burnzone

AD (728x60)

Islam: Agama Tauhid dengan Hukum Aqli | Pengajian Ibu-Ibu

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tampilan terbaik situs ini pada peramban Chrome
Pengajian Tauhid Ibu-Ibu Pusaka Madinah
Keluarga Pusaka Madinah

Salam alaikum, Sobat Sarang....
Postingan kali ini sekaligus merupakan peluncuran kategori baru di Sarang Muxlimo, yaitu kategori Pengajian Tauhid Ibu-Ibu [dan remaja putri]. Kategori ini adalah buah dari curhat Sobat Sarang yang saya sampaikan pada Abah Siradj mengenai keinginan beberapa Sobat untuk belajar tauhid dari dasar. 

Alhamdulillah, kemudian Abah Siradj mencetuskan ide untuk memuat juga tausyiah-tausyiah  beliau di pengajian rutin khusus ibu-ibu yang biasa dilaksanakan setiap hari Sabtu siang di kediaman beliau. Jadi, insyaAllah isi pengajian ibu-ibu saya muat di sini setiap hari Minggu. [Jadi tiap Sabtu siang ane menyaingi Abah jadi yang paling ganteng di ruangan, ihirrrrr! wwkwkkw!  ]

Ini murni ide dari Abah Siradj sendiri sebagai respons atas curhatan Sobat Sarang sekalian, di antaranya Teh  Amy Damayanti, Neng Ana Siti Rohimah, juga Teh Ochi [temen sekelas ane waktu SMA]. Mudah-mudahan ini berita gembira buat Sobat Sarang semua, yah.


Islam: Agama Tauhid berdasarkan Hukum Aqli 


Dalam mempelajari tauhid, kita mempergunakan hukum aqli (akal). Perlu kita memahami betul-betul maksud dari hukum akal itu.


Dalam hukum aqli terdapat tiga prinsip:

1. Wajib bagi akal

Wajib bagi akal artinya akal kita menerima adanya kebenaran akan sesuatu. Yang benarnya itu yang diterima akal, maka dikatakan sebagai "wajib bagi akal".

Contoh: 1 + 1 = 2
Bagaimana akal kita tentang hal di atas? Menerima atau tidak? Kalau akal kita menerima adanya 1+1 = 2, hal inilah dikatakan "wajib bagi akal".

2. Mustahil bagi akal

Mustahil bagi akal maksudnya akal kita tidak menerima akan sesuatu.
Contoh: 1 + 1 = 5
Akal kita tentu tidak menerima adanya 1 + 1 = 5 ini. Maka setiap yang tidak diterima kebenarannya oleh akal disebut "mustahil bagi akal". Kalau ada akal yang menerima 1 + 1 = 5, cepat-cepat bawa orang itu ke dokter syaraf. 

3. Harus bagi akal.

Harus [jaiz] bagi akal maksudnya akal kita menerima sesuatu itu boleh ada, boleh juga tidak ada [mungkin].
Contoh:
Kita melihat ada orang sakit kemudian meninggal dunia. Bagaimana akal kita mengenai ini? Akal kita berpendapat bukan penyakit yang mematikan orang itu karena ada orang yang tidak sakit pun mati. Jelaslah bukan penyakit yang menyebabkan kematian seseorang, hanya ada terjadi ketika sakitlah orang itu dimatikan  Allah.


Suasana Pengajian Ibu-Ibu
Suasana Pengajian Ibu-Ibu
Ada lagi contoh, orang itu sehat dari sakit setelah diobati dokter. Akal kita tidak menerima bahwa dokter itulah yang menyembuhkan si sakit karena banyak anak-istri dokter, bahkan banyak pula dokter yang mati karena sakit.

Akal kita berpendapat orang itu disembuhkan Allah dari sakit ketika ditangani oleh dokter.

Ada juga orang yang mati tertabrak mobil. Akal kita tidak menerima ini karena mobil bukanlah barang mematikan. Ada juga orang yang tertabrak mobil, tetapi tidak mati. Akal berpendapat, ketika tertabrak mobil itulah orang itu dimatikan Allah.

Ada perkataan manusia pergi ke bulan. Akal kita berpendapat, bisa manusia itu sampai; bisa juga tidak sampai ke bulan.



Tentang dunia-akhirat, akal kita menerima bahwa alam dunia dan alam akhirat itu boleh di-ada-kan Allah, boleh juga tidak di-ada-kan Allah. Akal kita menerima bahwa bukan kewajiban bagi Tuhan meng-ada-kan dunia-akhirat itu. melainkan sekadar harus [boleh jadi]. Kalau ada yang wajib bagi Tuhan, tentulah ada Tuhan di atas Tuhan. Ini mustahil bagi akal.

Kalau kita memandang dunia-akhirat ini dari kita kepada Allah: hukumnya harus/jaiz alias kebolehjadian [probabilitas]. Kalau kita memandang dari Tuhan kepada dunia-akhirat, wajib diterima akal bahwa Tuhan-lah yang meng-ada-kan keduanya.

...bersambung...


Ibu-Ibu Pusaka Madinah
Sebagian ibu-ibu pengajian yang sudi ane culik buat poto-poto, sebagian lainnya malu-malu. Hehehe.



Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki bagi kalangan khawwas al khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab an-Nazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

50 komentar:

banyu urip mengatakan...

hadirrr selalu,alhamdulillah

Budi Santoso mengatakan...

Salam 'alaykum...

arie Karakter mengatakan...

Salam alaikum warohmatullah

Juragan Asep mengatakan...

Salam alaikum Sobat Sarang, Met pagi, semoga Alloh selalu merahmati kita, Abah Siradj, Kang Mux, Mas Arie, Mas Banyu, Mas Urip dan Sobat sarang semua.
Absen dulu.

UWAIYS AL QARANI mengatakan...

assalamualaikum...sahabat sarang..

Alam Warda Ritonga mengatakan...

Walaikum salam warahmatullah mar arie, kang jimmy dan sobat sarang lainnya...

mantap kang Adam, ada tempat ibu-ibu untuk belajar tauhid, sekalian saya bisa mengintip isi pengajian tersebut....he...he...he... untuk lebih mendasar lagi ilmu tauhid saya...

Djunaedi Miradz mengatakan...

asallamualaikum Abah,kang Mux n semua sobat sarang juga buat ibu-ibu pengajian.Sy (bapak2) bolehkan ikutan juga ? .....

2. Mustahil bagi akal

Akal kita tentu menerima adanya 1 + 1 = 5 ini

maaf ya kang mux apa ada kata yg kurang(tidak) atau angka 5 hrsnya angka 2.... maaf ya sekali lagi .

ifan sofyana mengatakan...

Assalamualykum sobat sarang...selamat kang atas peluncuran perdana pengajian kaum hawa..eh tpi ane liat yg koment bapak2 and om2 semua..:D

Kartika AnnisaMuslima mengatakan...

Salam alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

om Ifan Sofyana

Nih saya hadir,hehehe
yang lain mungkin masih sibuk

mbak Sally, mbak Ayoe,de el el

Kartika AnnisaMuslima mengatakan...

Alhamdulillah ada pengajian ibu ibu

semoga saya bisa faham setiap postingan yang sebelumnya di pelajari ibu2 disana.............

Juragan Asep mengatakan...

Salam Alaikum Bang Miraz, kayaknya kalau 1+1=2 wajib bagi akal untuk meyakininya sedangkang 1+1=5 mustahil bagi akal mungkin begitu sehingga kalau ada yang meyakininya benar kayaknya harus masuk ke rumah sakit, punten Kang Mux belajar berkomentar :21: :21: :21: Hatur nuhun :7: kaburrrrrrr

MUXLIMO mengatakan...

Alhamdulillah.. :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mas Budi yang keren suka ngeshare tulisan2 di mari :8: moga Allah balas dengan karunia tanpa batas. aamiiin..

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Brad. :)

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Asep.. hatur nuhun...aamiiin. Moga terlebih demikian buat Akang n keluarga di sana ya. aamiiin.

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Kang Boyband.. :D

MUXLIMO mengatakan...

Alhamdulillah, BangBro.. silakan intip sepuashnyahhhh.. :}}

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Bang Djunaedi.. ah iya.. makasih, Bang.. udah saya koreksi :4:

MUXLIMO mengatakan...

Sips, Kang Asep.. :8:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, hehehe gapapa.. sengaja biar bapa-bapa ma om-om makin cumungudh, Kang.. :3:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Alhamdulillaah Mbakyune.. aamiiin http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gif

btw, kemaren ada yang mosting bertubi-tubi di blognya.. cyapa yaaach.. :-"

Hari Sarwono mengatakan...

Assalamualaikum..Dasar2 tauhid..alhamdulillah... yg kuharapkan terjawab sudah,tq kang mux

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa baraktuh, .. alhamdulillah.. makasih kembali, Mas Hari.. btw, silakan disruput ~O) sore jelang magribnya :D

Bang Arbi mengatakan...

satu suami ditambah satu istri jadi nambah 3 anak kan hitungannya jadi 5 kang :D
*kabuuuurrr...ihihhi

pak jun, maksudnya kangmux ini dalam itungan aritmatikanya 1+1=2.

kalau dalam prakteknya 1+1 bisa masuk kategori Jaiz juga loh (hasilnya bisa 2, bisa 3, bisa 1)

Bang Arbi mengatakan...

~O) ~O) ~O) ~O)

Devi hendra mengatakan...

assalamualaikum bingung mau comen absen ajalah

Saiyo Sakato mengatakan...

Test ..

Saiyo Sakato mengatakan...

Alhamdulillah .. bisa .. tampilan baru .. agak bingung .. agak lambat .. atau hpnya yg salah kali .. hahahaha .. , woooiiiiii .. Komendan .. kemana aja .. ? Sehat yaa .. , ssiiiipppppp .. pemantapan pondasi Tauhid .. Sy jg bnyk blm paham .. tksh .. lv uuuu .. dan salam hormat buat Abah seklg ..

Kartika AnnisaMuslima mengatakan...

terkadang pengen baca2 lagi postingan saya di jiples
tapi susah dan lama ngeroll nya

jadi saya simpan aja doblog,yang mudah untuk dibuka kembali

#mampir atuh kang...:1:

diantos komentar na :1: :22:

Kartika AnnisaMuslima mengatakan...

kupi panas untuk saya 2 cangkir ya bang :1:

kaze-kate.net mengatakan...

assalaamu'alaykum kang... hadir ah :P

btw kotak search mana? nyari nu akur jeung postingan ieu : http://islampos.com/waspadai-dukun-bersorban-48381/

Edgar Ghifar mengatakan...

Alhamdulillah,,,
pelajaran tauhid d jaman kyak karang dah jarang,, yg kyak gini2 yg penting,, biar umat tau apa itu Tuhan trus kenalan deh ama Tuhan

jadi pengen ikut pengajian ibu-ibu juga ne,, XD

salilla xan mengatakan...

saya ada mba ,,, :9:

Kartika AnnisaMuslima mengatakan...

mbak sally dateng2 kok malah nangis...?

sini sini aku peyuk.....

MUXLIMO mengatakan...

:c: komporkatooooorr...! tangkeeeuuuuphhh! :11:

MUXLIMO mengatakan...

ane juga dooong :4: =))

MUXLIMO mengatakan...

Alhamdulillah sehaaat, Bang Booos!! *cuman seringnya ketiduran :}} Luv u too, BangBos.. salam to Kak Novie n anak2 yaa.. :13:

MUXLIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh,
beuh.. sok api-api teu apal :14:
http://lh5.googleusercontent.com/-J7YT3oQkDLM/UWAtFGVsJPI/AAAAAAAAKeU/Q1sKxtwvzZo/s381/SearchBox.png

MUXLIMO mengatakan...

Alhamdulillaaahhh... tapi yang jadi masalah ibu-ibunya yang keberatan, Brad.. :g:

moerad qrad mengatakan...

alhamdulillah....ada pengajian ibu2
ikut nimbrung ah......

MUXLIMO mengatakan...

eit.. sebelu, nimbrung.. kerudungnya pake, Wet!! :11: =))

Kartika AnnisaMuslima mengatakan...

hag hag hag........

panggil neng Bunga apa si Nurul ya...? :7:

MUXLIMO mengatakan...

:2: otidaaaaaa... :15:

Edgar Ghifar mengatakan...

:3: Ow iya pantesan Ibu2 keberatan,, Eh Edgar lupa pake krudung Bang,, jadi malu :4: wkwkwkkk :3:

MUXLIMO mengatakan...

:2: :2: :2: *bayangin Bro Edgar pake kerudung... http://lh6.googleusercontent.com/-FQYOmXIbCDE/UKIzEljZw3I/AAAAAAAAG-Q/gRQkdT2yMRQ/s25/atuut.gif

https://lh6.googleusercontent.com/-rPNXSxVHLyY/UKIza-T4lCI/AAAAAAAAHEU/z9uMvoMYB0U/s30/ucah-ugerrr.gif =))

ana siti rohimah mengatakan...

ha ha ha jadi malu namanya nampang disitu.....
jazakalloh yah kang Mux meni bageuuur pisan.... tapi btw...namina abdi salah tuh heheheee... (mengikuti jejak kesalahan si KTP -> ROHMAH) http://lh5.googleusercontent.com/-ACvMINZL0bU/ULpjs5Un44I/AAAAAAAAHf8/OOqMVCUj2zk/s88/allah_bless.gifhttp://lh4.googleusercontent.com/-XrFy4Rqp55E/UFV7GYVNpkI/AAAAAAAAFhY/wtylDvtelZU/s128/kokosehan.gif

ZUHRYS mengatakan...

test test...

MUXLIMO mengatakan...

eh? :2: Punten atuh tos salah ketik nami na c Neng Ana.. *tos direpisi :]
:c: urang gebugan yu si tukang KTP teh... teu sopan tuda nyanyalah aran batur wae! *alibi-pengalihan isu :3: :g:

ana siti rohimah mengatakan...

http://lh6.googleusercontent.com/-aFdWDv0ihS8/UFV-y7B1JnI/AAAAAAAAFik/JMSDnxHdDcY/s128/fiuh.gif
http://lh5.googleusercontent.com/-cq3wtnmElqs/UHWCAhyVh5I/AAAAAAAAGK8/jWGWP98UKG8/s26/yiihaa.gif
good job akang... hatur nuhun..
>alim ah milu ngagebugan tukang KTP teh,,bisi di gencet ku pamajikana...beuuuh meni BIG..< http://lh3.googleusercontent.com/-NqVo3xA9PKo/UHWI1ur_DgI/AAAAAAAAGMQ/XphTQxVYEDI/s44/umak-amuk.gifhttp://lh3.googleusercontent.com/-NqVo3xA9PKo/UHWI1ur_DgI/AAAAAAAAGMQ/XphTQxVYEDI/s44/umak-amuk.gif

MUXLIMO mengatakan...

wkwkkwkwkw masang emot na pake kode atuh, Neng.. jadi teu BIG-BIG teuing.. :g:

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism