Gali Semesta dengan Nahwu Sharaf ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Gali Semesta dengan Nahwu Sharaf

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.

Maharuang itu "Ana makanin wa laysa makan," itulah isim makan. "Allahulladzi khalaqa s samaawaati wal ardha wa maa baina huma." Tujuh lapis langit dan bumi itu menunjukkan fiil madhi qadim. Perbuatan yang telah lalu. Perbuatan siapa itu? Perbuatan qadim. Tempatnya sekalian yang mengambil tempat.

Keadaan makhluk-makhluk sekarang ini bermacam-macam.
Itulah fiil mudhari'-nya.

Galilah keadaan alam ini dengan alatnya. Alatnya ialah nahwu-sharaf, mantiq, badik, ma'ani, bayan, balara, dan lain-lain.



Gali Semesta dengan Nahwu Sharaf
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2012-11-27T10:36:00+07:00
Gali Semesta dengan Nahwu Sharaf
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

33 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertamax saya sudah terkumpul 1000 belum...?

MUX SPARROW mengatakan...

wkwkwkwk masih kurang dari 10, Mbak.. :3: coba terus ya..cemunguudhh.. :16:

Anonim mengatakan...

keduluan lgiiiiiiiiii... duduk mnis sajah sy..

MUX SPARROW mengatakan...

cyapa ya? prasaan kenal deh .. 8-|

Anonim mengatakan...

msh sepi. nti blik lg aja klo udh ada yg lain. hehehe. sally.

Unknown mengatakan...

prasaan neng annisa pertamaxnya baru2 x deh. beda tipis sama eke. cuman 1 kali. :4:

Anonim mengatakan...

awwhh... senengnya eke..Bang Arbi yang lagi dines luar kota masih sempet main ke blog Kang Mux tuk ngobatin rindu eke..
http://lh6.googleusercontent.com/-l9O9Nf8uLIg/UKIzekuJyNI/AAAAAAAAHFo/FiRMbsq_81s/s68/wink-and-flirt.gif
kedip tanendh,
"Bunga"

MUX SPARROW mengatakan...

cie-cie-cieeeee.... =))

MUX SPARROW mengatakan...

iya nih, Mbak masih sepi..ikutan tiarap juga ahh.. :7:

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Muxlimo yang dirahmati Allah.

Alhamdulillah, kembali menyapa setelah beberapa waktu mengundur diri kerana berlibur sebentar meneliti kebesaran Allah di pelusuk buminya yang luas ini. Mudahan apa yang menjadi pandangan, pemerhatian dan penaakulan kita di setiap sudut pandang bumi ini akan menghasilkan keinsafan dan pertambahan ilmu yang bermanfaat.

Saya tertarik dengan pernyataan mas ini:

"Galilah keadaan alam ini dengan alatnya. Alatnya ialah nahwu-sharaf, mantiq, badik, ma'ani, bayan, balara, dan lain-lain."

Semua ilmu di atas mempunyai keistimewaan tersendiri jika kita mendalaminya untuk dibawa ke dalam kehidupan nyata. Ketika belajar S1 dulu, semua ilmu itu dipelajari dan saya merasakan kesulitan memahami sebahagian dari makna yang terkumpul di dalamnya jika tidak diterjemahkan oleh guru yang berkalibar dalam bidang tersebut.

Alam semesta adalah petunjuk kebesaran Allah yang dipaparkan dari barat ke Timur untuk dikaji, difikir dan digali dari setiap penjuru kepintaran Sang Pencipta untuk manusia hayati, fahami dan amali agar sedar diri sebagai hamba yang lemah dan tidak mempunyai kekuatan walau satu zarah jika tidak mendapat izin dari-NYA.

Beruntunglah manusia yang diberi akal dan ilmu pengetahuan untuk mencari kebenaran dari segala rahsia yang dizinkan dan terjangkau dek akal untuk memahaminya secara mantik.

Mudahan kita bisa disebut sebagai golongan ulul-albab, yang mahu berfikir dan selalu berusaha meningkat diri untuk menambah iman dan takwa.

Semoga kebaikan selalu melingkungi kehidupan mas Muxlimo untuk mencari keredhaan Allah SWT. Aamiin.

Salam mesra dan hormat selalu dari saya di Sarikei, Sarawak. :D

MUX SPARROW mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbak Fatimah yang Allah karuniai banyak kasih sayang-Nya..

Alhamdulillah, komentar ini muncul tepat ketika saya juga baru log in nih..jarang-jarang ya, Mbak..hehehe :D Wah, baru jalan-jalan tadabur alam ke mana aja, Mbak?! Asyiknya jadi Mbak Fatimah ya.. sering diberi kesempatan untuk melanglang buana menambah ilmu, pengalaman, dan amalan.. sulit rasanya mau menandingi keberuntungan sedemikian seperti yang Allah karuniai ke Mbak.. :5:

Benar sekali, Mbak.. kalau kata orang-orang tua di sini, "Alam terkembang jadi guru." Mungkin itulah cara orang-orang tua kita menyampaikan pesan agar anak-cucunya senantiasa melakukan iqra, jangan hanya asyik-masyuk tinggal di atas muka bumi sambil tetap bodoh dan lalai terhadap ayat-ayat kauniyyah-Nya, ya..

Aaamiiinnn.. iya, Mbak..semoga kita Allah golongkan ke dalam kaum yang disebut ulul albab itu.. dan terima kasih atas segala keikhlasan doa dan silaturahim Mbak pada saya selama ini..semoga Allah membalasnya dengan karunia tanpa batas di dunia dan di akhirat. Aamiiin.

salam takzim selalu,

Unknown mengatakan...

:7:

Unknown mengatakan...

kiranya ada yg bisa disharing hasil penelitiannya cik fatimah? sekedar oleh2 bagi kami disini. mumpung belum di-paten-kan. hehehe :)

Unknown mengatakan...

ayat2 allah itu ada yg bersifat qauniyah dan qauliyah. ada ayat2 quran dan ada ayat2 allah yg tersebar di alam ini. semuanya ayatullah. begitu juga halnya dengan diri kita yg bagian dari alamraya ini. sebenarnya dg menggali makna dari "simbol2" yg terserak di alam ini dan quran maka itu seperti buka kulit tampak isi. tiada yg isi melainkan yang Hidup jua adanya.

MUX SPARROW mengatakan...

Keyword: "buka kulit tampak isi" :D

Anonim mengatakan...

Setiap hembusan nafas ada pengajaran bagi siapa yang mau...bukalah..mintalah...datangilah dengan ketiadaanmu...Aku ada aku tiada~aku ada Aku tiada :)

~XaNaNa~

kaze kate mengatakan...

heu mun diajar nahwu teh sok watir kanu ngarana KI ZAID, sok jadi w korban wkwkwkwk.. KI ZAID di tonjok kunu ghoib, naha pangna Ghoib? nya'ai'ta pedah teu ka tempo wkwkwkkw..

~ Nahwu awal di bab jurumiyah

Dodong Cap Kampak mengatakan...

naha atuh lain dodong wae malah ki zaid :24:

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Muxlimo yang baik hati...

Sayangnya, saya tidak sempat hadir kala mas log in tepat pada masanya. Jika tidak, bisa aja bersembang santai untuk bertukar fikiran. :D

Aamiin Ya Rabbal'alamiin.
Mudahan rezeki mas juga akan diluaskan Allah swt dan bisa ke mana-mana tempat yang disukai untuk menghilangkan lelah setelah keras bekerja.

Yang sebenarnya, mahu memanjakan diri untuk berlibur setelah penat bekerja. Selain itu, ingin merealisasikan impian untuk meneglilingi dunia...hehehe.

Terima kasih mas untuk penjelasan yang berbobot walaupun singkat tapi padat.

Salam hangat kembali. :D


MUX SPARROW mengatakan...

aamiiinnn.. moga ada rezeki untuk saya ikut keliling dunia menyaingi Mbak ya.. hehehe :D

Salam to Mas SPH ya, Mbak :)

MUX SPARROW mengatakan...

teu puguh komeng teh.. jangir kana mastaka seksoy ay na ge.. :23:

Unknown mengatakan...

hihihi :8:

Anonim mengatakan...

Antox
"Alatnya ialah nahwu-sharaf, mantiq, badik, ma'ani, bayan, balara, dan lain-lain" Om Mux kupas dunk yg ini apaan kamsudnya http://lh5.googleusercontent.com/-u44jTGV2D0c/UHeSbp4fshI/AAAAAAAAGT8/_nBz7hX-1lU/s18/cenyum.gif perasaan baru dengar istilah ada alat namanya gituan??? yg ane tau alat2 Tang, Cramping, obeng, dll. hehehttp://lh4.googleusercontent.com/-miSeqqaTPOI/UHWB_k6Uj2I/AAAAAAAAGKs/AdTqtDqFsrs/s24/pucing-gan.gif

MUX SPARROW mengatakan...

Wkwkwkwkw.. tang, cramping, obeng, dll itu untuk utak-atik baharu, nah yang ini untuk ngebongkar yang qadim.. ane juga banyak belum tau kok, Mas.. ini murni diktean beliau.. :D

Anonim mengatakan...

aihh... Bang Arbi datang-datang cuman "hihihi".. Ahik!
http://lh6.googleusercontent.com/-l9O9Nf8uLIg/UKIzekuJyNI/AAAAAAAAHFo/FiRMbsq_81s/s68/wink-and-flirt.gif

"Bunga"

Anonim mengatakan...

Antox
Wadewww http://lh4.googleusercontent.com/-TyREKW_M5kk/UHWB-NoSdqI/AAAAAAAAGKY/mkOY-FvruaQ/s18/maenya-sih.gif berarti P-ER bwt Om Mux tuh...??? http://lh4.googleusercontent.com/-6U2Tl34Mgy4/UHWB3QvV7SI/AAAAAAAAGJg/OPglwElD6CY/s18/ahem.gif kalo ud rampung di share di mari ya?? Tq Om Mux.

MUX SPARROW mengatakan...

insyaAllaah.. tapi ga berani janji.. *masih murid kelas alay-lebay sih :4:

Anonim mengatakan...

Antox
ya apapun yg ud bs dijabarkan Om Mux di postingan ane pribadi selalu berharap di share di mari http://lh3.googleusercontent.com/-8wtXl5v8lW8/UFXgsebsyCI/AAAAAAAAFvs/oJaS8vE-Vwk/s128/gituloh.gif kn ane jg peserta ngaji...!!! hehe http://lh5.googleusercontent.com/-u44jTGV2D0c/UHeSbp4fshI/AAAAAAAAGT8/_nBz7hX-1lU/s18/cenyum.gif selalu ngikuti n tak prnah segan utk mengcopas http://lh5.googleusercontent.com/-cq3wtnmElqs/UHWCAhyVh5I/AAAAAAAAGK8/jWGWP98UKG8/s26/yiihaa.gif ud hmpir 50 halaman koleksi dr kampus Muxlimo

MUX SPARROW mengatakan...

Siap, insyaAllah selalu dishare kok, Mas.. :)

wah?! :2: kampus?? *bahaya takut digerebek DIKTI.. kampus ilegal katanyahh... :}}

*duh, makasih banget atas kepercayaannya, Mas Antox :21:

kaze mengatakan...

ai sugan kantos baca nahwu (Jurumiyah) :15:

Anonim mengatakan...

Antox
Sipp...http://lh6.googleusercontent.com/-SWUW-n_lVgg/UFV7EJFYKsI/AAAAAAAAFhA/p0V4ThCWNOU/s128/jempols.gif Om Mux.
DIAM lg Aghhh...http://lh6.googleusercontent.com/-oITlVYUM5Go/UFV6-2oN_OI/AAAAAAAAFgU/DPhqPwatY9k/s128/anteng.gif

MUX SPARROW mengatakan...

:c: diam kok goyang pinggul gitu, Mas..?!

Unknown mengatakan...

http://lh6.googleusercontent.com/-oITlVYUM5Go/UFV6-2oN_OI/AAAAAAAAFgU/DPhqPwatY9k/s128/anteng.gif

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism