Maharuang: Kiblat Maqami ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Maharuang: Kiblat Maqami

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.

Kosong yang kita pandang ini Sifat. Kalau yang di Maharuang, tidak ada Sifat, hanya Zat Mutlak semata-mata. Maharuang itu bentuk dan rupanya tidak dapat dilihat, tapi suaranya ada. Yang bersuara itu hanya Nur. Suara Nur itu qadim. Suara qadim itu tidak ada `ain-nya (bentuk) dan tidak ada bekasnya. Tidak pula meninggalkan tempatnya. Hanya para wali yang tahu cerita ini.


Expanding Universe


Dia bermuka satu, tidak bermuka dua (tidak ada depan-belakang-samping-atas-bawah) dan tidak menerima bagi. Tempatnya pun kita sudah tahu. Allah itu kebesaran-Nya yang meluas. Tidak punya garis-garis (batas). Berdiri sendiri.

Tuhan itu nyawa hakiki semata-mata (Nur Ilahi semata-mata). Inilah yang meluas dan besar dan tidak mengambil tempat. Cahaya iniah Cahaya Qadim yang terlebih azali. Dalilnya, "nuurun `alaa nuurin"; Yang disebut Cahaya di atas cahaya itu yang terlebih bercahaya daripada Nur. yang terlebih bercahaya daripada Nur, Dia-lah itu.

Yang begitu, begitulah adanya. Tidak bisa berubah lagi karena sudah ditetapkan begitu. Tidak bermasa. Begitulah selama-lamanya. Tidak ada permulaah dan tidak ada penghabisan-Nya. Ada di dalam diam, yakni diam sediam-diamnya. Bagaimana mau tahu Tuhan Yang Satu kalau tidak tahu Yang Kedua. Bagaimana mau tahu Yang Kedua, kalau tidak kenal Yang Satu.

Shalat ada di dalam yang diam dan ada yang di dalam diam. Yang ada di dalam diam: sibuk. Di padang pasir pun masjid juga [Maharuang = Kiblat Maqami. Masjid itu tempat beribadah dan menyembah Tuhan. Sebelum ada makhluk, dijadikan-Nya dulu Cahaya Diri-Nya [Nur Ilahi/Zat Mutlak sebagai Kosong Maharuang yang menjadi tempat bagi sekalian makhluk. Tentulah tempat beribadah pertama itu Tubuh-Nya. Inilah juga penjelasan tentang Yang Kesatu dan Yang Kedua. Maksud pembicaraan ini mengarah pada skema penciptaan (Mux)].

Kif yaa Muhammad, Ana Rabbaka yushalli.
Ini shalatnya tidak cepat. Di dalam diam itu rukun 13. Di tempat ini baru yakin saja karena di mana tempat pun: masjid.

Orang yang tidak pernah bertafakur, tulangnya lembut semua karena Tuhan itu tidak ada lemahnya. Shalat itu tafakur juga. Dinamakan tafakur itu hanya sebentar saja. Shalat itu sunnaturrasul. Kalau tafakur, berilmu tinggi. Orang yang tidak pernah bertafakur seumur hidup: jahil murakab. Jahil pada dirinya sendiri dan pada Tuhannya.

Tidak ada yang mengetahui Tuhan melainkan Tuhan atau Ruh Qudus.  Ruh Qudus tetap ada di Mekah (Baitullah). Nur, kalau dia meninggalkan tempatnya, bisa tidur kita. Tuhan hakiki, dari dada sampai Maharuang. Yang mengenal Ruh Qudus hanya Adam.

Tafakur majati itu: dirasakannya yang diam di sama-tengah hati. Tafakur hakiki tidak dirasakan, dirasakan semua. Ini dinamai Zahiru Rabbi wal bathinu abdi. Yang majati itu Rahasia Allah. Bersifat kosong sekosong-kosongnya. Yang utama dipakai, tafakur hakiki.

Ketika shalat, takbirlah panjangnya 3 alif (harakat) kemudian tafakur hakikilah. Berdiri shalat, diketahui yang ada di Maharuang. Ruh Qudus yang mengetahui yang ada di Maharuang itu. Hakiki itulah takbir.

Kosong Mahasuci itu Kosong belum ada titik. Zat dan Sifat itu Kosong yang sudah bertitik: Kosong ber-alif. Siapa tidak ada pandangan batinnya pada Sifat-Nya, sama dengan binatang. [Maksudnya tidak ada pengenalan pada Kosong (Mux)]




"… Mereka (manusia) punya hati tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah), punya mata tetapi tidak dipergunakan untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), punya telinga tetapi tidak mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka (manusia) yang seperti itu sama (martabatnya) dengan hewan bahkan lebih rendah (lagi) dari binatang."

“Dan barang siapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).”
[Qs. Al-Isra:72 dan 179]

Maharuang: Kiblat Maqami
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-03-21T11:05:00+07:00
Maharuang: Kiblat Maqami
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: , ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

60 komentar:

Unknown mengatakan...

pertamax kayaknya nih :D

MUX SPARROW mengatakan...

:2:

Berhadiah ~O) sama kiceup Neng Bunga http://lh6.googleusercontent.com/-l9O9Nf8uLIg/UKIzekuJyNI/AAAAAAAAHFo/FiRMbsq_81s/s68/wink-and-flirt.gif deh, Kang :c:

MUX SPARROW mengatakan...

*salah emot :g:

Unknown mengatakan...

Keduax.. hehe... Salam alaikum warohmattullah …

MUX SPARROW mengatakan...

Yang keduax hanya dapat http://lh6.googleusercontent.com/-l9O9Nf8uLIg/UKIzekuJyNI/AAAAAAAAHFo/FiRMbsq_81s/s68/wink-and-flirt.gif Neng Bunga yah.. :g:

duh, Braderrr.. banyak pe-er postingan nih.. :9: mohon bantuan doanya yah.. :D :21:

Unknown mengatakan...

insya Allah kang mux... siap doaku slalu menyertaimu saudaraku ( lebay sdikit xixixixii)..

btw mhon di shre kang foto2 kmrn.. uploud ke fb saya aja kang ^_^

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum semua ketigax...

Anonim mengatakan...

Salam alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Kali ini bdak bisa Pertamax

tak apalah,nyimak dan baca lagi ah............

Unknown mengatakan...

Salam 'Alaikum...hadir.

Si Arnol mengatakan...

"Tafakur majati itu: dirasakannya yang diam di sama-tengah hati. Tafakur hakiki tidak dirasakan, dirasakan semua. Ini dinamai Zahiru Rabbi wal bathinu abdi. Yang majati itu Rahasia Allah. Bersifat kosong sekosong-kosongnya. Yang utama dipakai, tafakur hakiki.

Ketika shalat, takbirlah panjangnya 3 alif (harakat) kemudian tafakur hakikilah. Berdiri shalat, diketahui yang ada di Maharuang. Ruh Qudus yang mengetahui yang ada di Maharuang itu. Hakiki itulah takbir."


Ini dia... :25:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum sobat sarang n Abah n Mux...bang Arbi kemana ya?
Absen dulu Kang Mux kayaknya masih pagi nih...tapi materi kajiannya semakin lama makin dalem buat mahaminnya ,,,Insya Allah hanya "Dia" yang nantinya akan membukakan pintu paham utk kita yang ber-sungguh2 dlm perjalanan pencarian diri NYA.....

Unknown mengatakan...

wkwkwkwkwk

Unknown mengatakan...

Assalamuallaikum sodaraku semua semoga sehat semua nya..salam Sejahtra kang Mux..juga buat abah sekeluarga...

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum sobat sarang semuanya

yang penting absen dulu ah..

Muaz Elhaaj mengatakan...

Assalamuálaikum Wr. wb.

Hadirrr...!! membacanya musti peLan-peLan, supaya tidak tergelincir dalam kesalahpahaman.

Unknown mengatakan...

absen sore dulu...

Anonim mengatakan...

Tafakur hakiki itu tidak di rasakan maksunya gini kaliya bang karna yang punya rasalah yang merasa. Karna pada hakit nya kita kosong.

Unknown mengatakan...

Hadirrrr ... "Komendan" ....

Unknown mengatakan...

alaikum salam... yg ketiga hati2 tersiram kupi......


absen tengah malam sobat semua.

Unknown mengatakan...

Makin dalam (jero pisan)... :21:

Unknown mengatakan...

http://lh6.googleusercontent.com/-03SePZBireE/ULpkLsg1uKI/AAAAAAAAHkI/8jJOWJf6mTg/s76/salam.gif absen pagi

Unknown mengatakan...

kalau.dilihat dari komennya... dan komen dipostingan sebelumnya.. mas devi hendra ini kayaknya sdh banyak paham tentang tauhid ^_^

Unknown mengatakan...

Assalamualikum wa rahamatullah...Nyimak selalu...

Rahnrav mengatakan...

Salaamu alaykum.. ikutan nyimak..

Unknown mengatakan...

pusing kang mux,kyk abis ketiban duit seribu sekalian kotak amal'y..wkwkwk..
Nyimak wae lah smbil nyruput kupi..! :D

Anonim mengatakan...

Asslamualaikumn bang mux mas ari dan sobat sarang semua. Tidak begitu ada nya mas ari saya juga masih belajar. Dan saya senang sekali ada di sini. Karna bisa menambah wawasan dan ilmu tauhid. Oh ya tentang penjelasan abah gimana tau yang satu kalau tidak tahu yang dua. sedangkan jalan nya harus tahu yang dua dulu baru tahu yang satu benar ngak band mux sama dengan( alif lam mim)

MUX SPARROW mengatakan...

Sip! makasih Brader :D .. foto-foto? hehehe tunggu tanggal mainnya ya :]

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas dan Mbakyu ne :D

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, kalau gitu sekali2 premium apa solar aja, Mbak.. :3:

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas.. dicateet.. :13:

MUX SPARROW mengatakan...

:D

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Djun.. wah entah ke mana tuh kondektur kita yang satu itu [Bang Arbi].. ngelaba melulu dia.. **pecat jangan yah?! :-? http://lh3.googleusercontent.com/-eMmpb7I5lIs/UHWB8_k211I/AAAAAAAAGKI/fxbsaXFk_s0/s40/juwig-ompong.gif

hehehe, iya, Bang.. makin ke sini bahasan kita makin ke arah hakiki ya.. insyaAllah dipahamkan juga kok.. aamiiiin http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, alhamdulillah.. terima nuhun, Kang Dulur.. semoga demikian juga untuk Akang dan keluarga di sana ya.. :21:

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, BangBro.. makasih kiriman file kamus tauhidnya ya.. :8: http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, betul nian, MasBro.. wajib dengan paham, jangan dengan salah paham ya.. tapi insyaAllah dipahamkan. aamiiin.. :25:

MUX SPARROW mengatakan...

:8:

MUX SPARROW mengatakan...

ralat redaksinya dikit, Mas Hendra :D
"karena hakikatnya kita ini wujud bayangan yang tidak punya wujud hakiki."

*bedakan dengan kosong sebab bahwa diri kita ini kosong bisa saja disalahpahami orang sebagai tiada. meskipun baharu itu hakikatnya tiada, jangan ditiada-tiadakan sebab nanti malah jadi ada. :D

MUX SPARROW mengatakan...

Sip, BangBos! :D

MUX SPARROW mengatakan...

seberaha meter tah jero na, Kang?! :3:

MUX SPARROW mengatakan...

http://lh5.googleusercontent.com/-NyfcNUQUYYA/ULpkRODStNI/AAAAAAAAHmA/pS9ZZXWpcWU/s74/wsalam.gif Mas Sarwono.. :)

MUX SPARROW mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, alhamdulillah.. makasih Kang Dulur.. :21:

MUX SPARROW mengatakan...

alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, silakan dan selamat datang Mas :)

MUX SPARROW mengatakan...

qkqkqkqk, sampe segitunya Mas.. bener, Mas.. bawa santai aja ya ~O)

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatu, tapi dugaan Brad Arie saya angguki juga lho, Mas.. :D

wah, soal kaitan dengan alif lam mim.. saya kurang tau juga, Mas.. adapun yang di atas itu cenderung pada Tuhan dan Cahaya Diri-Nya: Allah-Muhammad. Allahua'lam. *insyaAllah nanti saya konfirmasi ke Abah :)

Unknown mengatakan...

wah, kang mux, saya juga mau donk kiriman kamus tauhid nya, hehe, :4:

MUX SPARROW mengatakan...

tenang, Mas.. semua pasti kebagian kok.. rencananya mau dimuat di sini juga. Tunggu tanggal mainnya ya :D

Unknown mengatakan...

sip, mudah-mudahan bisa pertamaX, :24:

Unknown mengatakan...

Kalau sdh ketemu di alif lam mim … untuk menguatkan cari pula di alif lam ro …

*siul _ siul ^_^

Anonim mengatakan...

Oke dech mas ari. Bocorin dikit bngat yang banyak dong mas. Salam. He he. Bang mux titip salam buat abah yach. Salam dua kali nich ohoi ohoi

Kang Oncom mengatakan...

*) meninggalkan jejak dan kabur hihihi :7:

Unknown mengatakan...

hadiiiiirrrr.....
*masuk kelambu lagi ah...hihihi

Unknown mengatakan...

injih kang mux.! Ini lg di baca2 kang, sambil selonjoran kyk di pantai. Jujur kang setelah baca blog ini banyak pertanyaan tentang Allah yang dulu "bergelayut"<--jiaaah mlh kyk tarzan, sedikit demi sedikit terjawab..

Antox Hooligan mengatakan...

Salam Alaikum Om Mux...
Semoga Abah Guru KH. Undang Siradj dan Om Mux selalu dalam keadaan sehat dan penuh rahmat... Aminn Yaa Rabbi.

Kangen Neh jarang komeng di lapak, anggotanya udah buanyak sekali skrg makin terbukti banyak saudara2 kita yang haus akan kebenaran...

Salam kenal buat semua para salik yg mencoba menghayati kajian di sini semoga allah memberikan kepahaman kepada kita semua tentang kebenaran...

Kepada saudara2 ku yang lama2, salam persaudaraan dan salam hangat selalu..http://lh5.googleusercontent.com/-_zoLovtiL6g/UM26wgL9e4I/AAAAAAAAH34/uyAjyowW2bU/s89/inshallah.gif

Unknown mengatakan...

Salam Alaikum Sobat Sarang semua, mohon pencerahannya dengan kalimat "Tafakur hakiki tidak dirasakan, dirasakan semua." masih binun :-? Hatur nuhun

MUX SPARROW mengatakan...

Siap.. Mas Hendra, http://lh5.googleusercontent.com/-_zoLovtiL6g/UM26wgL9e4I/AAAAAAAAH34/uyAjyowW2bU/s89/inshallah.gif :)

MUX SPARROW mengatakan...

:c: tewaaaaaks!!

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Asep..
InsyaAllah maksudnya, untuk meraih tafakur hakiki.. jangan dirasa-rasa dan hasilnya nanti kita bisa merasakan segala. :)

Unknown mengatakan...

Hatur nuhun Kang Mux, ..... menuju .... balik lagi ke praktek diamnya diam yang masih belum bisa diam nih, mudah-mudahan Alloh memberikan kekuatan dan rahmat dalam menuju-NYA Amiin.

MUX SPARROW mengatakan...

Sawangsul na, Kang Dulur.. muhun, emang awal-awal mah sussah banget dapet "diam" teh.. tapi insyaAllah pami dikeureuyeuh mah kin kenging.. en sakali na kenging insyaAllah inget terus..bahkan sampai tak perlu diinget2 lagi udah otomatis jalan. :)

nasrun mengatakan...

Assalamualaikum Bg Mux dan sahabat sarang semua smg dlm keadaan sehat2 aja.
mohon pendapat atau petunjuk,...antara tafakur majati dan hakiki, apakah merupakan tahapan2 proses, tersendiri atau bagaimana ? Tksh.

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism