Kitab Babul Hidayah: Mukadimah ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Kitab Babul Hidayah: Mukadimah

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.


HTML5 Babul Hidayah
Ringkasan Kitab Babul Hidayah oleh K.H. Undang Sirad



"Abah akan membuka tauhid hakiki dalam Kitab Babul Hidayah: Membuka Pintu Hidayah. Bab dasar sampai bab tamat pelajaran.

Abah salurkan pengetahuannya dengan sms dan internet pada Adam dan Yuni. Ikuti secara beruntun dari bab ke bab. Abah hanya menyampaikan saja warisan-warisan ulama untuk umat.

Karena Allah itu Ilmu-Alimun, mana ada yang seperti Allah. Maka wajarlah Abah ada kesalahan. Aamiiinullah.. kabulkanlah niat baik kami, Allah....

K.H. Undang Sirad




Ringkasan Kitab Babul Hidayah: Mukadimah


Dengan karunia dan hidayah Allah-lah kami dapat menguraikan Sifat-Sifat Hakiki yang wajib bagi Allah. Adapun 20 Sifat itu dikatakan Sifat Tasbih, yakni sifat yang dapat dihitung jumlahnya.

Pertama, Sifat Nafsiyah.

Sifat Nafsiyah itu menerangkan Sifat Wujud, artinya Sifat Diri. Dari 20 Sifat yang ada, hanya satu sifat saja yang disebut Sifat Nafsiyah, yakni Sifat Wujud, artinya ADA.

Sifat Wujud itu menerangkan bahwa Zat Allah atau Diri Allah itu ada selama-lamanya dan adanya Zat Allah itu di-ada-kan Tuhan tidak dengan dikarenakan oleh suatu karena; Tuhan sendiri yang menjadikannya. Maka arti Sifat Nafsiyah itu menerangkan tentang Diri Zat.

Kedua, Sifat Salbiyah.

Sifat Qidam, Baqa, Mukhalafah, Qiyamuhu bi Nafsih, dan Wahdaniyah. Kelima sifat ini terangkum sebagai Sifat Salbiyah. Jelasnya, di antara 20 Sifat, ada 5 yang termasuk Sifat Salbiyah; kelima sifat ini menafi/menolak yang tidak layak bagi Zat Allah.

Adanya Sifat Salbiyah ini (Qidam, Baqa, Mukhalafah, Qiyamuhu bi Nafsih, dan Wahdaniyah) untuk menolak kalau ada perkataan-perkataan, pendapat-pendapat yang tidak layak; tidak pantas disematkan pada Zat Allah.

Maka yang ada pada Sifat Salbiyah menolak kalau ada perkataan menyatakan, "Zat itu berawal." Pendapat ini ditolak dan wajib dianggap tidak benar karena dalam Sifat Salbiyah, Zat Tuhan itu Qidam: sedia adanya.

Ketiga, Sifat Ma`ani.

Di antara 20 Sifat, ada yang dinamakan Sifat Ma`ani, yakni sifat-sifat yang wajib ada pada Zat Allah. Sifat Ma`ani itu ada 7 sifat saja, yakni Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama`, Bashar, Kalam. Inilah Sifat Ma`ani yang wajib ada pada Zat Allah.

Keempat, Sifat Ma`nawiyah.

Hal keadaan dari ke-7 Sifat Ma`ani di atas disebut Sifat Ma`nawiyah. Jadi, Sifat Ma`nawiyah ini menerangkan "hal keadaan" Sifat Ma`ani. Maksudnya, setiap yang bersifat (Ma`ani) Qudrat, tentulah hal-keadaannya (ma`nawiyahnya) berkuasa. Maka terjadilah sifat bertalazim antara Sifat Ma`ani dan Sifat Ma`nawiyah.

Yang dimaksud sifat bertalazim itu,
setiap ada Qudrat, musti ada Qadirun;
setiap ada `Alim, musti ada `Alimun;
setiap ada Hayat, musti ada Hayyun;
setiap ada Sama`, musti ada Sami`un;
setiap ada Bashar, musti ada Bashirun;
setiap ada Kalam, musti ada Mutakalimun.


HTML5 Babul Hidayah
Sifat Nafsyiah, Salbiyah, Ma`ani, Ma`nawiyah atas Zat Allah

Bersambung ke Bab Sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma`ani, Ma`nawiyah InsyaAllah.
Kitab Babul Hidayah: Mukadimah
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2014-08-29T05:00:00+07:00
Kitab Babul Hidayah: Mukadimah
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags:
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism