burnzone

AD (728x60)

Tentang Rasa

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tampilan terbaik situs ini pada peramban Chrome


Rasa di dalam rasa. Yang di dalam rasa itulah yang merasa. Yang di dalam rasa itulah yang dikatakan “perasaannya perasaan”.

Sedikit sekali orang yang mau mengetahu tentang rasa. Rasa itu sirr. Yang di dalam sirr itu Rahasia Tuhan yang disematkan pada ruh yang ditiupkan-Nya pada jasad Adam.

Rasa-lah yang mengetahui manis, asin, pahit, kesat, dan lain-lain. Bukan lidah yang merasakan manis, asin, pahit atau kesat itu. Karena dihubungi oleh rasa (sirr) itulah maka jasad dapat merasa.

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Islam itu diturunkan untuk menyempurnakan akhlak manusia. Akhlak yang utama, tentu ber-adab di hadirat Allah, bukan ber-adab di hadapan manusia. Akhlaqul karimah yang utama itu ber-adab di hadirat Allah, bukan ber-adab di hadapan manusia hanya agar tetap dikata orang saleh, orang sabar, orang zuhud, orang tawadhu, orang berakhlak. Maka dalam hubungannya dengan rasa, utamakanlah rasa ini terhubung terus dengan Allah. Bukan dengan akhlak!

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Apa yang diketahui oleh rasa, kebenarannya jangan dibelokkan oleh mulut. Dengan sirr kamu mengetahui letak kelalaian seorang saleh, jangan lalu kamu membenarkan pikiran dan pendapat orang itu hanya sekadar menjaga akhlak. Itu namanya kamu ber-adab di hadapan manusia, tetapi tidak ber-adab di hadirat Allah. Orang yang tidak sama hati dengan mulutnya itulah dikatakan munafik. Orang yang menerima kebenaran di hatinya, tetapi jasadnya menampik karena gengsi, itulah dikatakan fasik.

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Kamu bersedekah, di mulut berkata, “Terimalah”, tetapi di hati ada perasaan “setengah hati”. Dapatkah dikatakan selamat zahir-batin?

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Kamu tahu jasad bergerak mencari nafkah untuk menafkahi itu ibadah, tetapi selama mencari nafkah pikir dan rasamu terarah pada uang dan keuntungan. Dapatkah dikatakan selamat zahir-batin?

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Dalam beribadah, nafsu itu keinginannya terarah pada surga, pahala, dan fadhilah-fadhilah amal. Lupa dengan Pemilik surga, lupa dengan Pemberi pahala dan fadhilah. Dapatkah dikatakan selamat zahir-batin?

Islam itu artinya selamat zahir-batin. Tentulah rasa musti berhubungan terus dengan Allah. Dengan begitu dapatlah kamu merasakan ketuhanan Allah. Kalau merasa terus dengan Allah, mana ada lagi keinginan dengan surga. Maka orang-orang tauhid dalam beribadah tidak ada dengan menginginkan surga. Karena keinginan itu nafsu. Kalau manusia merasa terus dengan Allah. Itulah dikatakan Allah dengan Allah. Oleh sebab itu, rasa musti berhubungan terus dengan Allah. Zahir-batin berhubungan terus dengan Allah, selamatlah. Maka Islam itu selamat.

Jika kamu mengalami kesusahan, kekalkan saja rasa itu pada Allah. Nanti ada petunjuk dan pertolongan dari Allah. InsyaAllah. Zahir-batin berhubungan terus dengan Allah, selamatlah. Maka Islam itu selamat.

Sedikit orang yang mengetahui bahwa ruh-lah yang mengetahui Tuhan. Sedikit orang yang mengetahui bahwa Allah hubungkan ruh itu dengan jasad. Sebab itulah banyak yang berpikir dan merasa bahwa yang bersifat mati (jasad) ini yang hidup. Lupa bahwa yang bersifat hidup (ruh) itulah yang hidup.

Sadarlah hati pada Allah. Siapa yang mengatur berdiri, ruku, dan sujudmu itu? Tentulah Allah. Kalau kita merasa ada kemampuan diri melakukan berdiri, ruku, dan sujud, itulah dikatakan ujub. Rasa ujub ini menghancurkan pahala 80.000 tahun ibadah. Ingat kisah makhluk yang pernah terhormat bernama Azazil.

Maka pengetahuan tauhid ini tidak bisa disepelekan. Inilah pertahanan dunia-akhirat. Yanzuru `ala qulubikum, Allah memandang hati; karena hati itulah yang hubungannya ke alam raib. Bukan ke alam gaib [alam jin, setan, Iblis].

Untuk dapat merasakan ketuhanan Allah. Hendaklah rasa berhubungan terus dengan Allah. Sampai baqa billah. Inilah caranya merasakan ketuhanan Allah.

Rasa. Di dalam rasa ada rasa. Yang di dalam rasa itulah yang merasa.
Kalau sudah yang di dalam rasa itu yang merasa: Tuhan saja ADA.




Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki bagi kalangan khawwas al khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab an-Nazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

50 komentar:

MUXLIMO mengatakan...

Maaf, musti AFK dulu. :21:

Padly Lubis mengatakan...

Pertamakkkk dulu.

Bang Arbi mengatakan...

AFK itu apa akang? ane taunya JFK :D

jimmy ali ghuraisyah mengatakan...

salam sodara2ku...pada kmn nie sepi hehehee..

Bang Arbi mengatakan...

baca dulu ah sambil sruput ~O)

antox hooligan mengatakan...

Ikutan Nongkrong Ah... http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif Sambil merenung sruput kupix bang sekalian praktek Rasa Kupix Enak Pa gak??? Siapa yg merasakan...http://lh3.googleusercontent.com/--Ku8oIXhZLM/ULpkHQ037BI/AAAAAAAAHi8/KkDNvp5QnRg/s75/mashallah.gif

Bang Arbi mengatakan...

sedikit simpulan yang ane tangkep dari penjelasan ini :
dalam setiap perbuatan dan DIAM kita, biasakanlah BILLAHI TAALA (tegaknya perbuatan/DIAM kita DENGAN ALLAH SEMATA). latih ini, karena ini pintu KETERHUBUNGAN seperti penjelasan abah diatas. latihan ini mungkin memakan waktu seumur hidup. mulai lah dari sekarang untuk selamanya. coz, thats the way it is :D

Bang Arbi mengatakan...

yang LAYSA yg merasakan. jangan dirupa2, jangan dimacam2kan lagi.

antox hooligan mengatakan...

Montok Abang ku...http://lh6.googleusercontent.com/-SWUW-n_lVgg/UFV7EJFYKsI/AAAAAAAAFhA/p0V4ThCWNOU/s128/jempols.gif Masi tetep di jalur tauhid koq, n tetep spirit di "DIAM" sesuai kutub yg dianjurkanhttp://lh3.googleusercontent.com/--Ku8oIXhZLM/ULpkHQ037BI/AAAAAAAAHi8/KkDNvp5QnRg/s75/mashallah.gif

Ayoendhie mengatakan...

Waduh.... ngebut banget nih... udah ada lagi tulisan baru. Padahal lagi baca yang lalu2 sambil terus berusaha untuk bener latihan DIAMnya.

Bang Arbi mengatakan...

:D mantap mas antox

Bang Arbi mengatakan...

alaikum salam mas jimmy...

Gusti XaNaNa mengatakan...

".... Jika kamu mengalami kesusahan, kekalkan saja rasa itu pada Allah. Nanti ada petunjuk dan pertolongan dari Allah. InsyaAllah. Zahir-batin berhubungan terus dengan Allah, selamatlah. Maka Islam itu selamat..."


Subhanallah....
:21:

Bang Arbi mengatakan...

iya mbak, ini sequel dari postingan sebelumnya. InsyaAllah semakin memperkuat pemahaman kita dari postingan sebelumnya. :D

Terima kasih kpd kangmux yg telah meluangkan waktu n tenaganya untuk meneruskan UCAPAN abah sampai ke HATI2 kami.

Bang Arbi mengatakan...

~O) :D

Padly Lubis mengatakan...

Aku Famit Ketoilet mungkin Bang maksud Kang Muk.. :D

Bang Arbi mengatakan...

=)) =)) =))

antox hooligan mengatakan...

=)) =)) =))
=)) =)) =))
B̲̣̣̣̥я̲̣̣oº Lubis ada2 aja?? Ƙℓ☺‎ Έ♍ǎ̜̣̍ăπğ bner !†υ͡ mksudx brti bhasax ketularan WAHABI !†υ͡?? Kwkwkwkwkwkw...
*piss Om Mux :D

Alwi Dahong mengatakan...

bang arbi sebagi kenek silahkn jelasin terus
ane ngintip dari belakang sambil minum segelas http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif

Bang Arbi mengatakan...

nah ini dia niyh penumpang yg tadi pura2 tidur dibelakang pas waktu ane narik ongkos. dikiranya ane kagak tahu. hihihi... ayo bayar goceng dollar... http://lh4.googleusercontent.com/-dWjINDFQ-TM/UFV7H6jjDrI/AAAAAAAAFh0/ssPyjh3EsRI/h120/muahaha.gif

Bang Arbi mengatakan...

AFK dulu ah.. udah ga kuat lagi.. http://1.bp.blogspot.com/-vFlfXDrLRgM/UE4rgBnKAjI/AAAAAAAAFcQ/Cx7inRV1Adg/s1600/ngakak.gif

Bang Arbi mengatakan...

ini kawan pertamax tapi koq tempatnya di bawah http://lh4.googleusercontent.com/-dWjINDFQ-TM/UFV7H6jjDrI/AAAAAAAAFh0/ssPyjh3EsRI/h120/muahaha.gif

Bang Arbi mengatakan...

Sekitar tahun 2009 ane pernah mimpi ada orang pake baju ihram bilang ke ane : "kamu bisa pergi kemana saja yg kamu mau dengan jasad mu UTUH, bukan hanya ruh. karena kamu sebenarnya hanya bergerak di dalam tubuhmu sendiri."

ane terbangun dengan badan seperti demam krn hangat seluruh tubuh. asli ane kaga ngarti maksud orang asing itu waktu itu. di mimpi kami diskusinya di ruang kosong. ga ada apa2 disana, walaupun lantai/tanah utk berpijak. Alhamdulilllah ane ketemu abah di blog ini. Terima kasih abah, jawabannya ternyata ada di kalimat :

MAHASUCI TUBUHKU, DI DALAM MAHASUCI AKU BERADA

Salam sayang saya haturkan teruntuk abah n keluarga di pontianak. Salam kangen untuk Kangmux...

arie Karakter mengatakan...

Alhamdulillah semakin terang benderang yg dulunya samar sedikit demi sedikit mulai terbuka… dan ju2r ini hnya bs saya temukan disini diblog ini… terima ksh kang mux dan salam persaudaraan buat semuanya… (^_^)

Alwi Dahong mengatakan...

wh bang arbi, :11: ane kn pake gratisn masa ditagih tagih

:}}

Alwi Dahong mengatakan...

wh bang arbi, :11: ane kn pake gratisn masa ditagih tagih

:}}

Padly Lubis mengatakan...

Ini namanya petamax model baru Bang.. :D

Bang Arbi mengatakan...

iya iya, tapi ga usah pake nulis dua kali gitu dong. http://1.bp.blogspot.com/-vFlfXDrLRgM/UE4rgBnKAjI/AAAAAAAAFcQ/Cx7inRV1Adg/s1600/ngakak.gif

wahyu adam mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
banyu urip mengatakan...

balaa syahidna itu arti maksudnya apa sih kang?Trims

MUXLIMO mengatakan...

ni kenek ama penumpang kerja sama ngok-ngalikngok :6:-in sopir ya.. :24: :c: ayo turun semuanyaaaaa!!! :11:
*taurasalohhh :19: :3:

MUXLIMO mengatakan...

PERTAMAX MAXAAA!! =))

MUXLIMO mengatakan...

sengaja sepi, Kang.. biar terkesan angkerrrr... :-]~~

MUXLIMO mengatakan...

montok? :10:
manamanamanamanamana yang montok?? http://lh3.googleusercontent.com/-D17NQGFmKiE/UKIzDucuzPI/AAAAAAAAG98/ZjUgeI0jZAA/s18/acay-jablay.gif

MUXLIMO mengatakan...

:8:

MUXLIMO mengatakan...

hehehehe.. bawa santai Mbak.. insyaAllah biar ngebut tetep selamat sampe tujuan :D
kuncinya: walaupun teori dibacanya secara acak, yang penting pas praktik LUPAKAN SEMUA TEORI, BAGUSKAN AJA DIAMNYA YA, MBAK. :20: :D http://lh5.googleusercontent.com/-_zoLovtiL6g/UM26wgL9e4I/AAAAAAAAH34/uyAjyowW2bU/s89/inshallah.gif

MUXLIMO mengatakan...

:21: Kang Dulur..

MUXLIMO mengatakan...

ngakaaaaaaaaxxxxxxxxxx!! =)) =)) =))

MUXLIMO mengatakan...

kangen? ma eyke? cowok? :10:
otidaaaaaaaaaa... :18: :15:

MUXLIMO mengatakan...

Alhamdulillah.. makasih kembali, MasBro.. http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif :25:

MUXLIMO mengatakan...

ada di terjemahan surah al-a'raaf:72, Mas :20: :D

banyu urip mengatakan...

Mohon diperiksa PR saya,kang. Maka Kami selamatkan Hud beserta orang-orang yang bersamanya dengan rahmat yang besar dari Kami,dan Kami tumpas orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami,dan tiadalah mereka orang-orang yang beriman (AL A'RAAF:72)

Bang Arbi mengatakan...

:7: hihihi

Bang Arbi mengatakan...

:D

Pical mengatakan...

Masya Allah,...

Pical mengatakan...

Terima kasih abah, kang mux bang arbi dan saudara2 semua, di blog ini bagaikan setitik cahaya yang menerangi untuk memasuki alam rasa didalam rasa, cahaya di dalam cahaya, ALLAHU AKBAR,...

Pical mengatakan...

Makasih bang, sharingnya

MUXLIMO mengatakan...

eh, Maaps..wkwkwk maksudnya ayat ke-172, Mas.. ampuuun ya, mas :15:

MUXLIMO mengatakan...

Subhanallah wal hamdulillah, Bang Ical.. makasih kembali.. moga manfaat yaa.. aamiiin http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

PUTERA LAUT SUMATERA TIMUR mengatakan...

Baqo billah ya bang :)

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism