Haji Syariat - Haji Hakiki ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Haji Syariat - Haji Hakiki

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.


orang naik Mekah, itulah masuk ke Kosong. Yang Kosong itu dari Wujud sampai Wahdaniyah. Itulah yang dinamakan wukuf. Wukuf itu diam. Itulah puncak haji. Jadi dalam wukuf itu tidak ada zikir-zikir, tidak ada baca-baca lagi. Kalau tahu masalah diam ini, haji hakikilah dia. Bukan sekadar haji syariat lagi.

Kalau tidak tahu masalah Kosong ini, bagaimana hajinya?

Apa yang dimaksud wukuf itu? Diam.
Waktu kita baru sampai di Arafah, apa yang kita pandang? Kosong dulu. Arafah itu berada di mana kalau bukan di dalam Kosong; bertempat di Kosong. Jadi bukan sekadar wukuf di Arafah. Arafah itu sendiri di dalam Tubuh Kosong. Berbeda wukuf di Arafah dengan wukuf di Kosong.

Pergi berhaji itu apa maksudnya? wa fii anfusikum afalaa tubsirun.
Ka'bah itu bersifat Sulbiyah; Kosong ini penampang; kita ini hanya Nur. Inilah rukun yang enam: rukun haji.

Waktu kita baru sampai di Arafah, apa yang kita pandang? Kosong dulu; bukan Arafahnya yang kita pandang, melainkan Kosong tembus-menembus tidak ada hijabnya. Inilah yang dikatakan pandangan Allah: tembus-menembus.

Kosong ini Zat yang terdahulu ada. Jadi orang naik haji itu puncaknya masuk ke Kosong. Jadi, Kosong ini rukun haji. Kalau tidak paham ini, hajinya baru haji wukuf Arafah. Arafah ini ada di mana kalau bukan di Tubuh Kosong? Yang benar itu kita wukuf di Arafah atau wukuf di Tubuh Arafah? Masalah wukuf ini jangan disepelekan sebab inilah puncak segala ritual haji.


"Siapa memandang dirinya putih: ihramlah dia. Hajilah dia. Usailah perjalanan ilmu dan Islamnya paripurna karena perjalanan Islam itu sampai rukun ke-6, yaitu haji."


Waktu kita baru sampai di Arafah, apa yang kita pandang? Kosong dulu; bukan Arafahnya yang kita pandang. Kalau Arafahnya yang kita pandang, tidak ada bedanya dengan kita wukuf di tanah air. Sebab secara bahasa wukuf itu diam; arafah itu mengenal. Jadi wukuf di Arafah itu diam untuk mengenal. Kalau wukuf di arafah tapi tak ada pengenalan, apa bedanya dengan tidak wukuf di tanah air?!

Hakikat haji sebenarnya ialah untuk mendapatkan musyahadah tentang Tuhan. Haji itu bukan untuk bisa melihat Ka'bah dari dekat lalu berfoto di depannya, bukan untuk mencium Hajar Aswad, melainkan untuk mendapatkan musyahadah tentang Tuhan.

Meskipun kita wukuf di Mekah tapi tidak mendapatkan musyahadah tentang Tuhan, sama saja dengan wukuf di Indonesia. Meskipun kita wukuf di tanah air, kalau mendapatkan musyahadah tentang Tuhan, di tanah sucilah kita.



Syaikh Bayazid Al-Busthami suatu saat pergi naik haji ke Mekkah. Pada haji kali pertama, ia menangis. "Aku belum berhaji," isaknya, "karena yang aku lihat cuma batu-batuan Ka'bah saja."

Ia pun pergi haji pada kesempatan berikutnya. Sepulang dari Mekkah, Bayazid kembali menangis,
"Aku masih belum berhaji," ucapnya masih di sela tangisan, "yang aku lihat hanya rumah Allah dan
pemiliknya."

Pada haji yang ketiga, Bayazid merasa ia telah menyempurnakan hajinya. "Karena kali ini," ucap
Bayazid, "Aku tak melihat apa-apa kecuali Allah subhanahu wa ta'ala...."


***


Syaikh Al-Junaid Al-Baghdadi q.s. kedatangan seorang tamu. Beliau bertanya, “Dari mana saja anda ?”

Tamu itu menjawab, “Aku baru menunaikan ibadah haji”.

“Sejak pertama berangkat dari rumah, apakah kamu telah meninggalkan semua dosa ?” Syaikh Al-Junaid q.s. kembali bertanya.

“Belum”, tamu itu menjawab.

“Berarti engkau tidak sedang dalam perjalanan ruhani. Apakah setiap beristirahat di malam hari, engkau melintasi semua maqam di jalan menuju Allah ?”

“Tidak”

“Berarti engkau tidak menempuh perjalanan setahap demi setahap. Ketika memakai pakaian ihram, apakah engkau melepaskan sifat-sifat manusiawi seperti engkau melepaskan pakaian sehari-hari ?”

“Tidak”

“Berarti engkau tidak mengenakan pakaian haji (ihram). Ketika engkau singgah di ‘Arafah, apakah engkau menyaksikan (musyahadah) Allah ?”

“Belum”

“Berarti engkau tidak singgah di ‘Arafah. Ketika ke Muzdalifah dan mencapai keinginanmu, apakah engkau telah meniadakan hawa nafsumu ?”

“Belum”

“Berarti engkau tidak pergi ke Muzdalifah. Ketika tawaf mengelilingi Ka’bah, apakah engkau telah menyaksikan keindahan non materil Tuhan ?”

“Belum”

“Berarti engkau tidak mengelilingi Ka’bah. Ketika sa’i antara sofa dan marwa, apakah engkau telah menggapai kesucian dan kebajikan ?”

“Belum“

“Berarti engkau tidak sa’i antara sofa dan marwa. Ketika sampai ke Mina, apakah keinginanmu telah sirna ?”

“Tidak”

“Berarti engkau belum mengunjungi Mina. Ketika sampai di tempat penyembelihan kurban, apakah engkau mengurbankan segala hawa nafsu ?”

“Tidak”

“Berarti engkau belum berkurban. Ketika melempar batu jumrah, apakah engkau telah melemparkan pikiran-pikiran hawa nafsu yang menyertaimu ?”

“Belum”

“Berarti engkau belum melaksanakan jumrah. Engkau belum melaksanakan ibadah haji. Kembalilah ! lakukan ibadah haji seperti yang aku gambarkan agar engkau bisa sampai ke maqam Ibrahim”



Jadi haji itu untuk mendapatkan musyahadah tentang Tuhan. 

Wahai Anda yang sudah bergelar haji, sudah dapat ihram-nya belum?
Meskipun kita wukuf di Mekah tapi tidak mendapatkan musyahadah tentang Tuhan, sama saja dengan wukuf di Indonesia. Meskipun kita wukuf di tanah air, kalau mendapatkan musyahadah tentang Tuhan, di tanah sucilah kita.


Wahai Saudara-saudaraku yang belum mampu pergi berhaji secara syariat, jangan berputus-asa.
Firman Allah, berhaji itu bagi yang mampu. Kalau belum mampu pergi haji secara syariat, berusahalah pergi haji secara hakiki. Guru kami, Syaikh Undang Siradj, menjamin Anda meraih haji. Pasti haji. Bahkan gelar haji yang ini dibawa sampai ke akhirat. Makanya setiap habis shalat itu biasakan wukuf dulu. Setiap habis shalat itu biasakan bertafakur-hakiki dulu: diam dulu. Bagaimana diam yang dimaksud itu? Nanti kami uraikan. Ini bukan olok-olok karena pengetahuannya ada.

Wahai kaum awan, janganlah terlalu awam benar. Ketahuilah masalah haji hakiki ini.
Wahai kaum yang membangga-banggakan gelar haji. Kalau sekadar haji syariat, buat apa? Ini bukan mau membunuh rukun Islam, bukan mau membunuh syariat pergi berhaji ke tanah suci.


  • Orang yang meraih haji hakiki, kalau dia sudah berkumur dalam wudhu, tidak ada lagi bicara dengan tujuan yang kotor.
  • Orang yang meraih haji hakiki, kalau sudah membasuh kepala dalam wudhu, tidak ada lagi pikiran-pikiran untuk menipu orang dengan gelarnya.
  • Orang yang meraih haji hakiki, kalau sudah lubang hidungnya terbasuh air wudhu, tidak ada lagi hidung melambung waktu orang memulakan panggilan dengan kata haji di depan namanya dan tidak ada lagi kebanggaan dalam hati, " Aku ini haji".
  • Orang yang meraih haji hakiki, kalau tangannya sudah terbilas air wudhu, tidak ada lagi perbuatan yang bersifat merusak meskipun dengan alasan menegakkan yang haq.
  • Orang yang meraih haji hakiki, kalau kakinya sudah diusap air wudhi, tidak ada lagi melangkahkan kaki ke tempat maksiat.

Kalau ada haji yang masih berbicara dengan tujuan muslihat-kotor; berpikir untuk menipu orang, berbangga diri, berbuat kerusakan, dan berjalan ke tempat maksiat zahir dan maksiat batin, itu tanda-tanda haji yang batal.

Haji syariat dan haji hakiki berbeda bagai siang dan malam; bagai langit dan bumi.
Sikap seorang haji hakiki itu, yang jahat dinasihati, bukan dirusak. Baru bisa kelihatan Islam itu kuat karena bersifat menasihati. Haji-haji itu mestinya jadi penasihat orang maksiat, bukan jadi perusak tempat-tempat maksiat.


Syaikh Siradj



Haji Syariat - Haji Hakiki
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-03-03T01:01:00+07:00
Haji Syariat - Haji Hakiki
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: , ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

72 komentar:

niran azza mengatakan...

hadiir salamu,alaikum

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

salam alaikum hadir #ngetiknya sambil diam :25:

Unknown mengatakan...

Salam alaikum warohmatullah teruntuk kangmux dan sobat sarang semuanya …
serta Salam hormat buat Abah Undang sirajd …

Salut buat kangmux yg tak mengenal lelah dlm menyampaikan syiar Tauhidnya …
dgn Rasa tulus ikhlas kami hanya bs membantu dg DOA Semoga ABAH dan KANGMUX senantiasa dlm limpahan RAHMAT serta RIDHONYA …

Amin ya Robbal Alamin …

Unknown mengatakan...

alhamdulillah..syukron

Antox Hooligan mengatakan...

Alhamdulillahirabbil alamin, subhanallah...
"Guru Kami : Syaikh Undang Siradj" menjamin anda meraih haji hakiki" ⌣»̶»┏̲A̶̲̅┓┏̲M̶̲̅┓┏̲I̶̲̅┓┏̲N̶̲̅┓««̶⌣ Ɣåª rabbal alamin. Secara tdk lgsung Abah Guru telah menegaskan kembali bahwa kita berada pada track ♈αñƍ sangat benar sdh dikasi tau jalanx, tinggal mau menjalanix atau tidak.....??? (Ane mkin semangat)
La hawla wala quwwata illa billahi..
Alhamdulillah, terima kasih Abah dan Akang Mux kesejahteraan selalu tercurahkan kepadanya dan keluarga ϑΐ pontianak. Kami hanya bisa menyambung Do'a utk beliau2 ɪ̇πɪ̇.... Aminn yaa rabbi

Unknown mengatakan...

Assalamu alaikum sobat sarang semua,
telat lagi neh..absen dulu ah..baru belajar

Terimakasih Abah dan Kang Mux atas ilmunya

Unknown mengatakan...

Aswrb ... dulur2 smuanya .... In sha Allah .. kita semua dpt haji yg mabrur .... salkomsel buat "komendan" ... dan salam hormat buat Bp.KH.Undang Siradj seklg. Wswrb ...

Unknown mengatakan...

Kaji kali ini, menambah keyakinan saya atas jalan yang InsyaAllah, HAQ ini, hampir disetiap paragrafnya membuatnya membuat mata saya berkaca-kaca.. terimakasih Abah dan Kang Mux yang dengan ikhlas memaparkan kaji ini..jazakallah khair

SubhanAllah....Walhamdulillah...walaIlaha illAllah.. Allau akbar..

Unknown mengatakan...

Kang Mux, Tolong pencerahan tentang akhir kedua paragraf dibawah ini:

Pergi berhaji itu apa maksudnya? wa fii anfusikum afalaa tubsirun.
Ka'bah itu bersifat Sulbiyah; Kosong ini penampang; kita ini hanya Nur. Inilah rukun yang enam: rukun haji.

"Siapa memandang dirinya putih: ihramlah dia. Hajilah dia. Usailah perjalanan ilmu dan Islamnya paripurna karena perjalanan Islam itu sampai rukun ke-6, yaitu haji."

:10:

Unknown mengatakan...

Assalamualikum sobat sarang semua.....

Unknown mengatakan...

Assalamu Alaikum wr.wb. Alhamdulillah... tau ga kangmux, 2 hari lalu ane diskusi sama mas seno tentang WUKUF ini. apa2 yg dijelasin dipostingan ya ini semua hasil diskusinya. hahaha....

Unknown mengatakan...

Subhanallah

Unknown mengatakan...

Bang Bahri Batam, ke PONTIANAK yuks. InsyaAllah kalau ga ada halangan kamis berangkat. sekalian malamnya ikut pengajian abah n silaturahim dg ikhwan2 kita di ponti, especially Kangmux (kalau Abah sih udah pasti hehehe) :D

Unknown mengatakan...

Pak Djun, ke ponti yuks. kamis ketemuan di bandara SOETTA. berangkat ke PONTI-nya dari Jakarta. gimana?

Unknown mengatakan...

terbukti NYATA bahwa abah mengawasi murid2-nya.

Unknown mengatakan...

InsyaAllah yg pergi ke PONTI nanti Bang Saiyo Sakato, Mas Arie Karakter, n ane. kalau ada anggota yg mau silaturahim ke tempat Abah, bareng aja yuk kamis :D kita silaturahim ketemuan disana.

Unknown mengatakan...

Pergi berhaji itu apa maksudnya ? wa fii anfusikum afalaa
tubsirun .
Ka 'bah itu bersifat Sulbiyah ; Kosong ini penampang; kita ini
hanya Nur . Inilah rukun yang enam : rukun haji .

Subhannallah …… benar sekali …

sesungguhnya KA'BAH zohir yg ada dimekah dijaga dg bersih utk para pekerja Hajji …
namun yg lbh tinggi lagi kesucian yg harus kita jaga adlah KA'BAH batin … yg keatasnya HAKIKAT nya akan memancar …

Unknown mengatakan...

SubhanAllah...

Unknown mengatakan...

Maksud rukun keenam tuh apa kang arie..????
kalau jadi InsyaAllah ke Ponti, Titip salam buat Abah and Kang Mux ya kang..

Unknown mengatakan...

kayaknya dari redaksi diats ngajak neh.. mau dong ikut Uda Arbi, asalkan ditanggung Tiket PP... :))

Unknown mengatakan...

salam alaikum sobat sarang.
test test pke hp...manfaatin wi-fi kmr tetangga....

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Asalammualaikum warohmatullah wabarokatuh...

Hadiiir kang MUx....semua aman n terkendali!!!
Hot linenya msh yg itu juga kan.? siiiipp lah

Unknown mengatakan...

Wahwahwah ...Udh pd hadir nih ..., Salam Alaikum cemua
Eh ... bener udh mau brgkt nih bang Arbi? ane malah baru tau nih, skrg lg di tmpt keraan nih. Yah udh duluan aja bang Arbi Do'aku menyartaimu Salam sayang buat Abah n Bang Mux. Insya Allah ane Nyusul.

Unknown mengatakan...

Apa yang dimaksud wukuf itu? Diam.
Waktu kita baru sampai di Arafah, apa yang kita pandang? Kosong dulu. Arafah itu berada di mana kalau bukan di dalam Kosong; bertempat di Kosong. Jadi bukan sekadar wukuf di Arafah. Arafah itu sendiri di dalam Tubuh Kosong. Berbeda wukuf di Arafah dengan wukuf di Kosong.
Bang Mux Kosong disini kosong Zat Sifat Ya Bang ???

Kemudian

Kosong ini Zat yang terdahulu ada. Jadi orang naik haji itu puncaknya masuk ke Kosong. Jadi, Kosong ini rukun haji. Kalau tidak paham ini, hajinya baru haji wukuf Arafah. Arafah ini ada di mana kalau bukan di Tubuh Kosong? Yang benar itu kita wukuf di Arafah atau wukuf di Tubuh Arafah? Masalah wukuf ini jangan disepelekan sebab inilah puncak segala ritual haji.

Dan kalau Kosong yang ini Kosong Maha Suci ya Bang ???

Unknown mengatakan...

Sebenernya rindu kali mo silaturahmi dgn Abah ,Kang Mux n para ichwan/ahcwat di Majlis Tauhid Al-Wahidiyah Ponti,,, pasang niat udah lama mo ke ponti ,,,Insya Allah nanti nyusul rame2 dg keluarga sy ...yang paling penting adalah dengan "menguatkan" niat yg tulus dulu pasti bisa berangkat walaupun terkendala masalah fulus ... nanti Bang Arbi tolong sampaikan salam Hormat dr kami keluarga Djunaedi Miradj utk Abah Undang Siradj dan Kang Mux ....Aamiiin ,Kalau Bang Arbi jadi berangkat ke ponti tlng ksh tau saya lwt email aja....

Unknown mengatakan...

mas Arie.. ka'bah batin yg bgmn ya ?

Unknown mengatakan...

bang Arby ,,,, wah mau rombongan ya. jd kepengin..

kpn y sy sm mb Annisa bs ke ponti. semoga ada jln sekali dlm hdup bertemu dgn abah dan kang Mux..

Unknown mengatakan...

maaf ya bang bahri ini ane mendadak. begitu ada panggilan langsung jalan, tanpa rencana2 lagi. ane yakin kalau abang ada di Batam pasti udah ikut, tapi krn lg dines luar ane paham. Trims doa abang untuk kami2, semoga begitu pulalah doa kami atas abang n keluarga. Amiin ya robbal alamin...

Mbak Sally n Pak Djun, InsyaAllah salam kangen n rindu buat abah ane sampaikan.
*asal jgn minta oleh2 ajah. hihihihihihi

Unknown mengatakan...

Bang Alam, insyaAllah ada waktunya jika panggilan sudah datang. begitu juga kiranya dengan HAJI. InsyaAllah salam abang ane sampaikan ke abah.

Unknown mengatakan...

Dulur2 .... ke Ponianak yoookkkkk ... Kita begadang di rmh Abah .... sambil nguppiii n makan ruuutttiiii ... hahahahaha ...

Unknown mengatakan...

Baitulloh ... yg hakiki ada di Qolbu mukmin .... hahahhaa .. sok tau niii ...

Unknown mengatakan...

Orgnya keren ... sdh naek haji lg .... (memuji diriNya sendiri) ... (kena ga .. dalilnya ?) Hehehehe ...

Unknown mengatakan...

Insya Allah begini mbak... Ka'bah yg dimekah itu dikatakan Rumah Allah...

lalu Ka'bah yg ada didlm diri kita yg mana?
inilah ka'bah batin … yaitu Qolbu (hati) :
Qolbu mukmin instana Allah …
qolbu inilah yg hrs kita jaga kesuciannya …
swkt kita sholat tubuh zohir kita menghadap Ka'bah (kiblat)...
sdgkan kiblat hati kita hnya kpd Allah... sbnrnya ada 3 kiblat swkt sholat... tp ketahuilah yg 2 ini dulu...

hakikat Ka'bah batin adlah Qolbu..

Ka'bah = kata Batin

apabila Qolbu ini sdh suci maka kita akan mendgr kata dari yg HAQ ..itulah kata batin ...
sbnernya didlm sholat kita itu sdh trngkum sgalanya .. puasa zakat haji bhkan mkna qurban..

Allahu a'lam..

Unknown mengatakan...

mksh mas Arie,,, tmbh dkit ngeh kyknya.

sbnrny di dlm sholat kita itu sdh terangkum segalanya..puasa zakat haji bhkn makna qurban..jd mau tau lbh lagi (karna sy blm tau ) bs sekalian mas pnjelasannya ????

Unknown mengatakan...

"Guru kami, Syaikh Undang Siradj, menjamin Anda meraih haji. Pasti haji. Bahkan gelar haji yang ini dibawa sampai ke akhirat. Makanya setiap habis shalat itu biasakan wukuf dulu."

Biasakanlah setiap selesai sholat, zikir, n doa luangkan waktu barang 5 menit utk latihan DIAM. InsyaAllah banyak rahasia disana bagi yg ingin Musyahadah, bagi yg dikehendaki-Nya.

*latihan DIAM ini sebentar, tidak boleh lama. seperti kata abah kalau lama JAHAT.

Unknown mengatakan...

Berangkat haji ke tanah suci
Membawa diri yang belum suci
Alasan kesempurnaan iman di hati
Haji dicari...tamasya didapati..

Musim haji musim kenduri
Meninggalkan sanak famili
Tidak cukup pergi sekali
Berlomba berkali-kali

Bila hati tidak lah suci
Selau ingin pergi berhaji
Sekedar menambah menyombongkan diri
Bahwa aku haji berkali-kali

Hajikan dulu punya diri
Berhaji dengan Af'al ilahi....
Berhaji dengan Sifat illahi...
Yang dipercikan kedalam diri...

Ya Rabbul Izati.....
Fahamkanlah akan Af'al Mu...
Fahamkanlah akan Nama Mu...
Fahamkanlah akan Sifat Mu....
Yang ada hanya DZAT MU......

Unknown mengatakan...

hehe insya Allah bkn karena bang saiyo sok tau tp krn mmg tau kok... hehe..

Qolbu mukmin Baitullah …

baitullah = rumah Allah <<<< beda dg arsy

Unknown mengatakan...

insya Allah nanti kita bahas di KPM aja ya … hehe

Unknown mengatakan...

o rang naik Mekah , itulah masuk ke Kosong . Yang
Kosong itu dari Wujud sampai Wahdaniyah. Itulah
yang dinamakan wukuf . Wukuf itu diam. Itulah
puncak haji . Jadi dalam wukuf itu tidak ada zikir -
zikir , tidak ada baca-baca lagi. Kalau tahu
masalah diam ini , haji hakikilah dia. Bukan
sekadar haji syariat lagi .

kalau dihubungkan dg QOLBU MUKMIN BAITULLAH …
Karena KA'BAH itu KOSONG …
berarti QOLBU kita harus KOSONG dari selain ALLAH …
bener gk kang mux ? mhon penjelasannya kang...

Dai Sishimaru mengatakan...

Assalamu'alaikum... meni rame kieu nya? ti marana sareng bade kamarana ieu teh? angkat henteu ngalengkah, dugi henteu ngalih..

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Lur..
kemis pageto Bang Bos Saiyo, Bang Arbi, en Brad Arie bade ka Ponti. milu moal tah? :D

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh,
sambil diam ya?! :8: Bro..

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, wahai pemuda pemalu tapi pegiat hakiki yang garang :}}

Makasih banyak atas doamu, Brad. aamiiin.. tentu doamu kupantulkan lagi agar sama-sama dapat ya. :D aamiiin.

MUX SPARROW mengatakan...

:2: ada yang mau ke ponti!!! :2:
*sembunyi ah.. :7:

MUX SPARROW mengatakan...

sudah dibantu jawab sama Brad Arie di bawah ya, BangBro :D

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Oil Man :D

MUX SPARROW mengatakan...

ouw yweaahh?! :2:

MUX SPARROW mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Djun!
Alhamdulillah...! legaaa :25:

MUX SPARROW mengatakan...

Bener, Bang Bahri.. :8:

MUX SPARROW mengatakan...

Di tataran Qadim, Kena Bang Bos.. :8:

tapi kalau orang yang gak kenal bilang gitu jatuhnya ke baharu, kena juga sih..kena pangkong! :24: wkwkwkwkwk :g:

MUX SPARROW mengatakan...

:8: kalimat terakhir itu kunci yang suka lupa ane sebutin :D

MUX SPARROW mengatakan...

hanya bisa kasih: :8: :8: :8: :8: :8: :8: :8:

MUX SPARROW mengatakan...

mantep. ya, insyaAllah gitu, Brad.. :8: soale Kabah yang beneran juga isinya kosong, gak ada apa-apanya. Itu aja udah musti jadi i'tibar yang memancing iqra bagi kaum yang mau berpikir ya :]

Dai Sishimaru mengatakan...

Alhamdulillah.. ngiring bingah kang.. insya Allah upami dikersakeun mah hiji waktos urang sadaya bakal pendak.. salam wae ka sadayana utamina ka syekh Undang Siradj..

MUX SPARROW mengatakan...

Alhamdulillah, insyaAllah aamiiiin.., siap, Lur.. salam insyaAllah didugikeun wae da :25:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah …
bisa ditarik kesimpulan
kalau Qolbu / hati sdh kosong dari selain ALLAH … berarti hanya Ada Allah …

kiblat tubuh atau jasad KA'BAH BAITULLAH
Kiblat hati kepada ALLAH
kiblat nyawa kpd RAHASIA

Tubuh hati nyawa Rahasia ESA dg TUHAN …
insya ALLAH sempurnalah kiblat sholat kita menghadap TUHAN …

Allahu a'lam

uyieq mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb sobat sarang semua.salam kenal.smg sehat sll buat kang mux n kluarga,buat bang arbi ma rekan2 yg mo brgkat ke ponti titi dj yach."hasrat hati mendapatkan haji yg hakiki,namun belajar "DIAM"nya msh ngawur.mhon bimbinganya kang mux n sobat smua.smg Allah ta'ala slalu menumpahkn rahmatNya untuk kita semua.amien.

Kang Oncom mengatakan...

Wa'alaikum salam..
salam kenal juga buat saudara syams :D

Kang Oncom mengatakan...

oh jadi ini ya 3 kiblat yang disebut bang arie di atas :D

Anonim mengatakan...

Amin ya Robbal Alamin …

Anonim mengatakan...

Mbak Sally.........

InsyaAllah pada waktu yang sudah ditentukan

uyieq mengatakan...

mhon pencerahanya kang mux mengenai kalimat dr bang bahri "klo kosong yg ini kosong Maha suci ya bang???" gmana maksudnya bang smg Allah memberi faham kpd sy yang awam ini perantara kang mux.amien.

Unknown mengatakan...

Assalamuallaikum hatur nuhun kang Mux postingan nya salam nya buah abah di sana...salam juga buat sahabat sarang semuanya....semoga selalu sehat..

Kang Oncom mengatakan...

sebelumnya mungkin bang syams harus baca2 dulu postingan dengan label "sama-tengah hati" :D

Unknown mengatakan...

Insya Allah yg dimaksud Abah itu HAJI RUHANI kang Alam... karena disitu dikatakan Abah ilmu dan islam yg paripurna … ISLAM YG PARIPURNA ITU ISLAM YG ZOHIR BATINNYA ISLAM …
Jadi kalau menurut kesimpulan saya bkn berarti ABAH menambah rukun islam...

Allahu a'lam...

makna islam = selamat

kalau kita kaji huruf = alif syin lam alif mim

alif = Allah
syin = salam (selamat)
lam alif = La.ilaha ilallah
mim = muhammadurosulullah

jd bs artikan ISLAM= Allah menyelamatkan org yg mengucapkan La ilaha ilallah muhammadurosulullah
ISLAM ZOHIR BATIN = BATIN ALLAH ZOHIR MUHAMMAD

org yg mengenal hakikat dirinya inilah yg disebut Islam zohir batin …
Allah menyelamatkan org yg menjaga atau mengenal zohir dan batinnya …

BATIN ALLAH ZOHIR MUHAMMAD
BATIN MUHAMMAD ZOHIR ALLAH
ZOHIR BATIN ALLAH..

ALLAHU A' LAM …

uyieq mengatakan...

trma kasih kang oncom masukanya.lgsug meluncur.

Unknown mengatakan...

kalimat bang Arby yg ni kok bru tau maksudny pgi ini ya,,, tuh kan tuh kaaan sally telat lg pahamnya...makany bc pake santey jgn pke napsu .....

Unknown mengatakan...

kalimat bang Arby yg ni kok bru tau maksudny pgi ini ya,,, tuh kan tuh kaaan sally telat lg pahamnya...makany bc pake santey jgn pke napsu .....

Anonim mengatakan...

Terbukti bahwa ALLAH tidak pernah mempersulit UmatNYA..........

Bagi yang kagak gableg duit bisa juga mendapat Gelar Haji ,Bahkan gelar haji yang ini dibawa sampai ke akhirat. Makanya setiap habis shalat itu biasakan wukuf dulu."

Semoga ALLAH berikan pemahaman buat mbak Karti dan kita semua

say mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM WR.Wb SALAM saya terkhusus buat ABAH GURU, BANG MUX BANG ABI n Ihwan sarang semua Alhamdulillah BER xxxxxx hanya itu yg dpt q ucapkan, smoga snntiasa mendapat rahmat dri ALLAH dlm mmbagi ilmux, sya org awam sngat brsyukur dgn adanya blog ini q snntiasa mohon ijin belajar n mengamalkan isi tausiahx, mga ALLAH mengijinkan kefahaman u/ n qt smua. AAMIIN YA RAB.

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism