Tauhid Aqliyah vs Tauhid Dzukiyah: Beda Level ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Tauhid Aqliyah vs Tauhid Dzukiyah: Beda Level

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.

Iman aqliyah dan iman dzukiyah. Iman aqliyah atau iman bil ilmi ialah kepercayaan didapat dengan ilmu dan melalui panca indera saja, sedangkan iman dzukiyah atau iman bi dzuk ialah keyakinan yang didapat dengan rasa. Zahiriyah kelihatan baik, kenyataannya buruk. Kelihatan zahiriyah-nya bagus, tetapi batiniyah-nya buruk. Lihat kepala lembaga agama rupanya penipu: melakukan korupsi. Kelihatan zahiriyah-nya wangi, tetapi batiniyah-nya bau busuk.



Guna iman rasa. Dalam beriman kita pakai rasa, bukan pakai ilmu. Pakai cara ilmu, setan masih bisa menyusup. Kita cukup pakai Allah saja.



Dengan tauhid aqliyah kita hanya dapat mempraktikkan ilmi-nya saja; masih banyak pengaruh-pengaruh ilmu, sedangkan dengan tauhid dzukiyah kita dapat mempraktikkannya langsung dengan dzuk (rasa); tidak ada keraguan lagi. Kamu dapati isi gula itu manis. Pasti ke mana saja kamu pergi dan di mana pun kamu berada ketika bertemu gula, "tanda rasa" manis itu ada. Perlu apalagi mau dipikir-pikir dan atau dirasa-rasa? Bukankah rasa di hati sudah merasa di dalam (setiap) gula ada manis?! Inilah iman dzuk alias tauhid sirr atau tauhid dzukiyah: iman rasa yang diperjuangkan Nabi Muhammad Rasulullah Saw. selama kurang lebih 11 tahun sebelum turun perintah shalat.



Tauhid aqliyah mengikis syirik jali dan syirik khafi. Tauhid Dzukiyah mengikis syirik khafi khafiun khafi.



Lihat komentar empat sahabat Rasulullah Saw. Ada yang berkata, "Kalau tidak terdahulu kupandang Allah, tidak aku shalat." Ada lagi yang berkata, "Kalau tidak aku pandang Allah terdahulu dan kemudian, tidak aku shalat." Ada juga yang berkata,"Kalau tidak kupandang Allah di kanan-kiriku, tidak aku shalat." Keempat sahabat ini mengetahui bukan dengan iman aqliyah lagi: ini masih bil ilmi. Mereka semua sudah menggunakan iman bi dzuk: iman rasa. Soal rasa belum ada yang bisa mengungkapkannya atau mendefinisikannya. Untuk apa membangga-banggakan makhluk, syirik membawa kekafiran. Orang tauhid tidak ada satu debu pun membanggakan makhluk. Itu syirik.

Orang tauhid yang sudah sampai ke tauhid dzukiyah bila merasa ada dirinya yang shalat: syirik. Jika di hatinya masih ada perasaan ingin berdiri, ingin ruku`, ingin sujud dalam shalat: syirik. Orang tauhid masih merasa dirinya memiliki kemampuan melaksanakan ibadah: syirik. Orang tauhid masih merasa ada wujud diri dia: syirik. Kalau seperti itu, setiap hari kufur nikmat terus; setiap hari penuh kesyirikan terus. Yang dibenci Tuhan di dunia ialah manusia yang bertuhankan nafsu. Keinginan itu nafsu. Nafsu itu bodoh.


Buka Surah Yunus ayat 100. Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya. Allah menghendaki manusia menggunakan segala yang dikaruniakan pada mereka untuk menggali pengetahuan yang ada di Quran.


Orang yang cinta Allah tentu keinginannya ingin bertemu saja. Cinta pada wanita karena cantiknya. Cinta pada Tuhan jangan ada karena-karena, musti murni tidak ada karena-karena. Yang perlu kita sadari: yang ada di sama-tengah hati itu Rasulullah. Karena sadar itu iman dan yang kita pergunakan ialah iman dzuk/rasa. Kalau sudah betul, Allah jangan ada kamu rasa-rasakan lagi. "Yaa ulil albab" itu maknanya "Hai, orang-orang yang mempunyai pandangan mata hati pada Allah." Bukan orang-orang yang pandangan mata hatinya pada makhluk.



Tauhid Dzukiyah vs Tauhid Aqliyah
Tauhid Aqliyah vs Tauhid Dzukiyah: Beda Level
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-06-19T03:07:00+07:00
Tauhid Aqliyah vs Tauhid Dzukiyah: Beda Level
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: , ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

78 komentar:

satria kelana mengatakan...

pertamax...lagi nih kyk nya..hahay..

Dendi novianto mengatakan...

Yang ka duo, keduluan ms Satria

Dendi novianto mengatakan...

Assalamualaikum kang Mux,mas Satria dn sobat sarang.
Terimakasih dan salam hormat buat Abah

Dendi novianto mengatakan...

Assalamualaikum kang Mux,mas Satria dn sobat sarang.
Terimakasih dan salam hormat sy buat Abah

Kang XaNaNa mengatakan...

Beruntunglah orang-orang yang telah diberi *rasa* sehingga dia bisa *merasa*....

Sungguh merugilah orang-orang yang *merasa* sebelum *diberi rasa*...

Assalamu'alaikum Kang Mux.....semoga keberkahan dan keselamatan Allah selalu tercurah untuk Kang Mux...... :21:

-cindeten mode on...hehehehe-

Alam Warda Ritonga mengatakan...

Assalamu alaikum warahmatullah...
lama menunggu...

Kang XaNaNa mengatakan...

Assalamu'alaikum Bang Alam.... menunggu apa Bang? Nunggu musim duren rasa cabe rawit?? Hehehehehehe...

Kata orang : Menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan...

Mendingan kita gak usah menunggu....tapi....lihatlah SAAT INI....yaa..SAAT INI..... :)

Bayu Perdana mengatakan...

Absen ....

Yuslin mengatakan...

Nyimak Bang

Jhonn Kadakawa mengatakan...

bagaimana menghilangkan rasa was-was dihati (gangguan syetan jin), padahal sedang berwudhu, ...lagi berdiri hendak sholat.

Bagaimana pengamalan "Tuhan tubuhku, Maha Suci nyawaku, yaa Budduhun" itu, apakah diucap berulang/dzikir?

Alam Warda Ritonga mengatakan...

Walaikum salam Kang XaNaNa....

benar tu kang... Kang Mux sibuk akhir2 ini sehingga tidak sempat ngepost...
menuggu versi rhoma irama... hehehehehe...

Pical mengatakan...

Assalamualikum, Bang Adam, izin Menyimak dan memohon karuniaan ALLAH tentang Dzauk Iman.

Radja Ratoe Alit mengatakan...

Assalamuallaikum kang Mux./..salam buat bah ya brad...makasih ilmu nya salam buat sahabat sarang semuaa satu rasa satu rahasiah..........

Anonim mengatakan...

Salam alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Absen pagi perwakilan Ratu Sarang

Yang lain masih pada super sibuk

Terimakasih Abah, terimakasih akang Adam...... :21: :21:
SALKOMSEL semua keluargaku.....

:5: :5: :5: :5:

satria kelana mengatakan...

wa'alaikum salam..kang dendi.

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

Salam Alaikum warohmatullah buat kang mux dan sobat Sarang …
Salam takzim dan kangen buat Abah dan keluarga besar diponti … Semoga tetap dlm limpahan Rahmat-Nya …

Alhamdulillahi robbil alamin musabibbil asbab

satria kelana mengatakan...

salam mualaikum kang mux dan sobat sarang semua...lumayaaaan..dapet petromax.. =))

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Dendi :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Brad Arie.. alhamdulillaah..makasih atas doamu, Brad.. moga demikian untuk Brad juga..aamiiin.. salam insyaAllah tersampaikan :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Satria.. yang rajin ya bawa petromaxnya.. wkwkwkw!

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang X.. semoga terlimpah karunia Allah tanpa batas untuk Kang Xanana dan keluarga di Bandung.. aamiiin.. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

{Beruntunglah orang-orang yang telah diberi *rasa* sehingga dia bisa *merasa*}

Bener banget, Kang.. sepemikiran nih.. saya sering tergumam betapa yang namanya rasa dan merasa itu sebenar-benar nikmat dan karunia Allah paling ultimat..sebab dengan rasa-lah kita bisa sampai pada-Nya. Subhanallah.. yang namanya rasa dan merasa itu otomatis..gak perlu disetel.. tugas kita "hanya" istiqamah dalam riyadah memindahkan rasa lalu mengekalkannnya atau mem-billah-kannya.

"hanya" yang jihadul akbar... Yaa Rabb.. hanya karunia-Mu yang menyebabkan sampai..

satria kelana mengatakan...

wkwkwk..salam takzim buat Abah ya bang...

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, BangBro.. maaf lama menunggu.. :21:

MUXLIMO mengatakan...

MasyaAllah.. Kang X.. dalem bangedh..

MUXLIMO mengatakan...

*dicateuuut.. :D

MUXLIMO mengatakan...

Lanjut, Bang... :)

MUXLIMO mengatakan...

Kalimah hakiki cukup dibaca sekali saja lalu diamkan pikiran dan perasaan..insyaAllah gangguan apa pun di dalam keadaan apa pun, termasuk was-was dalam wudhu akan sirna. mendiamkan pikiran dan perasaannya sambil tetap jalan berwudu aja,Bang. InsyaAllah, Allahua'lam.

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Uda Pical..silakan, Da.. :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, siap.insyaAllah salam tersampaikan, Kang :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbakyune Ratu Saraaaang... lho kok ada :5: segala.. wat hepen tuh, Mbak?! mending kita http://lh6.googleusercontent.com/-_vAE_QUd-sI/UKEGVk4CVWI/AAAAAAAAGyk/66iUktdc1IY/s50/gulitik.gif aja yuk, Mbaaak..!! :D

Bang Arbi mengatakan...

Alhamdulillah..terima kasih Abah n Kangmux. Assalamu alaikum sobat sarangs :)

sumbertechnik st mengatakan...

assalamualikum kangs adam, salam jg bwat guru abah siradj smoga abah n akang sekeluarga dirahmati allah, yg tlah mnambahkan ilmu dalam rasa kpda umat,
prkataan sahabat nabi brkata: kalau tidak kupandang terdahulu allah tidak aku sholat.
jika yg blom esa kumaha kangs ibadahna.

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

insya Allah kekalkan pandangan batin kepada Allah … dalam beribadah jgn merasa ada diri lagi.. maka dalam pandangan batin Allahlah yg terpandang …

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Braderrrr.. :13:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Handri.. iyah..betul yang disampaikan Brad Arie itu, Kang.. mangga dicobian.. :)

Kang Ismet mengatakan...

Assalamu'alaikum.... damang ki dulur?
Saya request artikel tentang pengertian dan penjelasan syari'at,thoriqot,hakikat dan ma'rifat... atau kalau sudah ada.. minta petunjuk linknya.. terimakasih suhu :)

Kang Ismet mengatakan...

satu lagi... yang lain menyusul :)
dalam al-qur'an banyak disebut kata qolbu (qulub), fuad (af-idah), shodr (shudur) apa essensi dan perbedaan antara ke 3 nya?

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Ismet.. alhamdulillah sae, Kang. :) masyaAllah.. rikwes ama tanyaannya berat semua ni, Kang.. insyaAllah nanti saya sampaikan ke narasumber yang lebih berwenang menjawab :)

*saya mah bukan suhu ah, Kang.. :P **tersanjung dikunjungin ama BloggerMaster.. :4:

Anonim mengatakan...

:5: lagi "DIAM" dipojokan kang

MUXLIMO mengatakan...

beuh.. kok di pojokan..kan di tengah pentas masih lapang, Mbaak... :D

boyflasher mengatakan...

assalamualaikum kang Mux.. acan maca, nek absen heula nyaa.

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Lur.. mangga.. absenna limarebu, maca na sapuluhrebu we.. dolar nya.. :11: :19: :3:

sumbertechnik st mengatakan...

kangs arie pandangan batin kpda Allah:?
yg sy lakukan fokus rasa kpda Allah setiap sholat atw tafakur terkadang ngrenyem atw badan goyang, mulut melafadj suka berhenti sndri nafas trkadang brhenti atw susah utk bernafas,gmna ntu kang.
n one dei:, jika sy berdoa tangan terasa bergerak sendiri utk mengaminkan doa sy.
tolong pencerahanny brodder.http://3.bp.blogspot.com/-w0VIh_82phc/TwuhZFMYF-I/AAAAAAAACBI/i_faZv8BSBk/s1600/geol-ngarep.gif

Hanny Handoyo mengatakan...

Alhamdulillah...Salam mualaikum Abah, Kangmux dan sobat sarang semua..

Kang Ismet mengatakan...

diantos babaranana kang, mugia janten amal soleh sampeureun jaga di alam kalanggengan aamiiin

Reynaldi mengatakan...

assalamu 'alailaikum ..abah dan kang mux, juga sobat sarang semua, absen dl walau telat, baru nyimak.

ikha 'cokro' mengatakan...

assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,, abah, kang mux, sobat sarang semua,, ijin nyimak, ngabsen, sekalian numpang ngopi2... http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif

Kang XaNaNa mengatakan...

Benar sekali Saudaraku Kang Mux, sesungguhnya Allah lah yang memberikan rasa sehingga kita bisa merasakanNya.

Allah setiap saat selalu memberikan rasa tersebut, namun karena tertutupnya mata hati kita maka kita tiada dapat merasakanNya.

"Hanya" yang jihadul akbarlah yang bisa merasakanNya....Subhanallah....

Salam takzim untuk K.H. Abah Undang Siradj....Kang... :5:

Djunaedi Miradz mengatakan...

asalammualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh sobat sarang semuah nya Alhamdulillah..terima kasih Abah n Kang ADAM .ikutan hadir lagi kapan n dimana saja bisa ikutin kajian yg spt ini .... sekali lagi trima kasih n hatur nuhun ..
btw kang Adam email kajian tentang "Ruh Qudus itu Muhammad Rassulullah" ga ada text nya jadi ga bisa di copy...tapi yg tentang "Tauhid Aqliyah vs Dzukiyah" ga apa2 n ...kalo ada waktu dikirim aja lagi yg "Ruh Qudus itu Muhammad Rassullullah yg blm bisa ,,maaf nih jadi ngerepotin.

PUTERA LAUT SUMATERA TIMUR mengatakan...

Tksh dan salam kpd Abah, Bg Mux dan semua sahabat sarang.
Mas Arie. :
itu sangat tdk mudah ya, tapi memang harus terus diperjuangkan, nampaknya ini terus ada kaitannya dan pengaruhnya dgn latihan diam ya Mas, tlg pendapatnya bgmana Mas ?

boyflasher mengatakan...

alaikum salaam .. WAW ada 2 gelas nh, colong satu yaa ceu.http://lh5.googleusercontent.com/-cq3wtnmElqs/UHWCAhyVh5I/AAAAAAAAGK8/jWGWP98UKG8/s26/yiihaa.gif

salam kenal ceu ...

PUTERA LAUT SUMATERA TIMUR mengatakan...

Secara teori ilmu, berarti harus sampai tenggelam sekalian alam ini beserta diri kita kembali kepada tiada. ....Tiada merasa ada diri kita lagi. Wallahu 'alam. Mohon bimbingan Bg Mux, Bg Arbi, dan Mas Ari....sahabat2 yg lain pun boleh juga.
Tksh sebelumnya.

boyflasher mengatakan...

muhun kang... kin bade nambut heula ka Mang Asep, duka mudah2an gaduheun nyaa eta parab dollarhttp://lh6.googleusercontent.com/-MLzLIJdwurQ/UHWB_fV7YRI/AAAAAAAAGKw/mnrsHvLMDFU/s18/moe-huntu.gif

Djunaedi Miradz mengatakan...

asalammualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh sobat sarang semuah nya Alhamdulillah..terima kasih Abah n Kang ADAM .ikutan hadir lagi kapan n dimana saja bisa ikutin kajian yg spt ini .... sekali lagi trima kasih n hatur nuhun ..

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

Bang Putra cb cek notifikasi g+ nya ...

Djunaedi Miradz mengatakan...

"Guna iman rasa, dalam beriman kita pakai rasa, bukan pakai ilmu. Cara ilmu masih menyisip setan. Kita cukup pakai Allah saja".

"Orang yang cinta Allah tentu keinginannya ingin bertemu saja. Cinta pada wanita karena cantiknya. Cinta pada Tuhan jangan ada karena-karena, "musti murni" tidak ada karena-karena".
karena Tuhan itu Zatnya Zat/kosong se-kosong2nya ,maka utk dapat "bertemu" dengan tuhan,ya pastilah kita juga harus mengosongkan diri/qolbu sampai kosong se-kosong2nya juga,jadi "musti murni" dan ga ada karena-karena lagi,kalo masih ada ini itu berarti msh ada keinginan/nafsu ....Illahi Rabbi bi Rabbi, kalo ada salah2 ucap mhn diluruskan dan dimaafkan...

Irwan Syahbana mengatakan...

Salamu'alaikum Kang Mux dan sahabat sarang. Waduuh.. ketinggalan kereta saya ini. tp tetap setia walau paling bontot, yg penting absen.

ikha 'cokro' mengatakan...

boleh-boleh,, marii... silahkan duduk sekalian nikmati kopinya,, :)
salam kenal jg.. :)

Mas Agus mengatakan...

Assalammualaikum buat My Brad semua ..Kang Mux saya mau tanya saat Diam Tafakur "Menurunkan Perasamaan ke Sama Tengah Hati" badan jadi gemetar dan seringnya diikuti dengan tangan kiri saya bergerak sendiri ..mohon petunjuk kang Mux, makasih ...

Mang Asep mengatakan...

nggak punyaaaa :11: mun ieu aya ~O) ~O) ~O) mangga dileueut

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

maksudnya pandangan batin ke Allah.. sadari bahwa yg memandang Allah dan yg dipandang Allah.. jgn merasa rasa dlm sholat.. kembalikan rasa itu ke Allah bkn kita yg merasa..

rasa itu rahasia … rahasia itulah rasa … jd rahasia itulah yg merasa hingga tdk ada rasa … tenggelamkan dlm ahadiyah …

seperti kata para sahabat.. tdklah aku melihat sesuatu sebelumnya Aku melihat Allah … artinya melihat sesuatu itu Allah dulu yg dilihat..
jd pandangan zohir melihat sesuatu dlm pandangan batinnya Allah lah yg dilihat …

jgn merasa ada diri zohir batin lagi kekalkan Allah saja Ada … yg merasa rasa itu rasa Allah... dan yg terpandang pandang itu pandangan Allah …

kita La haula wala quwata ila bilah …

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

Gpp mas agus... trskan saja tafakurnya ... jgn terpengaruh dg yg begituan nikmati aja sampai bnr2 ketemu rasa diam nya..

insya Allah gpp itu biasa dlm praktik tafakur..
kalau merasa anggota badan bergerak sendiri itulah tandanya bahwa bkn kita yg bergerak dan merasa..
kita tdk punya kemampuan utk itu.. semata af'al Allah.. :)

budi bonek mengatakan...

Salam alaikum sobat sarang semua ., mohon ijin Menyimak Kang.,salam Takzim bwat abah siradj,smoga Allah SWT Senantiasa melimpahkan dan Mencurahkan Rahmat,Taufiq,Hidayah,Karunia dan kesehatan Kepada Abah Siradj Dan Kang Adam Sekeluarga,dan jg Bang Arbi, Arie Sumaterani Al Palembangi, kang xanana dan smua sobat sarang beserta sekeluarga AMMiin Yaa Robbal'alammiin...

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

benar bang putra

kata Abah ada didalam.Diam di dpt didalam Diam..
jd mmg penting sekali mendapatkan rasa diam sediam diam nya...

kalau Diam nya sdh sempurna maka petunjuk itu akan dtg sendiri...

baguskan saja Diam nya.. praktiklah secara istiqomah.. insya Allah ada karunianya..

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

:8: iya bang

MUXLIMO mengatakan...

Siap, insyaAllah Kang.. nanti kalau udah ada abi wartosan :D

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, iya Bang.. itu dibikin gambar soale lumayan pendek dan sumbernya dari SMS Abah :D *print aja gambarnya, Bang?! :D

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Budi.. aamiin yaa Rabb.. moga demikian juga buat Mas Budi dan adik Mas..dan semua keluarga di sana..aamiiin.. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbak Ikha.. silakaan... ~O)

SAIYOSAKATO SS mengatakan...

Aswrb .. Komendaaannnnn .. , walaupun telat .. tetep hadiiiirrrr ... Tksh utk smuanya yaa .. dan tentu slalu salam hormat buat Abah seklg .. , serta salkomsel utk dulur2 di sini .. Wswrb

SAIYOSAKATO SS mengatakan...

Aswrb .. Komendaaannnnn .. , walaupun telat .. tetep hadiiiirrrr ... Tksh utk smuanya yaa .. dan tentu slalu salam hormat buat Abah seklg .. , serta salkomsel utk dulur2 di sini .. Wswrb

SAIYOSAKATO SS mengatakan...

Aswrb .. Komendaaannnnn .. , walaupun telat .. tetep hadiiiirrrr ... Tksh utk smuanya yaa .. dan tentu slalu salam hormat buat Abah seklg .. , serta salkomsel utk dulur2 di sini .. Wswrb

sumbertechnik st mengatakan...

trims kang arie atas pncerahanny

boyflasher mengatakan...

kang eta kupi jatah kami kaaang.http://lh4.googleusercontent.com/-XrFy4Rqp55E/UFV7GYVNpkI/AAAAAAAAFhY/wtylDvtelZU/s128/kokosehan.gif

erik rusdianto mengatakan...

Alhamdulillah makin rame yang yg coment. comentnya berbobot semua membuat lebih cerah....semoga yg cuma intip2 saja dah mau coment diblog tercinta ini...Amin.
Salam buat semua penghuni sarang....

Hari Sarwono mengatakan...

http://lh6.googleusercontent.com/-03SePZBireE/ULpkLsg1uKI/AAAAAAAAHkI/8jJOWJf6mTg/s76/salam.gif nyimak sambil ngupi

MUXLIMO mengatakan...

ahhh..alhamdulillah kemaren gak sengaja temuin catatan lama dari Guru, Kang.. berikut penjelasannya:

Jalan yg sampai pd Allah:
Syariat, tarikat, hakikat, dan marifat.

Syariat: kenyataan yg di-ada-kan Allah; berlaku pd anggota zahir berupa amar dan nahi Allah.

Tarikat: jalan yg menyempurnakan perbuatan zahir; tasdik bilqalbi- berlaku pd hati.

Hakikat: keyakinan kpd yg wajib dipercaya hanya satu saja ykni kpd Allah saja; berlaku pd sir hati.

Marifat: pengenalan yg sempurna pd Allah. Orng yg sempurna kenal allah apapun yg terlintas lintas terpandang pandang bisikan2 perkataan2 bau bauan semuanya bukanlah Allah atau Tuhan. Jangan pedulikan krna bukan Tuhan.

Keyakinan orng marifat:
Tuhan ttp laisa kamislihi syai un. Jadi selain Allah/Tuhan adalah mahluk. Kuatkan kelaisaan allah itu tanam dlm keyakinan kita laisanya Tuhan itu.
[Syaikh Siradj]


mudah2an berkenan..sedangkan rikwes selebihnya, bersambung ya, Kang.. insyaAllah :)

Didi Aguero mengatakan...

Salam alaikum sobat & saudara2 penghuni blog,terutamanya bg.Mux.
Salam kenal & salam persaudaraan..mohon izin ikut & gabung dlm pelajaran TAUHID bimbingan K.H.abah Siradj.

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism