Tentang Rasa ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Tentang Rasa

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.


Rasa di dalam rasa. Yang di dalam rasa itulah yang merasa. Yang di dalam rasa itulah yang dikatakan “perasaannya perasaan”.

Sedikit sekali orang yang mau mengetahu tentang rasa. Rasa itu sirr. Yang di dalam sirr itu Rahasia Tuhan yang disematkan pada ruh yang ditiupkan-Nya pada jasad Adam.

Rasa-lah yang mengetahui manis, asin, pahit, kesat, dan lain-lain. Bukan lidah yang merasakan manis, asin, pahit atau kesat itu. Karena dihubungi oleh rasa (sirr) itulah maka jasad dapat merasa.

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Islam itu diturunkan untuk menyempurnakan akhlak manusia. Akhlak yang utama, tentu ber-adab di hadirat Allah, bukan ber-adab di hadapan manusia. Akhlaqul karimah yang utama itu ber-adab di hadirat Allah, bukan ber-adab di hadapan manusia hanya agar tetap dikata orang saleh, orang sabar, orang zuhud, orang tawadhu, orang berakhlak. Maka dalam hubungannya dengan rasa, utamakanlah rasa ini terhubung terus dengan Allah. Bukan dengan akhlak!

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Apa yang diketahui oleh rasa, kebenarannya jangan dibelokkan oleh mulut. Dengan sirr kamu mengetahui letak kelalaian seorang saleh, jangan lalu kamu membenarkan pikiran dan pendapat orang itu hanya sekadar menjaga akhlak. Itu namanya kamu ber-adab di hadapan manusia, tetapi tidak ber-adab di hadirat Allah. Orang yang tidak sama hati dengan mulutnya itulah dikatakan munafik. Orang yang menerima kebenaran di hatinya, tetapi jasadnya menampik karena gengsi, itulah dikatakan fasik.

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Kamu bersedekah, di mulut berkata, “Terimalah”, tetapi di hati ada perasaan “setengah hati”. Dapatkah dikatakan selamat zahir-batin?

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Kamu tahu jasad bergerak mencari nafkah untuk menafkahi itu ibadah, tetapi selama mencari nafkah pikir dan rasamu terarah pada uang dan keuntungan. Dapatkah dikatakan selamat zahir-batin?

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Dalam beribadah, nafsu itu keinginannya terarah pada surga, pahala, dan fadhilah-fadhilah amal. Lupa dengan Pemilik surga, lupa dengan Pemberi pahala dan fadhilah. Dapatkah dikatakan selamat zahir-batin?

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Tentulah rasa musti berhubungan terus dengan Allah. Dengan begitu dapatlah kamu merasakan ketuhanan Allah. Kalau merasa terus dengan Allah, mana ada lagi keinginan dengan surga. Maka orang-orang tauhid dalam beribadah tidak ada dengan menginginkan surga. Karena keinginan itu nafsu. Kalau manusia merasa terus dengan Allah. Itulah dikatakan Allah dengan Allah. Oleh sebab itu, rasa musti berhubungan terus dengan Allah. Zahir-batin berhubungan terus dengan Allah, selamatlah. Maka Islam itu selamat.

Jika kamu mengalami kesusahan, kekalkan saja rasa itu pada Allah. Nanti ada petunjuk dan pertolongan dari Allah. InsyaAllah. Zahir-batin berhubungan terus dengan Allah, selamatlah. Maka Islam itu selamat.

Sedikit orang yang mengetahui bahwa ruh-lah yang mengetahui Tuhan. Sedikit orang yang mengetahui bahwa Allah hubungkan ruh itu dengan jasad. Sebab itulah banyak yang berpikir dan merasa bahwa yang bersifat mati (jasad) ini yang hidup. Lupa bahwa yang bersifat hidup (ruh) itulah yang hidup.

Sadarlah hati pada Allah. Siapa yang mengatur berdiri, ruku, dan sujudmu itu? Tentulah Allah. Kalau kita merasa ada kemampuan diri melakukan berdiri, ruku, dan sujud, itulah dikatakan ujub. Rasa ujub ini menghancurkan pahala 80.000 tahun ibadah. Ingat kisah makhluk yang pernah terhormat bernama Azazil.

Maka pengetahuan tauhid ini tidak bisa disepelekan. Inilah pertahanan dunia-akhirat. Yanzuru `ala qulubikum, Allah memandang hati; karena hati itulah yang hubungannya ke alam raib. Bukan ke alam gaib [alam jin, setan, Iblis].

Untuk dapat merasakan ketuhanan Allah. Hendaklah rasa berhubungan terus dengan Allah. Sampai baqa billah. Inilah caranya merasakan ketuhanan Allah.

Rasa. Di dalam rasa ada rasa. Yang di dalam rasa itulah yang merasa.
Kalau sudah yang di dalam rasa itu yang merasa: Tuhan saja ADA.




Tentang Rasa
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2013-02-01T13:22:00+07:00
Tentang Rasa
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

49 komentar:

MUX SPARROW mengatakan...

Maaf, musti AFK dulu. :21:

Unknown mengatakan...

Pertamakkkk dulu.

Unknown mengatakan...

AFK itu apa akang? ane taunya JFK :D

Unknown mengatakan...

salam sodara2ku...pada kmn nie sepi hehehee..

Unknown mengatakan...

baca dulu ah sambil sruput ~O)

Antox Hooligan mengatakan...

Ikutan Nongkrong Ah... http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif Sambil merenung sruput kupix bang sekalian praktek Rasa Kupix Enak Pa gak??? Siapa yg merasakan...http://lh3.googleusercontent.com/--Ku8oIXhZLM/ULpkHQ037BI/AAAAAAAAHi8/KkDNvp5QnRg/s75/mashallah.gif

Unknown mengatakan...

sedikit simpulan yang ane tangkep dari penjelasan ini :
dalam setiap perbuatan dan DIAM kita, biasakanlah BILLAHI TAALA (tegaknya perbuatan/DIAM kita DENGAN ALLAH SEMATA). latih ini, karena ini pintu KETERHUBUNGAN seperti penjelasan abah diatas. latihan ini mungkin memakan waktu seumur hidup. mulai lah dari sekarang untuk selamanya. coz, thats the way it is :D

Unknown mengatakan...

yang LAYSA yg merasakan. jangan dirupa2, jangan dimacam2kan lagi.

Antox Hooligan mengatakan...

Montok Abang ku...http://lh6.googleusercontent.com/-SWUW-n_lVgg/UFV7EJFYKsI/AAAAAAAAFhA/p0V4ThCWNOU/s128/jempols.gif Masi tetep di jalur tauhid koq, n tetep spirit di "DIAM" sesuai kutub yg dianjurkanhttp://lh3.googleusercontent.com/--Ku8oIXhZLM/ULpkHQ037BI/AAAAAAAAHi8/KkDNvp5QnRg/s75/mashallah.gif

Ayoe mengatakan...

Waduh.... ngebut banget nih... udah ada lagi tulisan baru. Padahal lagi baca yang lalu2 sambil terus berusaha untuk bener latihan DIAMnya.

Unknown mengatakan...

:D mantap mas antox

Unknown mengatakan...

alaikum salam mas jimmy...

Unknown mengatakan...

".... Jika kamu mengalami kesusahan, kekalkan saja rasa itu pada Allah. Nanti ada petunjuk dan pertolongan dari Allah. InsyaAllah. Zahir-batin berhubungan terus dengan Allah, selamatlah. Maka Islam itu selamat..."


Subhanallah....
:21:

Unknown mengatakan...

iya mbak, ini sequel dari postingan sebelumnya. InsyaAllah semakin memperkuat pemahaman kita dari postingan sebelumnya. :D

Terima kasih kpd kangmux yg telah meluangkan waktu n tenaganya untuk meneruskan UCAPAN abah sampai ke HATI2 kami.

Unknown mengatakan...

~O) :D

Unknown mengatakan...

Aku Famit Ketoilet mungkin Bang maksud Kang Muk.. :D

Unknown mengatakan...

=)) =)) =))

Antox Hooligan mengatakan...

=)) =)) =))
=)) =)) =))
B̲̣̣̣̥я̲̣̣oº Lubis ada2 aja?? Ƙℓ☺‎ Έ♍ǎ̜̣̍ăπğ bner !†υ͡ mksudx brti bhasax ketularan WAHABI !†υ͡?? Kwkwkwkwkwkw...
*piss Om Mux :D

Unknown mengatakan...

bang arbi sebagi kenek silahkn jelasin terus
ane ngintip dari belakang sambil minum segelas http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif

Unknown mengatakan...

nah ini dia niyh penumpang yg tadi pura2 tidur dibelakang pas waktu ane narik ongkos. dikiranya ane kagak tahu. hihihi... ayo bayar goceng dollar... http://lh4.googleusercontent.com/-dWjINDFQ-TM/UFV7H6jjDrI/AAAAAAAAFh0/ssPyjh3EsRI/h120/muahaha.gif

Unknown mengatakan...

AFK dulu ah.. udah ga kuat lagi.. http://1.bp.blogspot.com/-vFlfXDrLRgM/UE4rgBnKAjI/AAAAAAAAFcQ/Cx7inRV1Adg/s1600/ngakak.gif

Unknown mengatakan...

ini kawan pertamax tapi koq tempatnya di bawah http://lh4.googleusercontent.com/-dWjINDFQ-TM/UFV7H6jjDrI/AAAAAAAAFh0/ssPyjh3EsRI/h120/muahaha.gif

Unknown mengatakan...

Sekitar tahun 2009 ane pernah mimpi ada orang pake baju ihram bilang ke ane : "kamu bisa pergi kemana saja yg kamu mau dengan jasad mu UTUH, bukan hanya ruh. karena kamu sebenarnya hanya bergerak di dalam tubuhmu sendiri."

ane terbangun dengan badan seperti demam krn hangat seluruh tubuh. asli ane kaga ngarti maksud orang asing itu waktu itu. di mimpi kami diskusinya di ruang kosong. ga ada apa2 disana, walaupun lantai/tanah utk berpijak. Alhamdulilllah ane ketemu abah di blog ini. Terima kasih abah, jawabannya ternyata ada di kalimat :

MAHASUCI TUBUHKU, DI DALAM MAHASUCI AKU BERADA

Salam sayang saya haturkan teruntuk abah n keluarga di pontianak. Salam kangen untuk Kangmux...

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah semakin terang benderang yg dulunya samar sedikit demi sedikit mulai terbuka… dan ju2r ini hnya bs saya temukan disini diblog ini… terima ksh kang mux dan salam persaudaraan buat semuanya… (^_^)

Unknown mengatakan...

wh bang arbi, :11: ane kn pake gratisn masa ditagih tagih

:}}

Unknown mengatakan...

wh bang arbi, :11: ane kn pake gratisn masa ditagih tagih

:}}

Unknown mengatakan...

Ini namanya petamax model baru Bang.. :D

Unknown mengatakan...

iya iya, tapi ga usah pake nulis dua kali gitu dong. http://1.bp.blogspot.com/-vFlfXDrLRgM/UE4rgBnKAjI/AAAAAAAAFcQ/Cx7inRV1Adg/s1600/ngakak.gif

Adam mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

balaa syahidna itu arti maksudnya apa sih kang?Trims

MUX SPARROW mengatakan...

ni kenek ama penumpang kerja sama ngok-ngalikngok :6:-in sopir ya.. :24: :c: ayo turun semuanyaaaaa!!! :11:
*taurasalohhh :19: :3:

MUX SPARROW mengatakan...

PERTAMAX MAXAAA!! =))

MUX SPARROW mengatakan...

sengaja sepi, Kang.. biar terkesan angkerrrr... :-]~~

MUX SPARROW mengatakan...

montok? :10:
manamanamanamanamana yang montok?? http://lh3.googleusercontent.com/-D17NQGFmKiE/UKIzDucuzPI/AAAAAAAAG98/ZjUgeI0jZAA/s18/acay-jablay.gif

MUX SPARROW mengatakan...

hehehehe.. bawa santai Mbak.. insyaAllah biar ngebut tetep selamat sampe tujuan :D
kuncinya: walaupun teori dibacanya secara acak, yang penting pas praktik LUPAKAN SEMUA TEORI, BAGUSKAN AJA DIAMNYA YA, MBAK. :20: :D http://lh5.googleusercontent.com/-_zoLovtiL6g/UM26wgL9e4I/AAAAAAAAH34/uyAjyowW2bU/s89/inshallah.gif

MUX SPARROW mengatakan...

:21: Kang Dulur..

MUX SPARROW mengatakan...

ngakaaaaaaaaxxxxxxxxxx!! =)) =)) =))

MUX SPARROW mengatakan...

kangen? ma eyke? cowok? :10:
otidaaaaaaaaaa... :18: :15:

MUX SPARROW mengatakan...

Alhamdulillah.. makasih kembali, MasBro.. http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif :25:

MUX SPARROW mengatakan...

ada di terjemahan surah al-a'raaf:72, Mas :20: :D

Unknown mengatakan...

Mohon diperiksa PR saya,kang. Maka Kami selamatkan Hud beserta orang-orang yang bersamanya dengan rahmat yang besar dari Kami,dan Kami tumpas orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami,dan tiadalah mereka orang-orang yang beriman (AL A'RAAF:72)

Unknown mengatakan...

:7: hihihi

Unknown mengatakan...

:D

Pical mengatakan...

Masya Allah,...

Pical mengatakan...

Terima kasih abah, kang mux bang arbi dan saudara2 semua, di blog ini bagaikan setitik cahaya yang menerangi untuk memasuki alam rasa didalam rasa, cahaya di dalam cahaya, ALLAHU AKBAR,...

Pical mengatakan...

Makasih bang, sharingnya

MUX SPARROW mengatakan...

eh, Maaps..wkwkwk maksudnya ayat ke-172, Mas.. ampuuun ya, mas :15:

MUX SPARROW mengatakan...

Subhanallah wal hamdulillah, Bang Ical.. makasih kembali.. moga manfaat yaa.. aamiiin http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

nasrun mengatakan...

Baqo billah ya bang :)

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism