burnzone

AD (728x60)

Fana dan Baqa

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tampilan terbaik situs ini pada peramban Chrome



Fana artinya binasa.
Maksud binasa,
tidak ada perbuatan baharu,
tidak ada kelakuan,
tidak ada hidup,
tidak ada rahasia.

Yang ada diri baqa saja.
Itulah Diri Rahasia Tuhan, yakni Ruh Qudus.
Di sama-tengah hati itulah Diri Allah. Diri kamu juga.

[Hati-hati mengambil paham.
Bukan berarti Allah jadi kamu, kamu jadi Allah]


"Kenal diri, kenal Tuhan."
Meniada-tiadakan diri, kafir.
Itu perbuatan orang tidak kenal Tuhan.

"Kenal Tuhan, binasa diri."
Maksud binasa diri bukan diri kita hancur-lebur.
Itu pendapat orang bodoh.

Maksud binasa itu fana.
Kalau sudah paham fana, tahulah kita ada diri yang baqa; tidak fana.

Mana diri fana itu?
Itulah tubuh, hati, nyawa, rahasia.

Kalau fana tubuh, jadi baqa dengan Af'al.
fana hati, jadi baqa dengan Asma;
fana nyawa, jadi baqa dengan Sifat Allah.
fana rahasia, jadi baqa dengan Zat Allah.

Siapa yang beraf'al? Zat.
siapa yang berasma? Zat
siapa yang bernyawa? Zat.
siapa yang ber-rahasia? Zat

Zat itulah diri yang baqa. Diri Rahasia Tuhan.
Diri Rahasia Tuhan ada di sama-tengah hatimu, yakni Ruh Qudus.
Roh Qudus ini diri kamu juga; tubuh kamu juga.

Tubuh Ruh Qudus itu Tubuh Tuhan: Zat-Mutlak, meliputi sekalian alam. Disebut juga Mahasuci. Mahasuci itu Rahasia Tuhan. Jasad Rasulullah.

Syaikh Siradj

Fana dan Baqa





Tags: ,
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki bagi kalangan khawwas al khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab an-Nazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

28 komentar:

antox hooligan mengatakan...

ƪ(•̃͡⌣•̃͡)┐aye ƪ(˘⌣˘)ʃ aye┌(•̃͡⌣•̃͡)ʃ aye ƪ(˘⌣˘)ʃ

MUXLIMO mengatakan...

:2: kenappah adda appah Mas Antox??? :2: =)) =)) =))
Apakadabra Masku? :D

antox hooligan mengatakan...

Maklum bru pertamax Om, kmrn2 premium trus...kwkwkwkw
"Kenal diri, kenal Tuhan."
Meniada-tiadakan diri, kafir.
Itu perbuatan orang tidak kenal Tuhan.
Misal Kalau sy blg pd org lain: sbenarx sy ɪ̇πɪ̇ tdk ada ♈αñƍ ada hx tuhan, apa ♈αñƍ brlaku pd sy adlh perbuatan tuhan?? -> ɪ̇πɪ̇ termasuk meniadakn diri kn Om (kafir)? Pdhl jls2 msih trasa adax aku Ego. Kcuali Έ♍ǎ̜̣̍ăπğ sdh berhasil praktekx DIAM alias kesadaran sdh terjaga. Gmn OM??

MUXLIMO mengatakan...

Perkataan di atas:
sbenarx sy ɪ̇πɪ̇ tdk ada ♈αñƍ ada hx tuhan, apa ♈αñƍ brlaku pd sy adlh perbuatan tuhan??

secara hakiki betul dan gak akan jadi masalah di antara orang-orang yang udah paham kok, Mas. :) Allahua'lam.

antox hooligan mengatakan...

SO ♈αñƍ dikatakan Kafir,meniadakan diri ♈αñƍ bgaimana???
Atu lagi kmrn ada posting pesan abah "bimbing dan didik Ruh pd Tuhan" mksudx bgaimn??

MUXLIMO mengatakan...

meniada-tiadakan diri inilah amalah para petapa, Mas. sama dengan mengosong-kosongkan diri atau menafi-nafikan diri.

Yang sudah Allah tetapkan nafi, jangan dinafi-nafikan lagi. Itu namanya kurang ajar di hadapan Allah. :}}

"bimbing dan didik Ruh pd Tuhan"
insyaAllah maksudnya dilatih terus biar sampai tajalli, Mas :D

antox hooligan mengatakan...

ɪ̇πɪ̇ Mnurut pemahaman pribadi sy Om,mohon koreksi tkt tersalah bhaya : hakikat "Keikhlasan" hamba adl ♈αñƍ mampu mnerima ketiadaan dirinya atau eksistensix ♈αñƍ mnyebabkan adax dualitas.dg kt lain org2 ♈αñƍ ikhlas !†υ͡ org ♈αñƍ berpandangan bahwa smua hx allah semata (allah mextakan diriNya dg sifatNya sndiri, memuji sifatNya dg asmaNya sndiri, menguji sifatNya dg af'alNya sendiri) sebaliknya org2 ♈αñƍ tdk ikhlas ialah org ♈αñƍ mengakui Eksistensi dirinya mnjadi dualitas aku dan tuhan.
*mohon nasehat

MUXLIMO mengatakan...

Betul, Mas.. kita ini memang makhluk nafi.. tapi akan lebih aman dari kelengahan pikiran .. yang terbaik itu mengingat ADANYA ALLAH, bukan mengingat-ingat nafi-nya kita.

Kalau sadar ke nafi-nya kita, lama2 bisa aja gak sadar malah kekal ke nafi. Kalau sadarnya ke ADANYA ALLAH, lengah bagus, ingat bagus. gitu kira2 Mas :D Allahua'lam.

antox hooligan mengatakan...

Wadew ɪ̇πɪ̇ mantep jawaban Om Mux "Ingat Allah Lebih Bagus drpd Ingat kenafian kita" jujur ɪ̇πɪ̇ ♈αñƍ kdang terbalik... Alhamdulillah,Matur Tengkyuw pak supir. :D
*Asyik neh ngobrol ma sopir walaupun (dilarang ngobrol ∫∂♏∂ sopir dlm angkot) mumpung kenek n pr penumpang Ŀªƍĭ Bobok :D

"Menyambut Maulid Nabi Muhammad Saw" Ɣåª habibi Ɣåª rasulallah... Allahu nabi Ɣåª rasulallah...

hajirin mengatakan...

assalamualaikum
numpang lewat.....

antox hooligan mengatakan...

Alaikum Salam, kang hajiin..
Boleh aja kang silahkan lewat mumpung jln ßël☺♏ ditutup... =}}

Gusti XaNaNa mengatakan...

Assalamu'alaikum Kang Mux....
Assalamu'alakum Mas Antox....
Assalamu'alaikum Bang Haji....

Kirim kopiiii........ ~O) ~O) ~O)

Numpang curat-coret yaa Kang Mux.....yaa Mas Antox....yaa Bang Haji.... :) Sekedar wasiat buat sayah pribadi nih....

Wahai diri……
Bukan karena dayamu kamu bisa taat
Bukan karena usahamu kamu bisa istiqomah
Bukan karenamu kamu bisa ibadah
Tapi karena Allah yang menghendaki kamu demikian
Dirimu akan tetap ada karena Allah yang mengadakannya
Akalmu akan tetap ada karena Allah yang mengadakannya
Rasamu akan tetap ada karena Allah yang mengadakannya
Sanggupkah kamu meniadakan (menghilangkan) apa yang telah Allah adakan??
Sholatmu, taatmu, ibadahmu dan seluruh amalan baikmu bukan karena daya usahamu tapi karena Allah yang memberikan daya bagimu untuk mengikuti jalan yang lurus…
Ketika kamu taat…periksalah dirimu…apakah ketaatanmu karenamu atau karena Allah
Ketika kamu maksiat..periksalah dirimu…mengapa Allah mengilhamkan kefasikan kepadamu
Ketika kamu terus bermaksiat…periksalah dirimu..mengapa Allah terus mengilhamkan kefasikan kepadamu dan kamu terus diberi daya untuk melakukannya….
Itu semua karena kamu sedang berada dalam kesombonganmu…Kesombongan menentang Tuhanmu….kesombongan berani melanggar aturan Tuhanmu…kesombongan karena terus memperturutkan hawa nafsumu sehingga Allah pun menjadikan iblis sebagai pemimpinmu
Hawa nafsu telah diadakan oleh Allah dalam dirimu….tidak bisa kamu tiadakan…kamu tinggal menyadari bahwa hawa nafsu selalu condong kepada kamaksiatan….selalu membawa kepada keburukan…memang seperti itulah hawa nafsu……
Wahai diri….ingatlah, Allah telah ilhamkan jalan lurus dan jalan kefasikan kepadamu….
Wahai diri…bukankah Allah telah menegaskan bahwa Allah akan menjadikan Dirinya sebagai penjaga dan pelindungmu ketika kamu mengikuti jalan yang lurus????
Wahai diri…bukankah Allah telah menegaskan bahwa Allah akan menjadikan iblis sebagai pemimpinmu ketika kamu mengikuti jalan kefasikan????
Allah telah berikan akal untuk menilai mana jalan yang lurus dan mana jalan kefasikan ….
Apabila kamu mengikuti jalan yang lurus….Allah berikan daya kepadamu….
Apabila kamu mengikuti jalan kefasikan…Allah pun berikan daya kepadamu…..
Kamu tinggal “berserah diri” (ber-Islam) atau “ber-FANA” yaitu dengan menyerahkan dirimu sepenuh penyerahan kepada Allah Rabbul Izzati…..tunduk dan patuh tanpa reserve kepada Allah…. Tiada lagi pengakuan dirimu….karena pengakuanmu adalah kesombonganmu……… Ketika kamu “FANA”, apakah mungkin kamu berani menentang Tuhanmu???? Ketika kamu FANA maka kebaradaanmu adalah sebagai saksi keberadaan Tuhanmu…..saksi keberadaan Allah…
Kalaupun kamu masih berani menentang Tuhanmu dengan bermaksiat kepadaNya…maka FANA-mu hanyalah fana pengakuan….mengaku-aku fana……sungguh kamu telah sombong karena berani menentang Tuhanmu……

Wahai diri….
Fanalah dirimu….
Bukan meniadakan dirimu
Jangan pula kau hilangkan dirimu
Siapa pula yang akan menjadi saksi ketika dirimu tiada dan hilang
Cukuplah dirimu menyadari siapa dirimu
Fanalah dalam ketiadaan dayamu
Fanalah dalam pengakuan dirimu
Tetaplah dalam Laa haula wala quwwata kamu hidup….
Tetaplah dalam Laa haula wala quwwata kamu bersaksi…..

:)

Gusti XaNaNa mengatakan...

Wuuuikkkss....@_@ .. mata sayah jadi juling...kagak ada "spasi row" nya.... 8-}

Kang Mux....tolong direbesin..... :D kabuuurrrr aaaah.... :7:

Bang Arbi mengatakan...

:g:

Bang Arbi mengatakan...

Alhamdulillah...makasih kang Xanana...mencerahkan ~O) ~O) ~O)

Bang Arbi mengatakan...

lg seru nyimak diskusi Mas Antox n Kangmux :D

antox hooligan mengatakan...

Kang Xanana andalan bageett bener2 dahsyat dan mencerahkan... Ajibb tenan.

@Bang Arbi:Jiahh kmn aja pak kenek lama sekali tdk muncul, ada penumpang ßăя̣̣̥μ̥ tuh ϑΐ belakang belum ditarik ongkos...!!! ~O) ~O) ~O) ~O) buat qt nih. ♈αñƍ ßël☺♏ pd bgun nanti nyusul ϑếh...

Bang Arbi mengatakan...

hihihi kmrn keneknya di charter ke luar kota 3 hari mas antox :D jadi baru baliknya rabu. ortu kebetulan juga lg di Batam nih. hehehe... baru bisa ngenet pas di kantor ajah ini..itupun pas lg santeyyy... Alhamdulillahhhh mas antox udah mulai bantu2 jawab komen di blog :D yesss... kupi buat mas antox http://lh4.googleusercontent.com/-esPfNBJOoTo/UHWB9xMnrWI/AAAAAAAAGKU/LE77KoCx-Fs/s18/kupi-nanas.gif *secangkir berdua

Bang Arbi mengatakan...

Udah seminggu ini seneng banget denger lagu Maroon 5 yg judulnya IF I AIN'T GOT YOU (dulunya dibawain alicia keys). liriknya nyambung banget dg penjelasan abah diatas (bagi yg ngarti bahasa linggis :D )

antox hooligan mengatakan...

kwkwkwkw.... ini kennek selingkuh rupanya http://lh6.googleusercontent.com/--Fn8ipH5Bng/UFV7D2M1_PI/AAAAAAAAFg0/SofZ5nA1Q-M/s128/gogogog.gif
awas ketauan pak sopir, bs kena denda...!!! http://lh4.googleusercontent.com/-cmiw8bcWkaQ/UFXm_eelVXI/AAAAAAAAFwE/jluqvc3xc80/s128/jiga-nu-bethul.gif
Sruput deh kupix, biar secangkir b2 yg pnting kupi hakiki... hihi

banyu urip mengatakan...

kang top 20 duo itu isinya apaan sih,koq nggak pernah bisa dibuka,jadi penasaran...!!!

MUXLIMO mengatakan...

Lho? :2: emang masih keliatan di monitor Mas ya? padahal udah dihapus kok itu. Isinya cuman komentator terbanyak versi blogger n disqus kok Mas :3:

MUXLIMO mengatakan...

@Kang Oncom
coba klik ke sini, Fiqhnya bagus loh :8:
http://aepsaepullohdarusmanwiati.blogspot.com/
http://jundumuhammad.net/

Kang Oncom mengatakan...

iya juga ya.. gak kepikiran (gaya mpok nori) :10:

Kang Oncom mengatakan...

muhun sip kang. nuhun ieu nuju baca2 hehe..

salilla xan mengatakan...

mas Antox hurufnya bkin mata nyureng2 euy...-x(

antox hooligan mengatakan...

Maklum kak sally, pke BB aksesx, Cz kalo gk akses dr HP kagak pernah bs Pertamax. Premium mulu... Bozannn..http://lh3.googleusercontent.com/-8wtXl5v8lW8/UFXgsebsyCI/AAAAAAAAFvs/oJaS8vE-Vwk/s128/gituloh.gif

PUTERA LAUT SUMATERA TIMUR mengatakan...

Isi absen dulu sambil menyimak.
Assalamualaikum WW kpd semua sahabat2.

Wah ada Bg Arbi, baru turun gunung ya bang. udah lama nggak kelihatan :)

 

Ikuti kabar terbaru via e-mail

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism