Oase di Tandus Padang Indonesiana: a Salute for Monika Yulando ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Oase di Tandus Padang Indonesiana: a Salute for Monika Yulando

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.
"Alhamdulillah..rezeki yang tak disangka-sangka."

Salam alaikum, Sobat Sarang....
Alhamdulillah, di genap perjalanan tahun ke-2, Sarang Muxlimo kembali mendapat apresiasi dari rekan sesama blogger. Kali ini dari Neng Monika Yulando yang dengan kerendahan hatinya menganugerahi blog Sarang dengan gelaran "The Impressive Blogger". Terima kasih banyak, Neng. Award ini sungguh berarti buat penunggu Sarang ini lho.. 

Sebelumnya, penunggu sarang bermohon maaf baru sempat membuat tulisan ini sekarang sebab sejak awal minggu lalu saya dapat tugas kantor untuk mengambil data bahasa di pedalaman Kalbar. Sedianya saya dijadwalkan turun ke lapangan itu minggu depan, tetapi terjadi perubahan jadwal tiba-tiba. Jadinya saya terpaksa berbakti dulu pada negara..    [beuh.. bahasanyaa.. jiga nu bethul ... ahahaha!]  

Mohon Neng Monika juga jangan tersinggung dengan judul yang medan maknanya rada-rada "suram" di atas. Sebenernya itu wujud syukur penunggu Sarang yang kebetulan belakangan ini sering mengurut dada dengan tanggapan sekelompok saudara sesama muslim yang dengan ringan lidah menganugerahi penunggu dan Sarang ini dengan berbagai gelaran--mulai dari yang ringan, seperti "bicara agama tanpa ilmu", "bicara agama hanya pake otak"--sampai yang paling dahsyat, seperti pelabelan "sesadh dan fasigh dan punya jin pembisik bernama Jibril".

Untungnya blog ini gak ada postingan soal makanan, bisa-bisa dapat pertanyaan yang sama seperti di postingan terpopular di blog Monilando: "Mbak, Makanannya Kok Nggak Ada Tulisan Halalnya.”
 


[Gelaran-gelaran di atas tentu saya jadikan ajang muhasabah diri, tapi jangan terlalu diharapkan perubahan drastis pada diri penunggu Sarang ini. Sebab sesungguhnya perubahan drastis itu biasanya lebih banyak melibatkan nafsu, meskipun itu berupa perubahan yang (tampak) baik. Ketika Allah menghendaki perubahan atas hal keadaan seorang hamba, Allah akan mengubahnya tanpa perubahan. InsyaAllah. Aamiin.

Mengekor kronologi tulisan di postingan asli award ini, berikut diketengahkan daftar frustrasi prestasi blog Sarang di sepanjang jalan kenangan sejak April 2010.


1


Sejak awal blog ini dinamai Muxlimo's Lair alias Sarang tempat Muxlimo nongkrong di dunia maya. Dulu bikin sekaligus dua, versi wordpressnya dan versi bloggernya ini. Akhirnya yang wordpress saya ceraikan karena Sarang di wordpress rasanya kurang memberi ruang gerak untuk hobi utak-atik template sampe mabok. 


2


Deskripsi blog yang tertanam di template ini "Banyak orang kenal Tuhan; sedikit sekali yang mau kenal Tuhan", sempet mau diganti ke deskripsi "Jika bukan hamba Tuhan, maka Anda adalah hamba selain-Nya" seperti yang terpampang di atas. Tapi entah mengapa, setiap saya ganti deskripsi yang di edit HTML selalu gak bisa disave karena dianggap mengandung error. Aneh. Entahlah. Ya sudahlah. Jadinya deskripsi blog ini hasilnya beda antara yang di SEO ama yang di tampilan lamannya. [anggap bonus aja deh..hehehe]


3


Penunggu Sarang ini termasuk tipe yang kurang menyukai tantangan. Walhasil, satu-satunya tantangan yang pernah berani dijajal adalah membuat puisi akrostik atas pancingan Mas Teguh Puja, temen dari Ngerumpi.com. Itu pun harus puas di posisi kedua. Ngaku kalah dahsyat dengan puisi akrostik gebetan Neng Petronella Law.


4


Berkat gahol ama para penulis muda kreatif seperti merekalah saya dipersilakan "menyelundupkan" beberapa puisi dan sebuah cerpen untuk diterbitkan. Yang puisi di Antologi Orange, yang cerpen di Antologi Orange Season 2 Book 2. [Makasih banyak untuk komandan Antoranger, Mas Naussea, yang rupanya Maret lalu merit ama sesama oranger, Neng Anie Oktarini [Selamat yah, moga jadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah] Makasih juga untuk member Antorangers semua.]


5



Postingan yang paling banyak dibaca di Sarang ini judulnya UFO, Alien, Satanisme, Freemason, Illuminati, Zionisme,Yahudi, Islam, Konspirasi, Dunia, dan Kita. Padahal postingan yang diniatin jadi andalan dengan misi syiar tauhid yang kental itu postingan perdana di blog ini,  judulnya Melihat Tuhan. Well, kita serahkan segalanya dalam pengaturan Allah saja ya. 


6


Pernah dikunjungi, direview, sekaligus diawasi oleh situs mata-mata dari negeri harom "bintang biru". Waktu itu setiap klik "Beranda" malah langsung masuk ke laman deface yang isinya gak saya pahami. Semacam laman antah berantah begitu. Sampe-sampe saya segera ganti password blog ini sekaligus ganti template total [<-- yang ini mah emang hobi juga sih,..  ]


7


Hal pertama yang dilakukan setiap buka dasbor blogger adalah mengintip-intip postingan terbaru di blog para sobat sarang yang blognya saya follow, termasuk blog-blog tutorial..heuheuheu..


8


Waktu yang diperlukan untuk menulis sebuah postingan di atas satu jam. Ya.. meskipun untuk postingan pendek yang isinya quote doang.. Gatau kenapa.. mungkin terlalu menikmati proses kreatif menulis atau keasyikan browsing gambar di lapak mbah gugel atau karena terlalu kegenitan semangat mendandani tiap postingan biar enak dibaca dan diliat.
[Padahal hasilnya teuteup aja norak ya.. ]


9


Kalau dulu berharap banyak yang nge-follow blog Sarang ini, tapi sekarang gak terlalu berharap, bahkan kadang suka kasihan sama sobat blogger yang udah telanjur nge-follow ke sini. Kasian mereka kalau sampe  kecipratan kesan "cacad" dari blog ini. 


10


Blogger yang paling berjasa menghadirkan traffic untuk Sarang ini adalah Mas Ganteng Khalid Abullah dan hacker ababil yang giat dakwah, Cep Kaze Kate. Makasih banyak, Brothers.


Penutup


Selalu berharap blog Sarang ini bisa jadi warisan terindah buat anak-cucu saya kelak, juga agar mereka lebih kenal siapa bapak atau kakek mereka yang seksi gajelash inih. Tapi, yang paling utama adalah harapan semoga apa yang disampaikan di sini meraih keridaan dan bernilai dalam pandangan Allah Swt., juga mendapat angguk dan senyum Sang Mustafa, Muhammad Rasulullah Saw., juga harapan semoga ini semua ada manfaatnya untuk dunia-akhirat kita semua. Aamiin ya Rabb al-alamiin...

Dengan oase award ini, perjalanan hakiki dilanjutkan..

Terima kasih banyak Neng Monika, semoga Allah Swt. membalas kebaikanmu dengan karunia tanpa batas. Aamiin, aamiin, tsumma aamiin...   
Oase di Tandus Padang Indonesiana: a Salute for Monika Yulando
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2012-05-07T23:55:00+07:00
Oase di Tandus Padang Indonesiana: a Salute for Monika Yulando
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags:
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

18 komentar:

Unknown mengatakan...

sipz alhamdulillah petamax koment :))

ayu ting2... baca nya nanti dulu akh yang penting mah koment palng atas... kan jadinya terkenal XD

pada mampir ya di http://www.kaze-kate.net/2012/01/manfaat-shalat-tahajud-untuk-kesehatan.html heu

makasih XD

Anonim mengatakan...

Dimana...dimana...dimana....heu
Selamat ya Bang...:)))

Unknown mengatakan...

kalo misalkan saya jadi penulis, saya akan bikin opsi ke 11. dan isinya.... 11 : Taaamuu yang harus ditalapung adalah KAZE KATE, pertama, dia mampir gk pake etika, kedua karena dia bawel, ketiga karena dia rajin menabung, ehh tuh kan :D

wkwkw, conglatulation kang :D

MUX SPARROW mengatakan...

heyyy!! pasang iklan di mari.. BAYARRR!! :c:

MUX SPARROW mengatakan...

Di sinih.. di sinih.. di sin-nihh.. :1:
makasih, Neng Enn.. *jadi :4: deh..

MUX SPARROW mengatakan...

talapung mah terlalu ringan.. cacag aja yah?!
nih ..rasakandhlahhh.. :24: :11: :3:

*nuhun, Lur.. :19:

Monika Yulando Putri mengatakan...

Ahaha,, jadi terharu dipasang awardnya (maapin gambarnyaa ya :p)

Mas, saya suka baca postingan blognya cuma perlu saya tegasin saya nggak membenarkan apa-apa yang mas tulis loh ya, untuk beberapa hal ada yang saya kurang sependapat hehe.. *mohon dipahami dan jangan tersinggung ya mas :D


Tulisan mas Adam membuka pikiran dan membuat saya mencari-mencari dan mencari pada dalil2 yang ada, penafsiran ulama dsb.. Itulah yang ane ambil hikmahnya :D

Keren mas perjalanannya, dan semakin besar atau tenar blog semakin berat tanggung jawabnya.. semakin besar tanggung jawabnya untuk menjadi pihak pertama yang melakukan apa-apa yang ditulis, bertanggung jawab atas tulisannya..

btw Mas, ajarin dong ngutak ngatik blog biar cakep begini.. blog ane tampilannya biasa bgt karna ga jago ngutak-ngatik hiks..

My World mengatakan...

Wadooh alhamdulillah dulur sayah *ngaku2 gkgkgk* dapet ewad euyy.. ntar ku sayah dikasih ewad tambahan "AYU TINGKER'S AWARD"

BlogS of Hariyanto mengatakan...

selamat ya ..salam sukses selalu sobat :)

Unknown mengatakan...

:))

entar ya pake cilok! hohohoho. ditalapung!

Unknown mengatakan...

wkwkwkkwkwkw, bisa2 ieu pengunjung soak yeuh di tampolan :v haaa

Ratnawati Utami mengatakan...

Wah, saya kalo nulis postingan sambil setengah merem dan gak peduli ada yang baca ato enggak. Soalnya kayak nulis diari. Anehnya ada aja (gak banyak sih) yang ngontak bilang kok survive dari kejadian sulit ya. Ada yang nanya supaya dapat pacar gimana, hehehe... Atau yang lain.

Tapi juga pernah ngerasa dibuntutin makhluk gak jelas bikin pusing dengan ekspresi menangis. Akhirnya dengan terus nulis pemahaman yang kata temen-temen bloggerku gak mungkin dicopas soalnya berat makhluknya ilang, walo sempet dikatain dukun. Kesel banget aku tulis tentang kesesatan sebuah kelompok Islam yang kitab acuannya mengarah hal gak jelas.

Aku kirim inbox lagi di FB... ma kasih atas semua tulisan di sini yang inspiratif

MUX SPARROW mengatakan...

cilok mah teu payu di sini mah deuleu... :c: Ayu Ting Ting ateuh.. :1:

MUX SPARROW mengatakan...

wkwkwkwkwk @ soak :g:

MUX SPARROW mengatakan...

hehehe iya gapapa kok Neng.. ane paham. memang yang Haq itu hanya hak Allah.. kita ini sekadar menjalankan perintah iqra sebagaimana amanat ayat pertama yang turun perdana. Sebab perintah iqra itu bukan hanya untuk para nabi, rasul, dan ulama.. tapi kewajiban setiap muslim karena sudah dikaruniai akal.

Memang hasil iqra kita yang kelas umat tidak berhak dijadikan fatwa, tapi selama tidak menyalahi prinsip tauhid, insyaAllah halal :D

Dan saya bersyukur ada Neng Monika, yang meski pada beberapa bagian di blog ini yang kurang disetujui, tapi Neng Monika tetap mengutamakan husnuzhan pada blog ini. insyaAllah. Alhamdulillah. :8:

Saya cuma kadang heran.. mengapa banyak yang sungkan berdiskusi di sini khususnya untuk hal2 yang mungkin masih mengundang salah paham. Padahal, dengan dimuzakarahkan, ilmu itu niscaya akan berkembang. Apa mungkin para sobat sarang serem liat saya pake emotikon ini?? ==> :24: ahhahah moga2 tidak yaaa... :21:

Tentu apa yang ditulis di sini akan membebani bahu penulisnya.. dan memang di situlah konsekuensi melaksanakan sunnah "menyampaikan walau satu ayat". Meski demikian, Allah Maha Memaklumi dan tidak bersifat Zalim. Semoga Allah permudah saya mengamalkan apa yang tertulis di sini, semoga Allah permudah saya menjalankan amanat ilmu dari guru tauhid, yang hakikatnya juga dari-Nya. InsyaAllah. Aamiin.

btw, soal utak-atik template.. saya juga modalnya cuman getol try and error tutorial dari para master, Neng.. hehehe ini beberapa link rekomendasi:
http://hompimpaalaihumgambreng.blogspot.com
http://adityameilaz.blogspot.com

selamat utak-atik blog yaa :25:

MUX SPARROW mengatakan...

asiiikkkkkk!! beneran nya.. ! ditunggu AYU TINGKER'S AWARD na.. wajib pake gambar nu BADAGH ciah.. :1: :g:

MUX SPARROW mengatakan...

Makasih banyak, Mas Hariyanto.. salam sukses juga untuk Mas ya.. Aamiin. :8:

MUX SPARROW mengatakan...

Waduh.. dahsyat amat bisa ngetik postingan sambil setengah merem gitu, Mbak.. :10: bagi2 dong ilmunya heheehe..

Gapapa Mbak, tulisan seperti diari buat saya justru sarat dengan kejujuran dan sikap apa adanya, meski memang perlu tetap proporsional.. tapi bagi saya sih, tulisan2 di blog Mbak banyak memberikan pelajaran dari contoh2 kasus yang nyata yang Mbak alami sendiri. Keep it up, Mbak! :8:

Hadawh.. segitunya ya..sampai pada tega ngatain dukun segala :14:

Soal kelompok dalam Islam.. memang serba salah Mbak.. pengalaman saya bicara tauhid di forum2 grup FB, kalau ada prinsip tauhid yang "menyinggung" golongan mereka, mereka akan serta merta membela membabi-buta.. mereka cenderung khawatirkan imej golongannya daripada mengkhawatirkan sisi ketauhidan yang bersih dari syirik2 khafi..

well, kadang memang orang akan mudah mengira saya "sok paling bener", "merasa paling pinter", tapi saya gakkan pernah mundur.. sebab bertauhid yang benar itu sekarang menjadi "asing" bagi umat.. dan tentu mempertahankannya juga bagai memegang bara..

Siap, nanti saya buka inboxnya, Mbak.. *barusan saya sempat ke FB tapi belum ke inboxnya. sebab mau keluar rumah dulu sebentar.. nant malam baru OL lagi, insyaAllah..

makasih atas kunjungan dan dukungan Mbak selalu.. :25:

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism