burnzone

AD (728x60)

Tugas Hati

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tampilan terbaik situs ini pada peramban Chrome

وَيَجْعَلُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِينَ لَا يَعْقِلُونَ
Dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya. [Q.S. Yunus:100]



Diberi Allah dua bola mata, tugasnya satu: untuk melihat. Diberi Allah dua daun telinga , tugasnya satu: untuk mendengar. Diberi Allah satu hati, tugasnya satu. Tugas hati untuk apa? Untuk berkekalan pada Allah.

Mengapa ada orang waktu mau mati hatinya bertugas pada anak-istri, harta, kebun, dan lainnya? Mengapa ada orang waktu mati hati bertugas pada yang bukan Tuhan? Susahlah mati orang itu karena asyik dengan makhluk saja. Jangan makhluk itu dijadikan berhala di dalam hati. Jangan dibiasakan hati asyik dengan hal-hal duniawi.






Asyikkanlah hati itu kepada Allah. Untuk membiasakan hati kekal dengan Allah, gunakanlah tafakur hakiki. Cara praktiknya: Rasakanlah dengan rasa betapa Maharuang itu diam dan kita merasakan di dalam Tubuh Maharuang. Rasakan kita di dalam Tubuh Yang Diam itu. Maharuang atau Tubuh Yang Diam itu adalah Tubuh Tuhan.



Inilah yang disebut Zahiru Rabbi wal bathinu abdi. Kita di dalam-Nya. Kita inilah wal bathinu abdi. Kita inilah di dalam Zahiru Rabbi. Kita bertubuh Kosong Maharuang.

Pakailah perasaan. Bawa perasaan tafakur hakiki ini di dalam shalat, bawa perasaan tafakur hakiki ini di dalam keseharian, bawa perasaan tafakur hakiki ini di dalam tidur. Pakailah tafakur hakiki ini.




Kalau kita shalat di Tubuh Maharuang: ADA TUHAN. Bukan dengan dicari-cari, dipikir-pikir, hanya diyakini saja: ADA TUHAN. Perasaan kita hendaklah meyakinkan adanya Tuhan itu. Apabila seseorang dalam shalat dapat merasakan bertubuh Tuhan, nikmatlah senikmat-nikmatnya shalat itu. Jangan mau cari khusyuk tawadhu saja, tetapi tidak dapat merasakan nikmat shalat. Lebih baik kita mempelajari cara untuk mendapatkan nikmat shalat. Karena beribadah shalat itu nikmat. Carilah jalan praktik untuk mendapatkan nikmat shalat itu. Carilah jalan praktik untuk dapat merasakan bertubuhkan Tuhan di dalam shalat.


Hati-hati dengan ulama dhal madhal; ulama yang sesat-menyesatkan. Yaitu ulama yang hanya pandai menyebut "Allah..Allah" saja, tetapi tidak merasakan Allah. Itulah ucapan palsu. Yaitu ulama yang berkata "Ibadah itu nikmat", tetapi tidak pernah merasakan nikmat ibadah. [Bagaimana bisa menerangkan umat cara praktik meraih nikmat itu? -Mux-]. Yaitu ulama yang pandai menjelaskan jenis-jenis nafsu, tetapi tidak pernah sampai menerangkan tentang bahaya laten nafsu Firaun [nafsu ananiyah].

Para alim sufi, ke-aku-an mereka itu bukan menyebut "aku", melainkan merasakan "Aku"-nya Tuhan. Nafsu ananiyah itulah yang menghijab kita dengan Tuhan. Tawadhu itu pada Allah saja. Yang selain Allah itu makhluk. Perlu sadar. Sadar itu iman.


Kalau kita lihat Af`al-Nya, terasa esanya kita dengan Allah. Yang mana Af'al-Nya itu? Yang Diam. Sementara Sifat-Nya itu Yang Kosong; Asma-Nya itu Allah; Zat-Nya yang Meliputi alam Diri-Nya.

Kita sudah Mahaesa dengan Zat-Sifat-Asma-Af`al-Nya. Pergunakan tauhid Dzukiyah. Sebab pikiran/akal tidak bisa merasa. Hanya Rasa yang dapat merasa. Rasa, di dalam rasa ada rasa. Rasa itulah Rahasia. Rahasia yang bisa merasakan Maharuang itulah Tubuh hakiki kita. Praktikkan tauhid dzukiyah agar kita dapat merasakan esanya Tuhan dengan hamba; hamba dengan Tuhan.


Tugas Hati
Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki bagi kalangan khawwas al khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab an-Nazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

79 komentar:

boyflasher mengatakan...

kela..kela..kela.. awaas rek KAHIJIX yeuh..
Assalamualaikum kang Mux sareng sobat sarang sadaya teu kalangkung sembah baktos kanggo Abah Siradjhttp://lh5.googleusercontent.com/-Mx36Nkeb3AI/UFXhjODroRI/AAAAAAAAFv0/a0Xs599J4Sw/h120/sungkem.gif. kahijix euy kahijix. kakara iihhttp://lh5.googleusercontent.com/-cq3wtnmElqs/UHWCAhyVh5I/AAAAAAAAGK8/jWGWP98UKG8/s26/yiihaa.gifhttp://lh5.googleusercontent.com/-cq3wtnmElqs/UHWCAhyVh5I/AAAAAAAAGK8/jWGWP98UKG8/s26/yiihaa.gif

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh...
wkwkwkwkwk eta kacida piraku aya jalmi munggaranan pertamax..!! kitu vishaaan...!! :g: tapi.. :8: , Lur.. mangga disuruput ~O) na ah.. :D

Yuslin mengatakan...

Assalamu Alaikum Bang Mux.

2 kali sehari biar cepat..

Kejar setoran lagi Bang? He he he

boyflasher mengatakan...

Alhamdulillah, sudah hati senang dpt Pertamax, dapet kupi lg :) dan dpt uraian penting pula dari kang MUx tugas hati gitu loh :21: , hatur nuhun kang Mux sareng Abah Sirad. dapet pertamax kebetulan yg lain mumpung masih praktek tafakur Hakiki. tdk sia2 pengintaian saya di blog kang Mux.sekali lg terimakasih kang Mux.

MUXLIMO mengatakan...

MasyaAllah.. sawangsulna, Lur.. :21:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh... lagi juga, Bang Yuslin.. :}} iya, Bang.. kejar setoran nih, maklum akhir bulan jelang ramadhan lagi.. :3:

Alam Warda Ritonga mengatakan...

Assalamualaikum
absen mapel selanjutnya..

Moga Abah dan Kang Adam dalam keadaan sehat walafiat

banyu urip mengatakan...

Salam alaikum...hadiRRR..........senangnya HATI KU

Radja Ratoe Alit mengatakan...

assalamualaikum kang mux..sehat sibuk amat brad baru muncul..salam radzim buat abah siradj juga sausaraku semua puasaka madinah

aleem komodo mengatakan...

assalamualaikum.....
izin nyimak kang..........!

Arie Sumaterani Al Palembangi mengatakan...

Alhamdulillah... mantap euy.. semua sdh semakin terbuka.. terima kasih Abah... dan kakanda mux sparrow … Salam alaikum..

PUTERA LAUT SUMATERA TIMUR mengatakan...

Tksh Abah & Bg Mux...
Assalamualaikum Bg Mux & sahabat sarang semua.
ZatNya yg meliputi alam Dirinya
SifatNya Yg Kosong
AsmaNya Allah
Af'alNya Yg Diam sediam-diamnya.
kalau kita lihat af'alnya,...terasa Esanya kita dgn Allah.

Kita sudah Maha Esa dgn Zat, Sifat, Asma, dan Af'alNya.
Rasakanlah dgn Tauhid zaukiyah....dgn tubuh hakiki kita..diri
rahasia Allah. Rasakan Esanya Tuhan dgn hambah.

Merasakan Ketuhanan. Rasakan Akunya Tuhan,...dan hilangkan akunya diri ( nafsu ananiayh ).

wok brewok mengatakan...

Salamu'alaikum bang Mux dan sahabat sarang,,,Alahmdulillah,,Alhamdulillah,,Alhamdulillah,,,,! salam takzim dan ucapan terimakasih tak akan pernah putus teruntuk Abah Siradj dan Abang Mux.dan semoga Allah selalu melimpahkan Rahmat dan karunia-Nya untuk Abah dan Abang hingga yaumil akhir.amiin...subhannallah

Djunaedi Miradz mengatakan...

Assaalamualaikum sobat sarang smua ....salam ta'zim Abah n Kang Mux,, absen dan hadir lagi ikut menyimak !!!hatur nuhun atas kebaikannya kang Adam.. 2 judul email postingan sdh sy trima dgn senang hati


Ahmad Riyanhar mengatakan...

Inilah yang disebut, Zahiru Rabbi wal bathinu abdi. Kita didalam-Nya. Kita inilah didalam Zahiru Rabbi. Kita bertubuh Kosong Maharuang....Woww, MasyaAllah....mendengar ini saja jadi patung alias terbungkam alias tak dpat lagi mau ngomong apa...MasyaAllah.

niran azza mengatakan...

salam alaikum kang mux dn all shabat sarang.. absen dlu bru baca.. Boleh..kan.. Boleh dunk ...boleh ea...

satria kelana mengatakan...

assalamualaikum..saudara tauhid semua..trimakasih Abah dan kang Mux yg tak henti2nya menguyur kami dengan ilmu-Nya subhanAllah.

Pical mengatakan...

Subhanallah, alhamdulillah, terima kasih tak terhingga dapat bocoran pekerjaan hati tafakur hakiki, subhanallah. terima kasih bang adam dan salam takzim buat abah.

Mbakyu Karti mengatakan...

Salam alaikum warrahmatullahi wabarakatuh....

Bayu Perdana mengatakan...

Assalamualaikum ...

Dayat Fathur mengatakan...

salam alaikum bang mux...

Yudha Maulana mengatakan...

salam alaikum, moga saudara di ponti dikandung sehat dan selamat, juga untuk saudara sobat sarang semua, amiinn

sumbertechnik st mengatakan...

assalammuaikum kangs muks n dulurku semua lg eror speedyku jd telat absen.http://lh3.googleusercontent.com/-EkeVipfDr6w/UFV7LXdA-7I/AAAAAAAAFiM/R88d2bwj0Sc/s50/tapedeh.gif

Mang Asep mengatakan...

Sama saya juga telat absen :5: Salam alaikum sobat sarang semua, semakin hebring, hatur nuhun kang Mux dan Abah Siradj

Lembah andong mengatakan...

Salam saudara semua.....
semgoga selalu dalam limpahan rahmat alloh swt...aamiin...

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, BangBro.. Alhamdulillah kami di sini sehat.. moga demikian jg di sana ya Broo.. aamiiin. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, alhamdulillah Mas Banyu... :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, maklum menjelang ramadhan, Kang.. kejar setoran biar bisa lebaranan.. :}}

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, silakan, Baang.. :8:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Brader... siapa dulu tukang ketiknya.. B-) :-"

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Putera.. kembali kasih.. :8:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Brew.. aamiin tsumma aamiin ya Rabb.. semoga demikian juga tuk Mas Brew dan sobat sarang keluaga pusaka madinah semuanya, aamiiin. http://lh4.googleusercontent.com/-suVNZJQsYKI/UNs8eY3Dw0I/AAAAAAAAH8s/fIF6VqYbCfA/s21/aamiiin.png

MUXLIMO mengatakan...

http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif Bang A. Ri

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Djunaedi.. subhanallah walhamdulillaah.. :21:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, lanjut Bang

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, kembali kasih, MasBro.. :)

MUXLIMO mengatakan...

Subhanallah walhamdulillah, kembali kasih Uda..

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbakyunee.. :25:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Bayu.. :D

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Dayat..gimana perkembangan praktik tauhidnya?! :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Yudha.. aamiin tsumma aamiin.. moga demikian juga buat Abang di Banjarmasin dan seluruh ikhwan tauhidi di sana.. salam kompak selalu.. :21:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, jadi lelety atuh, bukan speedy kalau pas eror mah, nya Kang?! :3:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, sawangsulna Mang Dulur.. salam ka "orang rumah", ka Chandra [akun pesbuk na nu mana' Mang?] n si bungsu oge nya,, :25:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Lembah..aamiiiin...

Mas Agus mengatakan...

Assalammualaikum Sobat Sarang semuanya, Tak lupa Buat Abah Siradj dan Kang Mux , salam sayang selalu :)

Dayat Fathur mengatakan...

alhamdulillah bang mux praktik tauhidnya benar2 luar biasa bener2 tidak bisa diungkapkan dgn kata2 bang... yg ane alami dan ane rasakan dlm tafakur hakiki bang ini semakin kuat dan kuat sekali, setiap detik setiap menit dlm keadaan bagaimanapun dan disituasi apapun ane merasakan tubuh kosong/maharuang ini diam sediam-diamnya...mgkin ini yg namaxa baqobillah ane tdk tau...
tp kendalanya hanya satu terasa blm sempurna pengalaman ini kalo blm bertemu dgn abah untk mndapatkan nurnya/ijab qobul dari abah... makaxa ane tunggu saudara2 kita dari KPM mgkin ada yg mau ke ponti jd kita ikut bersama2 ke abah...yg kemarin mang asep ama bang bahri kesana...tinggal menunggu temen2 lainnya aja...insyaAlloh

muhammad sarkowi mengatakan...

mantab

aleem komodo mengatakan...

Assalamualaikum.....
Sobat ku Kang Mux yang baik hatinya(InsyaAllah).
Sudah lebih dari sebulan ini rasanya tak pernah seharipun urain dari tulisan kang Mux terlewatkan untuk saya baca dan simak. sungguh sangat membuka kepemahaman saya akan hal ketauhidan, dan itu artinya saya merasa berada dalam group PUSAKA MADINAH jika di perkenankan sudilah kiranya Abah Sirad merima saya sebagai murid nya, sampaikan salam hormat saya kepada beliau!

Ahmad Z mengatakan...

salam alaikum, waah komen sy via hp kemaren ternyata ga nungul... http://lh4.googleusercontent.com/-TyREKW_M5kk/UHWB-NoSdqI/AAAAAAAAGKY/mkOY-FvruaQ/s18/maenya-sih.gif

erik rusdianto mengatakan...

Assallamu'alaikum, salam sobat sarang semua...yang semakin tercerahkan dan semoga karuniaNya dilimpahkan kepada semua sobat sarang di blog ini....Amiin

Si Arnol mengatakan...

Salam alaikum bang...

Perlu benang merah nih bang, antara kalimat pembuka (penggunaan akal) dgn kalimat penutup (penggunaan perasaan) :10:

MUXLIMO mengatakan...

aamiiiin.. mudah2an dipermudah untuk sampai ke ponti jumpa Abah, Mas.

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Agus.. kembali sayang selalu.. :4: :3:

MUXLIMO mengatakan...

sip, Mas :8:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Aleem.. InsyaAllah siapa pun yang ikhlas, lurus niat, serta istiqamah mengamalkan petunjuk-petunjuk Abah Sirad secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari keluarga pusaka Madinah ini. Selamat bergabung dan jangan sungkan, Bang.

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, yang mana ya, Brad?? 8-|

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Erik.. aaamiiiin ya Rabb..

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, maksudnya kalau mau berpikir, niscaya akan bisa merasakan rasa di dalam rasa, Bang :D

Bayu Perdana mengatakan...

Ketika kita tersadar ...

dan ikhlas adalah landasannya, ikhlas hati bahwa sebenarnya Tuhan Saja Ada

Lalu berdiri Shalat ... betapa terasa nikmat ...

sehingga shalat kita hanya ingin Diam saja ..., tidak ingin bergerak dan tidak ingin berucap hanya ingin Diam larut di dalam nikmat.

Akan tetapi bergerak dan berucap adalah syariat dan wajib di lakukan ...

Baru dapat merasakan pas Maghrib tadi Akang ...

Salam ka Abah Kang, hatur nuhun pisan kanggo Ilmu nu tos di ajarkeun ..

Irwan Syahbana mengatakan...

Assalamu alaikum, ajib. :8: Insya Allah Selalu dipraktekkan dgn ikhlas. walau dinding hijab msh agak tebal.:1:

Mas Agus mengatakan...

Kang Mux mo nanya nih, sebaiknya kalau lagi Tafakur / Diam , mata kita merem atau terbuka ya Kang ? Sorry kalau pertanyaan saya nggak bermutu ..xi..xi...

Devi hendra mengatakan...

AlhamduliLlah tercerahkan bang dan saya mhon maaf Lahir batin jika ada salah dan khilaf baik sengaja maupun tidak tolong dimaafkan dan juga pada semua keluarga sarang kawa

adidaya mengatakan...

salam alaikum
ijin menampakkan diri, setelah lama jadi silent reader :D
salam kenala semua abang2 B-)

MUXLIMO mengatakan...

bebas kok mau merem atau melek, asal jangan sambil merem-melek aja, Mas.. =)) wkwkwkkw!!! :g:

tapi yang utama itu melek, Mas. Soale kalau merem, kita akan cenderung main di batin, bukan di ruhani. Bgitu pesan Abah. :)

MUXLIMO mengatakan...

Mohon maaf lahir batin juga, Bang Hendra :21:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, salam kenal Mas Adi.. wah.. siang2 ada penampakan nih.. :2: :}}

MUXLIMO mengatakan...

Subhanallah wal hamdulillah, Kang Bayu.. :8: :21:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, sip, Bang.. ikhlas itu emang motor penggerak segala amal menuju-Nya. Jangan terlalu dipikirkan soal hijab itu.. sy jg sama masih tebal hijab, tapi kita fokus saja pada Sang Pembuka Hijab, InsyaAllah aamiiin. http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif

firman mengatakan...

Ahhaa ini penampakan aslinya :D
mohon bimbingannya sobat sarang :)
bang adam kopi buat tamu manaaa ??? :c:

Mas Agus mengatakan...

Thanks Kang Mux + Abah Siradj atas petunjuknya dan koreksinya ...

MUXLIMO mengatakan...

:2: ada yang asli penampakannya nihh! :}} :8: Wet..
wkakaka.. itu tamu nodong kupi.. okeh.. inih, Brad ~O)
:c: *langsung diabisin ya ama cangkir n tatakannya sekalian. Awas kalo gak abis :11:

MUXLIMO mengatakan...

Sip, Mas :8:

VENOM LIGHT PHOTOGRAPHY mengatakan...

keberadaan manusia akan lenyap karena keberadaan Allah, sungguh ini jadi pelajaran berat bagi saya.. semoga di akhiruddin ma'rifatullah AMIN...

say mengatakan...

Assalamu alaikum wr.wb. salam sya terkhusus u/abah guru n bang mux. mohon ijin mnjadi ihwan d pgajian ini n mohon ijin pula tuk mengamalkanx bersama2 kluarga sya. mgo ridho ilahi snntiasa menaungi n mmbimbing qt smua d jlanx.

mei rosi soejito mengatakan...

ada hubunganya dengan kitab ihya ullumiddin ya?

MUXLIMO mengatakan...

Aamiiin yaa Rabb

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Say yang disayang Allah..

Subhanallah walhamdulillah, saya sudah baca rentetan komentar dari Abang. Untuk itu kami panjatkan syukur alhamdulillah atas apresiasi Abang yang sedemikian itu.

Tidak perlu izin untuk bergabung bersama ikhwan-ikhwan tauhidi umat Muhammad Saw. akhir zaman ini, Bang..cukup dengan niat ikhlas Abang itu aja tentu semua yang disampaikan di blog ini dari Guru Sirad menjadi halal untuk diamalkan dan dirasakan sendiri ke-benar-manfaatan-nya untuk diri dan keluarga kita dunia-akhirat. InsyaAllah, aamiiin.

Selamat bergabung, Bang Say dan keluarga. Senang kami bertambah keluarga dalam silaturahim tauhidi ini. :21:

MUXLIMO mengatakan...

Tentu, Mas. Hanya beda dalam hal redaksi kalimat saja. Kalau dalam Ihya Ulumuddin Imam Ghazali, sebutannya "relung hati paling dalam". Dalam hadis qudsy, sebutannya "wa fii sirri Ana", sedangkan dalam pengajian hakiki ini sebutannya "sama-tengah hati". :D

mei rosi soejito mengatakan...

memang benar.di jaman sekarang orang udah banyak yang jauh dari kebenaran.banyak yang tertipu
bagaikan buah kacang
hanya puas dngan kulit nya saja.padahal isi drpd kacang adalah yang diharapkan dan syarat mutlak hamba allah
"tidaklah Aku ciptakan jin & manusia melainkan hanya untuk beribadah kepadaKu"
sungguh benar adanya bahwa manusia benar2 dalam kerugian dan tertipu.

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism