Islam: Agama Tauhid dengan Hukum Aqli 2 | Pengajian Ibu-Ibu ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Islam: Agama Tauhid dengan Hukum Aqli 2 | Pengajian Ibu-Ibu

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.
Sambungan dari: Islam: Agama Tauhid dengan Hukum Aqli

Anda yang baru pertama kali baca blog ini, dianjurkan baca dulu tulisan tentang Perbedaan Tuhan dan Allah dan Zat dan Sifat.

Kalau kita sudah paham tentang hukum akal ini, jangan salah paham. Karena yang benar itu: tidak boleh salah paham. Begitu juga tentang perkataan-perkataan Tuhan atau firman-firman, jangan sampai salah paham. Tuhan tahu manusia-manusia yang dalam keraguan mengenai perjumpaan dengan-Nya. Dari mana kita tahu hal ini? Dari perkataan Tuhan juga.


[أَلَا إِنَّهُمْ فِي مِرْيَةٍ مِّن لِّقَاءِ رَبِّهِمْ ۗ[٤١:٥٤

Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka adalah dalam keraguan tentang pertemuan dengan Tuhan mereka. [Q.S. al-Fushilat:54]

Perkataan Tuhan ini musti dipahami. Sebab apa manusia dalam keraguan bertemu Tuhan? Karena belum mendapatkan penjelasan oleh Tuhan tentang Tuhan itu sendiri. Maka dijelaskan oleh Tuhan tentang Diri-Nya, di ayat yang sama selanjutnya.


[أَلَا إِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ مُّحِيطٌ [٤١:٥٤
Ingatlah bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu. [Q.S. al-Fushilat:54]

Keraguan kamu itu karena kamu tidak paham perkataan Tuhan yang menjelaskan bahwa sesunggunya Tuhan Maha Meliputi segala sesuatu atau Maha Meliputi sekalian alam. Alam apa saja: alam dunia, alam jin, alam malaikat, alam para nabi, alam akhirat, semuanya.

Dijelaskan lagi tentang Tuhan Meliputi segala sesuatu itu pada ayat berikut.

[وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِّلْمُوقِنِينَ [٥١:٢٠
Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. [Q.S. Adz-Dzariyaat:20]

Di dunia ini ada tanda-tanda Wujud Tuhan bagi orang-orang yang yakin. Yakin karena paham yang dikatakan wujud Tuhan itu adalah Zat Tuhan atau Diri Tuhan.

Dalam hadis yang terdapad dalam Kitab Pembuka Rahasia Allah karya Dr. Syaikh H. Jalalluddin disebutkan hadis qudsy:

Awwalu maa khlaqallaahu min nuurihi Nabiyyika
Yang pertama dijadikan Allah adalah cahaya Nabimu

Berarti sebelum Nabi, Cahaya dulu yang dijadikan Tuhan [sebelum Nur Muhammad, Nur Ilahi dulu dijadikan Tuhan]. Cahaya Diri Tuhan itulah yang dikatakan oleh ahli tasawwuf sebagai Nur Ilahi atau Cahaya Tuhan. Maksudnya, Tuhan meng-ada-Kan Cahaya Diri-Nya lalu dari Cahaya Diri-Nya inilah kemudian dijadikan Nur Muhammad.

Cahaya Diri Tuhan ini Mahasuci. Maka setiap manusia yang terlahir dikatakan "fitrah", artinya suci. Waktu Muhammad dilahirkan, diri bayi itu zahirnya suci, batinnya pun suci karena dijadikan dari yang Mahasuci. Yang Mahasuci itulah Nur Ilahi.


Siapa mengenal dengan yang disebut Mahasuci ini, mahaesa-lah dia dengan Tuhan.


Supaya kita tidak salah paham, hendaklah diketahui apa itu Mahasuci? Mahasuci itu Cahaya Diri Tuhan [Nur Ilahi]

Nur Ilahi -- dijadikan-Nya --> [Nur] Muhammad. Muhammad Saw. itu manusia biasa seperti kita juga [yang berjasad kasar]. Walaupun Muhammad Saw. dan diri kita semua ini berjasad kasar, tetap asalnya dari Mahasuci. Diri kita begini, Allah tetap Mahasuci.

Mahasuci itulah Rahasia Allah. Untuk mudah paham dalam pengenalan, kita sebut Mahasuci itu sebagai "Kosong". Kosong itulah Tubuh Mahasuci, Tubuhnya Allah Ta`ala. Jangan ragu lagi karena ini didapatkan dari penyelidikan dalam Quran. Mahasuci itu Nur Muhammad; di dalam Mahasuci itu Nur Ilahi. Nur Ilahi itulah disebut juga Zat Mutlak.

Jadi, Kosong ini Mahasuci alias Nur Muhammad. Nur Muhammad ini Sifat. Adapun Nur Ilahi itu Zat Mutlak [Zat semata-mata; tanpa Sifat]. Maka dikatakanlah Tuhan itu terlindung oleh Zat dan Sifat. Maksudnya terlindung oleh Nur Ilahi [Zat Mutlak] dan Nur Muhammad [Sifat].

Kosong yang kita lihat ini adalah Mahasucinya Allah. Di balik Mahasuci ini kita sadari: Yang Terlebih Mahasuci saja ADA. Begitulah waktu kita berdiri shalat, kita sadari bahwa yang ADA di Maharuang itu Tuhan. Kita sadari bahwa Tuhan itu ADA di Maharuang atau di "Kosongnya Kosong."

Kosong atau Mahasuci [Sifat] yang kita lihat ini adalah Nur Muhammad, sedangkan Maharuang bukan Nur Muhammad, melainkan Nur Ilahi [Zat Mutlak]. Nah, dibalik Maharuang atau dibalik Zat Mutlak itu kita sadari: ADA TUHAN.

Tuhan itu Rabbul izzati [Tuhannya sekalian Zat]. Tuhan itu bukan Zat Mutlak, melainkan Zat-nya Zat. Kalau sudah paham ini, langsunglah takbir dan shalatlah sampai selesai salam. [bersambung]

Rangkuman:
Cahaya Nabi = Nur Muhammad = Sifat = [Kosong] Mahasuci.
Cahaya Diri Tuhan = Nur Ilahi [yang oleh Tuhan dinamai "Allah"] = Zat Mutlak = Rahasia Allah = [Kosongnya Kosong] Maharuang.
Cahaya Nabi dijadikan dari Cahaya Diri Tuhan.


God encompass all things
Islam: Agama Tauhid dengan Hukum Aqli 2 | Pengajian Ibu-Ibu
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-04-07T00:48:00+07:00
Islam: Agama Tauhid dengan Hukum Aqli 2 | Pengajian Ibu-Ibu
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

50 komentar:

Unknown mengatakan...

:1: :D :D

Unknown mengatakan...

bang mux apakah sama ilmu tauhid dengan ilmu tasawuf.........

Anonim mengatakan...

Agak sulit memehami kata kata nya .kira gini kali di balik diri kita nur muhamad dan bibalik nur muhamad itu tuhan.berdiri Tubuh nyawa ruh. Sarua keneeh bang pengajianya

Anonim mengatakan...

Ohyac bang saya ada teka teki nich. Sebelum ruh itu berpisah dgn tuhan apakan namanya? Klau ruh dlm pErjalanan apa namanya?klau ruh ditiup kan kedalam diri adam apaa namanya? Dan kalau sudah di dlm diri apa kerjanya. yang dapat jawaban nya bonus bonus. Untuk nya sendiri

Unknown mengatakan...

Salam alaikum kang mux dan sobat sarang semuanya … Salam takzhim buat Abah berserta keluarga besarnya semoga tetap dalam limpahan RahmatNya … Amin ya Robbal alamin …

Unknown mengatakan...

:4:

test mengatakan...

~O) ,,,,
http://lh6.googleusercontent.com/-03SePZBireE/ULpkLsg1uKI/AAAAAAAAHkI/8jJOWJf6mTg/s76/salam.gif

Unknown mengatakan...

salam alaikum semua.
pengajian ibu2 ,,,,,dr awal. alhamdulillah ya Rabb.

trm ksh Abah , kang Mux dan smua sobat di sarang maut yg byk membantu saya. :8:

Unknown mengatakan...

ini mas Arie knp ya....:3: ....mggu pgi nh

Unknown mengatakan...

Bang Devi, yang saya alami semakin bingung semakin asyik yang ujungnya ada pencerahan sehingga mengerti penempatan kata-kata tersebut. :-? :-? :-? :19: :20: :21:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum ..

Hadir biarpun buat Ibu ibu pengajiannya hehe

Unknown mengatakan...

Salam Alaikum Sobat Sarang...
pengajian ibu2..., tapi kajian nya mendalam...

terutama kajian ini:
Kosong atau Mahasuci [Sifat] yang kita lihat ini adalah Nur Muhammad, sedangkan Maharuang bukan Nur Muhammad, melainkan Nur Ilahi [Zat Mutlak]. Nah, dibalik Maharuang atau dibalik Zat Mutlak itu kita sadari: ADA TUHAN.

terima kasih bang Mux dan Abah Syaikh Siradj atas kajian nya...


Anonim mengatakan...

Salam bang asep buat saya yang sulit justru menjaganya karna klau org yang sudah tahu tidak mejalankan makin berat tuh tanggung jwb nya sama tuhan. karna di mana kita menhadap disitu allah. Salam

Unknown mengatakan...

Wa alaikum salam, Betul bang Devi, istiqomah adalah hal yang sulit dan lebih sulit dari pada memulainya, apa yang saya rasakan istiqomah itu tergantung dari kemampuan kita sendiri dalam menjalankannya. Apa yang dirasakan bang Devi sayapun merasakannya demikian apalagi saya yang masih bau kencur dalam ilmu tauhid ini. saya juga masih belajar iklas apa yang Alloh berikan.
Bang Devi, semenjak menemukan blog ini banyak pertanyaan dan kegundahan saya selama ini terjawab, jawaban-jawaban tersebut saya temukan baik yang disampaikan oleh Abah Siradj maupun oleh komen dari sobat sarang (maaf Bang devi jadi testimoni).
Terima kasih bang Devi atas wejangan dan sharingnya dan menjadi bahan renungan buat saya.

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum

Ane mau nanya Bang Mux, tentang Al-Qur'an surah Al-A'raf ayat 172 tentang perjanjian Allah dengan kita sebelum di lahirkan ke dunia.

Dan ingatlah wahai (Muhammad) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari zuriat anak-anak Adam (turun temurun) dari (tulang) belakang mereka dan Dia jadikan mereka saksi terhadap diri mereka sendiri, (sambil Dia bertanya dengan firmanNya): bukankah aku Tuhan kamu? Mereka semua menjawab: benar (Engkaulah Tuhan kami) kami menjadi saksi. Yang demikian supaya kamu tidak berkata pada hari kiamat kelak: sesungguhnya kami adalah lalai (tidak di beri peringatan) tentang hakikat Tauhid ini.

Pada saat itu siapa yg bersaksi dan siapa yang menyaksikan? Soalnya ini jadi pertanyaan di benak saya Bang Mux. Mohon pencerahannya :)

MUX SPARROW mengatakan...

:4: :}}

MUX SPARROW mengatakan...

http://lh5.googleusercontent.com/-NyfcNUQUYYA/ULpkRODStNI/AAAAAAAAHmA/pS9ZZXWpcWU/s74/wsalam.gif Mas Hari.. :)

MUX SPARROW mengatakan...

Tidak sama, Mas Dayat.. Kedudukan ilmu tauhid itu sebagai fondasi dasar keimanan dalam keislaman. Jadi, segala bentuk pelaksanaan hukum dan akhlak [tasawwuf] dalam Islam itu wajib berlandaskan tauhid yang sahih dan tidak bertentangan dengan Quran dan sunnah.

Kalau tauhidnya tidak sahih, maka semua amal [syariat dan akhlak] menjadi sia-sia. Jadi, kalau buta tauhid: bisa jadi kita beramal dan berakhlak secara Islam, tapi bertuhan secara kafir. Nauzubillahi min zalik, ya. Alahua'lam. :)

MUX SPARROW mengatakan...

Iya, kira-kira begitu yang kami rasakan selama belajar, Kang Asep :)

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Brad Arie.. salam takzim juga dan aamiiiin atas doamu, Brad. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

MUX SPARROW mengatakan...

wkwkwkwk iya tuh.. nappa yah beliauw.. :10: gajelashh :3:

MUX SPARROW mengatakan...

http://lh5.googleusercontent.com/-NyfcNUQUYYA/ULpkRODStNI/AAAAAAAAHmA/pS9ZZXWpcWU/s74/wsalam.gif *sruput ~O)

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbakyu ne.. you are always welcome.. :25:

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Bayu.. gapapa, Kang.. ibu-ibu di sini jinak, kok.. gak galak.. :g:

Anonim mengatakan...

Sama bang asep nama juga sama sama belajar. Dan benarlah kata rosul kita muhamad swa suatu saat akan ada perang yang lebih besar dr pada perang badar yaitu perang melawan nafsu kita sendiri. Apa bila lengah sedikit mk dialah yang berkuasa di kita

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Syamsul.. makasih kembali.. kemana aja nih jarang nongol :D

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Azmi..
wah.. kalau menurut saya ayat di atas itu udah cukup jelas kok.

Adapun pesan utama ayat tersebut adalah bagaimana agar kita tidak tergolong yang lalai akan keesaan itu sebab di akhir ayat Allah mengancam dengan redaksi blak-blakannya seperti ini:
"Aku tidak mau tahu kalau di yaumil qiyamah kamu bilang tak tahu." :2:

Anonim mengatakan...

M' azmi saya pikir yang ada dalam saksi menyaksika itu kan cuma tuhan dan muhamad siapa yang menjadi saksi muhamad danmenyaksikan tentulah. Maaf kang mux kalau salah ini pendapat pribadi loom

Unknown mengatakan...

asalamualaikum abah,kang mux n obat sarang semua ikutan hadir ...

Unknown mengatakan...

Ehehehe bnr juga sih bang Mux..
Ane aja yg terlalu ribet mikir nya kesana kemari.

Unknown mengatakan...

kang m azmi cb kaji dari awal penciptaan..
pasti ketemu rahasianya … :2:

Unknown mengatakan...

Ane masih baru dlm urusan Tauhid kang Arie. Jdi ane masih blm trlalu mengerti.
Bisa di terangkan dikit kang, kaitan nya sama awal penciptaan :D

Unknown mengatakan...

Ane punya guru Tauhid juga kang, tapi ane jarang ketemu beliau karna kerja di luar kota, pulang nya dlm waktu yg lama juga. Alhamdulillah ketemu blog ini. Sdh lama ane ngintip isi blog ini, dan isinya sama kya yg di ajarin guru ane. Tapi baru aja ane memberanikan diri nimbrung di sini.
Jadi mohon pencerahan buat abang abang yg sudah punya pengetahuan mendalam masalah Tauhid ini :D

Unknown mengatakan...

Pemahaman tentang hakikat
Nur Muhammad pada umumnya dimulai dari kajian asal yaitu ketika, seluruh alam belum ada dan belum satu pun makhluk diciptakan Allah swt. Pada saat itu yang ada hanya zat Tuhan semata-mata, satu-satunya zat yang ada dengan sifat Ujud-Nya. Banyak dari kalangan sufi memahami bahwa pada saat itu zat yang ujud yang bersifat qidam tersebut belumlah menjadi Tuhan karena belum bernama Allah, Untuk bisa dikatakan sebagai tuhan, sesuatu itu harus dan wajib ada yang menyembahnya.

Apabila tidak ada yang menyembah maka tidak bisa
sesuatu itu disebut Tuhan, demikianlah Logikanya.
Karena zat yang ujud-Nya besifat qidam tersebut pada saat itu hanya berupa zat, maka pada saat itu Dia belum menjadi Tuhan dan Dia belum bernama Allah, karena kata Allah sendiri dipakai dan diperkenalkan oleh Tuhan sendiri
setelah ada makhluk yang akan menyembahnya serta hakikat makna dari kata Allah itu sendiri berarti yang disembah oleh sesuatu yang lebih rendah dari padanya.

(untuk pembahasan ini kita cukup memahaminya seperti itu)

Setelah itu, barulah diciptakam Muhammad dalam ujud nur atau cahaya yang diciptakan atau berasal dari Nur atau Cahaya Zat yang menciptakannya ( sebagai perbandingan kalimat Adam Diciptakan dari Tanah ). Yaitu Nur yang cahanya terang benderang lagi menerangi. ( kemudian nur tersebut difahami sebagai Nur Muhammad ).
Nur itulah yang kemudian mensifati atau memberi sifat akan Zat yaitu sifat Ujud yang berati ada dan mustahil bersifat tidak ada karena sudah ada yang mengatakan “ ADA“ atau
meng-“ADA”-kan yaitu Nur Muhammad.…

semoga kang Azmi bs memahami mkna hakikinya
dan bs mengambil kesimpulan dan menemukan jwbn dr pertanyaan akang..

inaka313 mengatakan...

assalaamualaikum ya ayyuhal mu'min.....!!

Unknown mengatakan...

Alhmdulillah bang Arie penjelasannya.
Berarti makna hakikinya yang menyaksikan dan yang bersaksi akan keber'ADA'an Allah sebagai Tuhan itu Nur Muhammad (diri kita juga)

Rahnrav mengatakan...

Salam'alaykum.. absen^^

Antox Hooligan mengatakan...

Salam Alaikum Kang Mux yg cuakeepppp kaya Tom cruise...http://lh5.googleusercontent.com/-_zoLovtiL6g/UM26wgL9e4I/AAAAAAAAH34/uyAjyowW2bU/s89/inshallah.gif
Ini pengajian untuk Ibu2 tapi lebih enak pemahaman dan bahasax lebih lembut dan mudah diterima...
Ulasan Abah Guru Undang Siradj dan Kang Mux sebenerx layak utk di"televisikan" supaya Umat bs paham sebenar2 ibadah dan sebenar2 islam itu bagaimana??? (pendapat sy sih)

Pertanyaan Istri ane pas kpn hari wkt adikx menikah, karena sang adik ikut agama suamix yaitu kristen. Istri ane ikut acara Misa pernikahan di gereja... waktu plg dia cerita dan bertanya kpd sy??? knp ya yah, koq org2 kristen kelihatanx ibadahx jauh lebih khusuk dan mengimani sekali dibanding org2 islam di skliling qt????
Jawab Ane : ==> karena orang2 islam kebanyakan buta tauhid jd mereka tdk kenal dg tuhanx shg tak tau pula tujuan ibadahx, sdgkan org kristen meyakini Yesus itu tuhanx dan patungx nampak jelas dipandang mata. jadi mereka akan yakin dg sendirinya.
Kalau org islam tdk buta tauhid tentulah terlebih tampak Tuhan drpd sesuatu, dan dapat membedakan mana Tuhan dan Bukan Tuhan.
Itulah pentingx Mengenal... :'(
Alhamdulillah yaa rabbi atas karuniamu semata...
Terima Kasih Abah dan Kang Mux, lewat untaian posting di blog ini kami yg tdk mengetahui tujuan hidup dapat mengerti kmn seharusnya manusia menuju. Sy puas karena beragama ISLAM ===> inilah islam yg begitu nyata, tdk seperti islam yg sy pahami sebelumx... Subhanallah...

Unknown mengatakan...

assalaamu alaikum.. biarpun buat ibu-ibu tak mengapa lah ikut nyimak..

Unknown mengatakan...

assalaamu alaikum.. biarpun buat ibu-ibu tak mengapa lah ikut nyimak..

Unknown mengatakan...

Hemmm...

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbak.. *dicateut :13:

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Masku Antox..
wah.. karena Mas Antox tidak segan-segan mengakui ane kembaran ama abang ane, Si Kang Tom Cruise..maka ane pun tidak segan kasih jempol segede motorrr =))

https://lh3.googleusercontent.com/-lpzwZHr0RcU/ULJTwWCLtUI/AAAAAAAAHSA/868s_4eXdKI/s129/ajeb.png

Alhamdulillah, itu jawaban yang ngena banget, Mas :8:
Memang manusia sebagai makhluk material-jasadi selalu memerlukan "objek" yang terpandang untuk menghayati sesuatu.

Keperluan objek yang bisa dilihat mata ini masih teknik musyahadah kelas TK dan SD <-- ini menurut pengakuan seorang rsi memandang umatnya yang masih perlu arca untuk mengarahkan doa.

Teknik penghayatan "kelas atas", yang tanpa objek, juga sebenarnya dikuasai oleh para rsi dan bhiksu tinggi agama tetangga. Sayangnya musyahadah mereka masih ke kosong zat-asam.

Fatalnya di Islam, muslim yang dalam shalatnya masih membayang-bayangkan "alif-lam-lam-ha" bukan saja dipandang iman kelas TK-SD, melainkan juga sudah jatuh ke syirik. Nauzubillah.

Memang benar, Mas Antox... beruntung kita semua selama hidup pernah bersentuh dengan pengetahuan tauhid ini. Alhamdulillaaah.. http://lh3.googleusercontent.com/-dmyj-clDShw/ULpj-VSXknI/AAAAAAAAHgM/3JwWW5vaGwg/s100/GodGreatest.gif

MUX SPARROW mengatakan...

http://lh3.googleusercontent.com/-lpzwZHr0RcU/ULJTwWCLtUI/AAAAAAAAHSA/868s_4eXdKI/s129/ajeb.png

MUX SPARROW mengatakan...

sorry Mas.. jempol segede motornya di atas malu-malu muncul.. *beuh..bikin malu majikan aja tu si jempol :24: :3:

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, its okeh, Gan.. :D

MUX SPARROW mengatakan...

Hemm... deui :3:

Antox Hooligan mengatakan...

http://lh4.googleusercontent.com/-KIutm-rMgM4/UHWB32jrIUI/AAAAAAAAGJo/yc9dl61oWBA/s30/barakataak.gif
Jempolx abiz kecepit pintu yaa Om??? Bengkak bageetttssss.... hahahahahaha

MUX SPARROW mengatakan...

Bukan, Mas.. kejepit gerbong kereta.. :5:

Unknown mengatakan...

mantab

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism