hahaha , dia gak bilang dia bisa , dia bilang dari mana asal usul nya dan bagaimana mendapat tubuh zat mutlak itu ?

MUXLIMO mengatakan...

Asal usul Zat Mutlak tentu dari Allah. Cara mendapatkannya tiada lain hanya dengan karunia Allah murni, Bro. :]

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism